Bangga Jadi Blogger Bersama Komunitas Bloggercrony Indonesia

 


Akhirnya aku berada di satu titik dimana aku bisa menyebut diriku seorang Blogger Indonesia. Bahkan dengan bangganya aku menyebut blogger sebagai pekerjaanku ketika ditanya oleh orang lain dalam berbagai kesempatan. Melewatkan pekerjaan sehari-hariku yang sebenarnya adalah pedagang baju Muslimah di salah satu pusat perbelanjaan di kota Balikpapan.


Entahlah meski terkadang beberapa orang mengeryitkan dahinya ketika mendengar jawabanku. Blogger, apaan itu? Beda kalau aku menyebut diriku seorang pedagang atau pengusaha baju. Mungkin orang akan lebih antusias mengingat di kota minyak ini memang orientasinya selalu lebih kepada pengusaha fashion.


Tapi aku tidak mengatakannya. Bagiku, menjadi seorang blogger lebih membanggakan daripada seorang pedagang. Ya Aku #BanggaJadiBlogger. Dari kecil aku tumbuh dari keluarga pedagang. Pun ketika menikah mertua juga seorang pedagang. Tetangga, sahabat, keluarga dekat pedagang semua. 

Jadi menjadi seorang pedagang adalah hal yang biasa. Cukup memiliki toko, memiliki modal buat stock barang. Jadi deh seorang pedagang.


Berbeda ketika tiga tahun yang lalu aku memutuskan untuk menjadi seorang blogger. Aku berfikir keras untuk membeli sebuah domain. Benar tidak jalan yang aku pilih ini? sudah tepat kah keputusanku untuk menjadi seorang blogger? Ataukah tidak hanya sekedar pelarian semata? Padahal beli domain hanya RP 150.000 (kalau ingat rasanya pengen toyor kepala sendiri, gimana enggak coba? Bisa-bisanya perhitungan dengan uang yang hanya Rp 150.000 sementara jajan di fast food melebihi nominal itu. Hihihi)


Cita-cita Vs Reality. Saat Kamu Ikhlas Allah Akan Membuka Jalan.


Flash back beberapa tahun yang lalu aku memang sangat mencintai dunia literasi. Menjadi seorang penulis adalah cita-cita terbesarku. Tapi, kadang cita-cita tidak selalu harus tercapai bukan? Bukan tanpa usaha, aku sudah bolak-balik keluar masuk organisasi kepenulisan. Begitu juga dengan kelas-kelas menulis lainnya baik offline maupun online. Tapi ya gitu, daya imajinasiku di dunia fiksi ini rendah banget sehingga hasil tulisanku seperti keripik “Garing”


Sementara teman-temanku sudah banyak menjadi penulis best seller. Bahkan ada yang memiliki usaha penerbitan buku indie. Sementara aku, tetap disini menjadi pembeli novel-novel mereka saja. Tak mengapa, kalau semua orang berhasil menjadi penulis lalu siapa yang akan menjadi pembacanya, begitu fikirku kala itu.


Aku mengubur dalam-dalam semua cita-citaku menjadi seorang penulis. Tak mengapa jika memang bukan itu jalannya. Untuk menghibur diri aku mulai menulis kisah-kisah singkat di note facebook, caption Instagram. Hingga di suatu waktu aku mengenal apa itu blog dari instagram. Aku follow Instagramnya Bloggercrony Community. Wow keren, asli aku berdecak kagum. Ternyata ini jawaban selama ini yang  aku cari-cari. Satu permasalahan besar rasanya terselesaikan.  


Blogger, Pahala yang Berlimpah.


Ketika aku tahu dengan memiliki sebuah blog maka orang lain bisa dengan bebas membaca tulisanku, jujur aku bahagia banget. Seremeh itu ya bahagiaku. Karena bertahun-tahun yang lalu aku sempat berfikir karierku di bidang tulis menulis sudah tertutup rapat.


