Bagaimana Aplikasi Akuntansi Membantu Pengelolaan Keuangan Perusahaan

 


Melakukan penjualan secara kontinyu memang menjadi salah satu cara untuk pelaku usaha bertahan dan mengembangkan bisnisnya. Tapi selain itu, sebagai pelaku usaha juga perlu memerhatikan pengelolaan keuangan.

 

Seperti yang kita tahu keuangan adalah salah satu hal penting yang menentukan keberlangsungan sebuah perusahaan. Bila keuangan tidak dikelola dengan, pendapatan dan pengeluaran tidak dapat terkontrol dengan baik, sehingga perusahaan bisa mengalami kebangkrutan.

 

Oleh karena itu, ada baiknya Anda perlu sadar dengan masalah apa saja yang terjadi dalam pengelolaan keuangan bisnis Anda.

 

Masalah Pengelolaan Keuangan Perusahaan



Semua pelaku bisnis pasti setuju bila mengelola keuangan bukanlah perkara mudah. Selalu ada saja masalah yang ditemui. Beberapa masalah tersebut antara lain:

1. Sulit melacak keuntungan dan kerugian

2. Utang yang terus menumpuk sehingga sulit untuk dibayarkan

3. Laporan keuangan dan pembukuan yang tidak teratur

4. Sulitnya mengakses laporan keuangan bisnis

5. Masih minimnya pengetahuan seputar akuntansi

 

Dengan masalah-masalah tersebut, maka tidak heran banyak pelaku bisnis yang tidak dapat bertahan lama walaupun di awal ia telah mendapatkan banyak modal. Biasanya, pelaku bisnis hanya membebankan modal pada awal merintis saja.

 

Padahal seharusnya modal itu dibebankan pada seluruh proses produksi dan penjualan saat ini hingga selanjutnya. Oleh karena itulah modal perlu dicatat dengan baik sehingga Anda bisa mengetahui keuntungan serta pengeluaran sesuai dengan biaya yang ada.

 

Bagaimana Aplikasi Akuntansi Mengatasi Masalah Pengelolaan Keuangan

Akibat tidak tercatat rapinya pengelolaan keuangan bisnis membuat banyak pengusaha mengandalkan asumsi dalam pengelolaan keuangan. Padahal hal ini sangat dilarang dalam bisnis. Untuk mengatasi hal ini aplikasi akuntansi  keuangan bisa menjadi solusi terpercaya.

 

1. Melakukan Pelacakan Untung Rugi

Banyak pebisnis yang tidak tahu seperti apa performa bisnis mereka. Hal ini karena mereka tidak mengetahui untung atau rugi, arus kas surplus atau defisit yang mereka peroleh. Ini semua tentu karena kurangnya pengelolaan yang  baik tentang laporan keuangan.

 

Masalah ini bisa teratasi bila Anda menggunakan aplikasi akuntansi. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat laporan keuangan perusahaan secara lengkap dengan cara yang mudah.

 

Bahkan, bentuk laporan keuangannya pun bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Ini karena saat ini sudah banyak aplikasi akuntansi yang menawarkan kustomisasi. Sehingga membantu Anda melihat kondisi keuangan bisnis kapan saja  di saat yang dibutuhkan.

 

2. Dilengkapi dengan Report Utang Piutang

Dalam dunia bisnis, berutang bukanlah hal baru. Hal ini kerap dilakukan ketika kekurangan modal atau defisit keuntungan.

 

Namun, permasalahan yang kerap ditemukan dalam utang piutang perusahaan adalah tidak ada catatan yang rinci tentang bunga, tanggal pembayaran, dan sisa utang yang mesti dibayar. Akibatnya banyak pelaku bisnis yang lupa membayar utang dan terkena denda.

 

Hal ini sebenarnya tidak akan mereka alami ketika menggunakan aplikasi akuntansi karena dalam aplikasi tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan daftar kontak dan pengingat faktur. Dua fitur tersebut sangat membantu pebisnis untuk mengatur batas maksimal piutang dan mengurangi risiko piutang tidak tertagih.

 

3. Membantu Pembukuan dan Pelaporan yang Baik

Tidak bisa dipungkiri, keuangan bisnis memiliki sistem yang kompleks. Pebisnis perlu menghitung laba rugi, membuat neraca keuangan, perubahan modal, arus kas, data inventori dan masih banyak lainnya.

