Hobi Bikin Komik? Coba Unjuk Gigi di Kompetisi KaryaKarsa x Indomie

 

Pict : Pixabay

 

Komikus – atau seniman komik – adalah orang yang ahli dalam membuat komik. Beberapa tahun lalu, komik yang beredar di pasaran kebanyakan didominasi oleh komikus dari Jepang. 


Beberapa judul komik yang mungkin cukup pasaran dan banyak diketahui orang awam adalah Detective Conan, Naruto, Doraemon, One Piece, dan masih banyak lagi. Tak hanya sukses dalam penjualan komik, cerita dalam komik ini akhirnya juga dibuatkan animasinya – yang mana tak kalah sukses.


Sekarang ini, komik yang ada di pasaran sudah jauh lebih bervariasi. Pun kreatornya tidak hanya berasal dari luar Indonesia. Bentuk komik pun sudah tidak hanya dalam bentuk buku fisik. Komik saat ini sudah bisa dinikmati dalam bentuk digital. Bahkan, komik sudah berevolusi menjadi webtoon – karya komik yang dibuat vertikal sehingga pembacanya lebih nyaman ketika membaca menggunakan smartphone.

 

Dengan bermunculannya komikus lokal dan sudah terbentuknya pangsa pasar mereka masing-masing, hadir sebagai komikus anyaran mungkin memberi tantangan tersendiri: bagaimana karya diterima dan kreator bisa membuat pasar mereka sendiri. 


Biasanya cara konvensional para kreator adalah mulai membuat karya dan dipromosikan melalui akun media sosial pribadi. Awareness terhadap karya akan tumbuh secara alami, mulai dari circle terdekat sampai akhirnya dikenali masyarakat luas. Sayang, metode ini membutuhkan waktu cukup lama. Kreator harus konsisten bahkan sampai jangka waktu tidak ditentukan.

 

Ada lagi satu cara untuk mempromosikan karya, yaitu dengan mengikuti lomba atau kompetisi. Timing yang pas karena saat ini KaryaKarsa x Indomie bekerja sama untuk menggelar lomba yang mengusung tema 50 Tahun Indomie. 


Sebagaimana kita tahu, produk Indomie sangat lekat dengan kehidupan dan keseharian kita. Tak terasa usia produk dan brand yang sudah mencapai setengah abad dan momen ini digunakan untuk mengundang para kreator dari berbagai bidang agar turut menyemarakkan.

 

Bagaimana cara atau peran yang bisa dilakukan kreator? Bergabung dengan lomba KaryaKarsa yang disediakan. Kompetisi dengan tajuk #CeritadanRasaIndomie ini terbuka untuk kreator dengan karya 2 dimensi, hal ini termasuk bagi para komikus dan karya komik mereka. 


Sebenarnya tidak hanya ada kategori komik saja, di lomba ini kreator dari bidang karya 2 dimensi lainnya juga bisa berpartisipasi. Kategori lomba yang disediakan adalah kategori Penulis, kategori Foto dan Ilustrasi, dan kategori komik. Bisa dilihat bahwa keseluruhan kategori ini adalah karya 2 dimensi karena tujuan akhir dari kompetisi ini adalah mencetak buku yang berisi kompilasi karya-karya kreator peserta lomba.

 

Jika kamu tertarik, tidak ada salahnya untuk ikut berpartisipasi. Lomba ini masih dibuka dalam masa pengumpulan karya. Lebih tepatnya dalam periode tanggal 30 Mei hingga 30 Juni 2022, dibuka kesempatan bagi para kreator untuk mengunggah karya mereka. 


Mekanisme pengumpulan karya dimulai dari membuat akun kreator di platform KaryaKarsa. Setelah melakukan verifikasi dan melengkapi profil, kreator atau peserta lomba bisa mengunggah karya yang akan mereka ajukan. Setiap karya harus diberi judul dengan tagar #CeritadanRasa supaya panitia penyelenggara mengetahui bahwa karya tersebut diikutkan untuk lomba. Setelah itu kreator harus mengunggah karya mereka di media sosial dengan memberi tag atau mention ke akun @.karyakarsa_id dan @.indomie supaya bisa di-repost untuk mendapatkan like sebanyak mungkin.

 

Kenapa harus mendapatkan like sebanyak mungkin? Karena salah satu poin penilaian untuk karya yang dilombakan adalah jumlah like tersebut. Semakin banyak like artinya karya yang diunggah merupakan karya favorit. Kesempatanmu untuk memenangkan hadiah juga semakin besar. Oh iya, kalau kamu ingin tahu mengenai detil syarat dan ketentuan karya yang bisa diikutsertakan dalam lomba ini, kamu bisa mengakses informasi lebih lanjut melalui tautan https://karyakarsa.com/indomie.