Menjadi manusia yang bermanfaat lewat tulisan itu adalah suatu keharusan yang mutlak di dapatkan ketika kamu menjadi seorang blogger. Yang aku bayangkan adalah berapa banyak pahala yang dapat kupetik ketika orang membaca tulisanku, mulai dari review kuliner, resensi buku, film, resep masakan, masalah kesehatan, tempat wisata dll.


Ketika menjadi seorang penulis novel, belum tentu hal tersebut dapat dengan mudah tercapai. Karena bagaimanapun suatu karya harus diterbitkan dahulu agar orang lain bisa membacanya bukan?. Tapi dengan menulis di blog, hanya perlu menekan Post maka tulisan tersebut dapat dibaca oleh seluruh orang di dunia.


Ah, semenyenangkan itu ya ternyata menjadi seorang blogger. Kamu yang belum menjadi blogger, yuk buruan dimulai menulis blognya. Nggak mau nih rebutan pahala hanya dengan modal post tulisan 500-2000 kata saja?  hihihihi


Bangga Jadi Blogger Indonesia




Gagal menjadi penulis novel bukanlah akhir dari sebuah dunia. Kini aku merasa pelarianku menjadi seorang blogger adalah hal yang sangat tepat. Setelah memiliki blog aku menjadi rajin menulis. Tak perlu kata-kata mutiara yang mendayu-dayu. Aku hanya perlu menulis apa yang ada di kepalaku yang ingin aku bagikan di blog. Aku bisa menulis di sela-sela kesibukanku mengurus toko offlineku. Terlebih semakin hari kemampuan menulis di blogku kian membanggakan.


Tentu saja ada peran sertanya Komunitas Bloggercrony Indonesia dibalik keberhasilanku menjadi blogger Indonesia kali ini. Meskipun awalnya aku hanya follow sosmednya mulai dari Instagram, facebook serta twitternya Bloggercrony Community. Aku mulai membaca-baca lalu mulai sedikit demi sedikit mempraktekan ilmu yang sering dishare ke dalam blogku.  


Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya , membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional.


Blogging, Networking, Empowering bersama Bloggercrony Community




Memiliki teman blogger yang satu frekuensi itu memang membuat kita menjadi lebih berdaya.  Begitulah yang aku rasakan ketika sudah bergabung menjadi keluarga besar Komunitas bloggercrony Indonesia. Banyak program-program Bloggercrony Community yang sangat bermanfaat membuat progresku meningkat pesat. Memulai blog dari nol hingga kini bisa beranjak berlari meski kadang masih jatuh bangun.


Program-program komunitas  Bloggercrony Indonesia memang sangat bermanfaat bagi blogger newbie sepertiku. Mulai dari BloggerHangout, Bloggercare, BloggerPreneur, BloggerDay, #BwTuesday dan BloggerView,  


Aku menikmati prosesnya menjadi blogger dengan Bahagia. Aku mendengarkan setiap pemaparan ilmu blogging oleh para ahli blogging dalam BloggerDay 2022 yang sangat lengkap dan padat. Ku ulang-ulang terus rekamannya, aku praktekkan apa yang harus dilakukan untuk menjadi seorang blogger yang baik dan terus menjadi yang terbaik ya.


Penutup



Teman-teman yuk jangan sia-siakan kesempatan dan potensi diri dengan menjadi menjadi seorang blogger ya. Karena dengan menjadi blogger dapat membuka 1001 kebaikan dan pintu rezeki dari arah yang tidak kita sangka-sangka. #BanggaJadiBlogger


Yang pengen ikutan bertumbuh menjadi seorang blogger yang berdaya bisa bergabung di laman Facebook Group Bloggercrony. Untuk mendapatkan update lengkapnya silahkah follow Twitter dan Instagram @bloggercrony.

 

 

1 komentar

  1. congratz mba Aisyah..selalu banggalah jadi blogger, salurkan ilmu menulis positifnya untuk membantu pembaca..

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.