 

Tapi, dengan bantuan aplikasi akuntansi pembukuan bisnis bisa dilakukan lebih cepat dan tepat. Sehingga ini bisa menyederhanakan sistem pembukuan bisnis yang sebelumnya merepotkan karena masih diurus secara manual.

 

4. Mudah Mengakses Laporan Keuangan

Aplikasi akuntansi membuat Anda mudah untuk mengakses laporan keuangan dimanapun karena tersedia dalam format digital. Semua data yang dimasukkan akan tersimpan dalam sistem cloud.

 

Kemudahan aplikasi akuntansi untuk mengatur bisnis Anda dapat juga ditemukan di ERP software RedERP. Software ini membantu Anda mendigitalisasi operasional bisnis Anda. Bukan hanya aplikasi akuntansi tapi juga software SCM, POS, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai software RedERP ini, bisa kunjungi websitenya.

 

 

14 komentar

  1. aku paling gak suka akuntansi dan itung-itungan pusing , tapi jaman now sekarang jadi serba mudah ya..

    BalasHapus
  2. Ngebantu banget sih kalo ada aplikasi akuntansi ini, jadi no ribet club lagi. Kerjaan jadi makin mudah dan cepat plus aman juga.

    BalasHapus
  3. Iyap ilmu akuntansi pentin banget di perushaan akupun ternasuk nih dulu jadi staff akutansi lg kerja

    Sekarang lbih praktis ada softwar yg namanya ERP software RedERP

    BalasHapus
  4. Bener banget siy kalau pembukuan bisa sangat membantu pemilik usaha. Agak rumit memang bikin laporan akuntansi. Tapi sekarang mah apa aja serba mudah yaaa... Banyak aplikasi laporan keuangan yang bisa kita pilih dan sangat membantu

    BalasHapus
  5. Adanya aplikasi akuntansi ini membuat pencatatan keuangan usaha lebih mudah ya mbak.. Jadi lebih terkontrol juga jika ada penyelewengan.

    BalasHapus
  6. Iya banget nih. Tanpa pencatatan dan pengelolaan yang bener, jadi nggak ketahuan untung rugi usaha. Apalagi kalau usaha masih kecil. Beruntung banget ada aplikasi akuntansi begini.

    BalasHapus
  7. sekarang sdh byk aplikasi akuntansi yg dpt memudahkan pelaporan keuangan, tampilannya bgs, user friendly, dgn fitur2 yg bermanfaat

    BalasHapus
  8. Dengan laporan keuangan yang rapi, terstruktur dan akurat pasti akan membuat kita lebih mudah memantau kesehatan perusahaan. Bisa cepat pula mengambil tindakan untuk pengembangannya ke depan

    BalasHapus
  9. Dengan adanya aplikasi Akuntansi seperti ini akan sangat membantu pelaku bisnis dalam mencatat dan mengetahui semua yang dibutuhkan terkait laporan keuangan. Bye deh laporan manual, cari yang simple dan gak bikin ribet aja dah.

    BalasHapus
  10. Benar sekali, aplikasi keuangan sangat membantu untuk perusahaan maupun umkm. Pencatatan dengan baik, sehingga perusahaan bisa berkembang lebih lagi dari sebelumnya.

    BalasHapus
  11. Aplikasi finance acounting tuh emang ngebantu banget, terutama buat yang gasuka atau ga mau ribet buat pencatatan keuangan

    BalasHapus
  12. Dulu jaman pekerjaan akuntansi masih manual nulis di buku besar beneran emang merepotkan pekerjaannya, untung sekarang sdh ada aplikasi akuntansi jadi lebih cepat ya mbak pengerjaannya

    BalasHapus
  13. perlu banget ya aplikasi akutansi mengerem pengeluaran juga sih, ingat zaman SMA aku ya belajar akutansi kok susah masuk ke otak heheh...

    BalasHapus
  14. Aplikasi seperti ini membantu banget sih, apalagi kalau soal laporan-laporan yang harus kita laporkan ke atasan. Kalau dibuat dari awal secara manual ya pusing juga, apalagi kalau banyak. Dengan aplikasi ini bisa jadi lebih mudah dan cepat.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.