 

Dikarenakan tajuknya adalah kompetisi atau lomba KaryaKarsa, tentunya ada hadiah atau reward yang disiapkan bagi para pemenang. KaryaKarsa x Indomie sudah menyiapkan hadiah uang tunai dengan total nilai Rp50 juta untuk 50 orang kreator yang karyanya termasuk dalam karya favorit. 


Bukan hanya itu, tiga karya terbaik (dari seluruh kategori) juga akan mendapatkan grand prize yang tidak main-main: smartphone iPhone 13, laptop MacBook Pro M1, dan juga iPad Air. Kalau kita realistis dengan reward yang diberikan, mengikuti kompetisi dan masuk dalam kategori 50 kreator terbaik saja sudah mendapatkan hadiah uang tunai. Angka 50 kreator terbaik saja sudah menunjukkan bahwa potensi untuk menang dalam kompetisi ini relatif besar.

 

Apa hubungannya dengan potensi kemenangan yang besar? Seperti yang dijabarkan di atas kalau kompetisi adalah satu cara untuk mempromosikan karya, kemenangan karyamu tentunya jelas menyedot perhatian publik dan juri. Mereka jadi tahu bagaimana kualitas dari karya yang kamu buat. Alhasil, ini akan menjadi metode promosi, branding, sampai membangun awareness penikmat karya.

 

Seluruh rangkaian kompetisi ini dapat diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia, tanpa batasan umur atau dapat menunjukkan kartu identitas yang menunjukkan status WNI (KTP, SIM, atau Kartu Pelajar). Tidak ada pungutan biaya yang dibebankan ke kreator selaku peserta lomba. Semuanya gratis. Kompetisi ini berusaha memudahkan proses ikut serta kreator sebagai peserta lomba. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba kesempatan ini terutama kamu yang ingin membuat awareness publik terhadap karya. Yuk ikutan!

9 komentar

  1. Wih aku pernah liat nih informasinya lewat di iklan story instagram, hadiahnya juga lumayan banget tuh. Buat yang jago bikin komik mesti ikut nih kompetisinya, ambil kesempatan dan raih pemenangnya. Tetap berusaha selalu!

    BalasHapus
  2. Suka banget kalau ada kompetisi yang turah-turah gini hadiahnya, bener-bener paham kalau kreator itu memang effortnya gede untuk menghasilkan sebuah karya. Masih sampai akhir bulan ini ya. Semoga dengan adanya kompetisi ini lahir kreator2 keren yang muncul ke permukaan dan jadi salah satu jalan mereka mencapai milestones dengan karyanya.

    BalasHapus
  3. Masih lama waktunya, bisa nih si anak lajang ikutan . Dia hobi gambar termasuk bikin komik. Hadiahnya wow juga ya...Jangan dilewatkan nih kompetisi dari KaryaKarsa x Indomie yang bekerja sama untuk menggelar lomba yang mengusung tema 50 Tahun Indomie.

    BalasHapus
  4. kalo jago bikin komik kudu ikutan nih, jangan sampe ketinggalan. mayan banget hadiahnya dan siapa tahu beruntung dong ya. menyenangkan banget sih ini kalo doyan bikin komik

    BalasHapus
  5. keliatannya seru ini lombanya. apalagi buat saya yang penggemar berat indomie. sayangnya saya enggak bisa gambar, Kak... Lha wong narik garis lurus aja fales :((

    BalasHapus
  6. Menarik sekali nih kompetisi yang diadakan KaryaKarsa, yang jago bikin komik kudu banget nih ikut kompetisinya. Kali aja beruntung ya apalagi hadiahnya juga menggiurkan

    BalasHapus
  7. Duh sebenernya aku ngiler sama hadiahnya cuma kadang kendala deadline kerjaan nih padahal cakep tu hadiah lombanya karyarasa indomie

    BalasHapus
  8. Nah ini yang kucari-cari. Bisa ajak teman atau sohib yang jago gambar, biar makin keren karyanya. Hadiahnya itu loh, macbook pro, siapa yang ga ngiler? hehe, langsung kucatat syarat dan tanggal tenggat biar ga kecolongan. Kapan lagi bisa dapetin gawai dan laptop keren cukup dengan makan Indomie seleraku....

    BalasHapus
  9. Thanks kak atas informasinya. Kebetulan ada keluargaku yang suka bikin komik nih, barangkali dia tertarik buat ikutan.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.