Baja Ringan, Solusi Alternatif Rumah Tahan Gempa di Indonesia




Indonesia, merupakan negara yang dikenal dengan puluhan gunung berapi aktif dan berada di lempeng tektonik yang masih aktif bergerak.

Hal ini berpotensi menyebabkan terjadinya bencana alam, seperti gempa. Untuk itu, warga Indonesia terus berinovasi untuk bisa membangun rumah yang tahan gempa.

Salah satu usahanya adalah dengan menggunakan baja ringan sebagai material yang kuat dan tahan terhadap gempa.

Masyarakat sudah banyak mengenal baja ringan sebagai material yang tahan terhadap ancaman kerusakan akibat bencana alam, khususnya gempa.

Bahkan, sekarang sudah banyak orang mulai melirik baja ringan untuk bangunan mereka. Material baja ringan ini memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan yang lainnya.


Bangunan Tahan Gempa, Baja Ringan Solusinya

Tinggal di Kota Balikpapan juga memiliki potensi gempa yang lumayan besar lho. Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa strategi penting ketika akan mendirikan sebuah bangunan, khususnya rumah tinggal.

1. Kualitas Tanah yang Baik

Tanah dengan kualitas baik adalah tanah yang keras dan padat, sehingga ketika terjadi guncangan atau getaran, permukaan tanah tidak banyak bergerak.

Hindari membangun rumah di atas tanah liat berlempung, diatas rawa ataupun di atas laut. Karena jika terjadi gempa akan sangat berbahaya bagi bangunan di atasnya.

2. Pondasi Bangunan yang Kuat

Pondasi awal sebuah bangunan berfungsi untuk menyalurkan beban bangunan ke dalam tanah. Makin kuat sebuah pondasi, makin kokoh juga bangunan yang berdiri di atasnya.

Pondasi yang kuat memiliki aturan khusus, yaitu ditanam dengan kedalaman 60-75 cm di tanah yang padat. Selain itu, untuk pembuatan pondasi ini pun harus memilih material yang berkualitas untuk menghindari terjadinya keretakan di kemudian hari.

 3. Ketinggian Bangunan

Makin tinggi sebuah bangunan, makin banyak jumlah lantainya, maka makin berat pula beban yang akan ditahan oleh pondasi.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhitungkan struktur bangunan dengan sangat matang. Selain itu, perhatikan juga bahwa jumlah lantai dari gedung yang akan dibangun tidak sampai lebih dari empat kali lebar bangunan.

4. Bentuk Bangunan Simetris

 

Bentuk bangunan yang simetris akan membantu pondasi dalam tanah menahan beban yang seimbang. Hal ini akan membuat gedung atau bangunan di atasnya tetap aman dan ketika terjadi guncangan, misalnya karena gempa.

5. Material yang Digunakan

 


Agar bangunan bisa berdiri dalam jangka waktu lama dan tahan terhadap guncangan, Anda harus menggunakan material yang berkualitas baik dan pastinya ber-SNI. Salah satunya adalah baja ringan BlueScope Zacs yang sudah mendapatkan sertifikasi SNI.

Baja ringan BlueScope Zacs sudah memiliki lapisan pelindung karat AZ 100  yang berperan penting dalam menjaga kualitas baja ringan tetap kokoh dan prima.

 

Mengapa Harus Memakai Baja Ringan?

Ada alasan tertentu mengapa baja ringan BlueScope Zacs lebih aman untuk bangunan Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat baja ringan memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan material lainnya. 

1. Tahan Terhadap Api

Salah satu pertimbangan menggunakan baja ringan adalah ketahanannya terhadap api. Hal ini berfungsi untuk menahan api menyebar ke seluruh bangunan dan Anda tidak mengalami kerugian yang lebih besar.

 3.Tahan Gempa dan Cuaca Ekstrem

Material baja ringan BlueScope Zacs sangat kokoh dan kuat dengan perubahan cuaca ekstrem. Anda tidak perlu khawatir rangka atap bangunan rusak karena cuaca maupun getaran akibat gempa.

4. Mudah Dibentuk

Baja ringan BlueScope Zacs sangat mudah dibentuk, sehingga Anda bisa menghemat waktu dalam membangun rumah. Bahannya juga sangat mudah dirangkai sehingga memudahkan pekerjaan para pekerja bangunan.

Memiliki hunian dan bangunan yang kokoh, kuat, dan tahan terhadap gempa atau bencana alam lainnya menjadi sebuah impian semua orang.

Oleh karena itu, pemilihan materialnya pun harus menjadi perhatian. Salah satu material wajib yang Anda butuhkan adalah baja ringan  BlueScope Zacs, yang sudah terbukti kuat dan mampu bertahan dalam guncangan kuat atau cuaca ekstrem. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi memilih material, ya.

 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.