Tempat Wisata Murah di Jakarta, Harga Tetap Ramah Meski di Ibu Kota

 


Sebagai ibu kota, Jakarta selama ini terkenal dengan biaya hidup tinggi dan apa-apa mahal. Termasuk juga wisata di dalamnya. Padahal, jika ditelisik lebih jauh lagi, banyak juga lho tempat wisata murmer atau murah meriah di Jakarta. Tak perlu mengeluarkan banyak uang, kamu bisa berpetualang seharian. 

Supaya bisa liburan hemat, bisa rental mobil di Ibu Kota dengan memanfaatkan berbagai program promo dari Traveloka. Versi sewa mobil lepas kunci Jakarta, saat ini di Traveloka harganya mulai dari Rp 200 ribuan per harinya. Lalu destinasi wisata mana yang memiliki tiket masuk murmer? Check this out!

Monumen Nasional (Monas)

Monas atau Monumen Nasional merupakan salah satu ikon Jakarta yang wajib dikunjungi jika jalan-jalan ke ibu kota. Tempat ini difungsikan sebagai lokasi wisata sekaligus pusat pendidikan bagi masyarakat dan warga negara asing yang datang ke Tanah Air. 

Wisata ini sudah dibangun sejak tahun 1961 dan dibuka untuk umum pada 1975. Banyak wisatawan yang menyempatkan datang ke tempat ini karena daya tariknya yang sangat banyak. Bentuknya pun juga cukup unik, jadi saat jadi latar belakang foto juga menarik. 

Menyenangkannya lagi, tiket masuk ke Monas juga tidak bikin kantong bolong. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 5.000 untuk masuk musem. Jika ingin ke puncak, tambah Rp 15.000 saja.  

Kota Tua Jakarta

Selain Monas, Kota Tua juga jadi destinasi lainnya yang sangat populer di Jakarta. Kamu bisa naik sepeda, foto-foto, sampai dengan kulineran. Di sini masih banyak kuliner tradisional Betawi yang bisa dicoba. Rasanya tentu saja otentik karena Jakarta tempat tinggalnya suku Betawi.

Beberapa contoh kuliner tradisional Betawi yang bisa dicoba di sini antara lain kue pancong, kerak telor, sampai tauge goreng. Bagi penikmat seni, di sini juga ada pameran karya seni dari masyarakat lokal yang meramaikan.

Di sekitar Kota Tua, banyak juga destinasi yang bisa dikunjungi. Misalnya saja Museum Fatahillah, Toko Merah, sampai Museum Wayang. Jika masuk ke Kota Tua, tidak ada biaya tiket masuknya. Namun jika masuk ke beberapa spotnya akan dikenai biaya. Meski begitu, tiketnya juga akan murah, mulai dari Rp 5.000.

Taman Margasatwa Ragunan

Jika membawa anak-anak, kamu bisa mengajaknya ke Taman Margasatwa Ragunan atau yang biasa disebut dengan Ragunan saja. Ini merupakan kebun binatang yang luasnya mencapai 147 hektar dengan banyak sekali koleksi binatang dan tumbuhan. 

Jumlah koleksinya lebih dari 2101 jenis hewan dari 220 spesies yang berbeda. Tempat jadi tempat rekreasi sekaligus untuk edukasi untuk anak-anak. Memperkenalkan berbagai jenis hewan dan tumbuhan sejak dini secara langsung. Jika ingin mencoba memberi makan, ada juga programnya. 

Harga tiket masuk pengunjungnya sangat murah, untuk dewasa hanya Rp 4.000 saja. Sementara untuk anak-anak adalah Rp 3.000 saja. Fasilitas di wisata ini juga sudah lengkap, banyak toilet, mushola, sampai dengan area jualan makanan. Alamatnya berada di Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Taman Suropati

Jika ingin santai saja atau piknik bersama dengan keluarga, Taman Suropati bisa dikunjungi. Ini merupakan sebuah taman kota dengan berbagai hal menarik di dalamnya. Tidak hanya taman hijau, kamu bisa menemukan banyak fasilitas menarik. Misalnya saja jogging track, monumen ASEAN, tempat duduk yang banyak, dan lain sebagainya.

Datang ke tempat ini pada pagi, siang, atau malam sama-sama menyenangkan. Pasalnya, banyak pepohonan besar jadi membuat tempatnya jadi lebih teduh dan asri sepanjang hari. Malam hari juga makin banyak hiburannya, mulai dari pertunjukan seni dari komunitas lokal, kulineran, sekadar santai.

Alamatnya berada di tengah pertemuan beberapa jalan utama di ibu kota, yakni Jl. Diponegoro, Teuku Umar, dan juga Imam Bonjol. Alamat tepatnya berada di Jl. Taman Suropati No. 5, Menteng, Jakarta Pusat. Buka selama 24 jam dengan harga tiket masuk Rp 0. Kamu hanya tinggal mengeluarkan uang untuk beli makanan atau parkir saja.

Masjid Istiqlal

Satu lagi rekomendasinya adalah Masjid Istiqlal yang jadi tempat ibadah sekaligus wisata. Jangan salah ya, ini merupakan Masjid Terbesar di Asia Tenggara yang memiliki beragam pesona. Mulai dari arsitekturnya yang penuh dengan estetika, sejarahnya yang panjang, dan juga merupakan sebuah simbol kerukunan umat beragama.

Selain menikmati keindahan dan pesona Masjid Istiqlal, kamu juga bisa berburu banyak kuliner enak di sekitarnya. Pilihan kulinernya sangat beragam, mulai dari khas Jakarta sampai luar kota. Karena kebanyakan adalah street food, jadi harganya juga terjangkau. Kamu bisa ajak buah hati dan keluarga untuk melihat kemegahan Masjid Istiqlal jika sedang libur.

Ternyata banyak juga destinasi di Jakarta yang ramah di kantong. Yuk kunjungi berbagai destinasi wisata di atas saat liburan tiba. Jangan lupa untuk mengisi penuh baterai kamera kesayangan, supaya pulang bisa bawa banyak kenangan yang tak terlupakan.

 


 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.