Tips Mengatasi Gigi Sensitif dengan Bahan Alami

 


Gigi sensitif memang membutuhkan perawatan yang teratur dan  ekstra. Umumnya, salah perawatan justru akan mengakibatkan gusi menjadi bengkak dan gigi ngilu. Namun saat ini Anda tidak perlu cemas, karena sudah ada cara mengatasi gigi sensitif dengan mudah.

 

Kini sudah ada berbagai macam bahan alami yang bisa menjadi obat ampuh untuk mengatasi gigi yang sakit.  Di bawah ini sudah ada penjelasan yang bisa Anda ketahui.

 

Tips Mengatasi Gigi Sensitif Secara Alami

 

Tips mengatasi gigi sensitif ini, ternyata bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alam yang ada di dapur rumah Anda. Berikut ini beberapa bahan alami yang dikenal ampuh mengatasi gigi ngilu dan sensitif.

 

  1. Garam

Garam adalah salah satu bahan antiseptik alami yang bisa membantu meredakan peradangan. Tak hanya itu saja, garam juga berguna sebagai antibakteri yang bisa melawan bakteri jahat penyebab sakit gigi.

 

Agar gigi sensitif cepat membaik, Anda dapat berkumur dengan air garam dua kali sehari. Untuk caranya ada di bawah ini.

 

 Pertama, campurkan 1 atau ½ sendok garam dengan segelas air putih hangat. Kemudian, kumur-kumur sekitar 30 detik dan memuntahkan semuanya.

  Ulangilah cara ini beberapa kali sampai rasa nyeri sudah tidak terasa lagi.

 

  1. Kunyit

 

Kunyit ternyata bisa digunakan untuk mengatasi gigi sensitif. Adanya kandungan senyawa curcumin pada kunyit diketahui memiliki sifat antiseptik, anti radang, dan antibiotik.

 

Dalam mengatasi sakit gigi, Anda bisa memanggang kunyit yang kemudian ditekan pada bagian ngilu atau bengkak. Anda juga dapat membuat pasta gigi dari kunyit.

 

 Pertama, Anda bisa haluskan 1 ruas jari kunyit. Kemudian, campurkanlah dengan ½ sendok teh garam dan 1 sendok makan minyak kelapa.

     Setelah seluruh bahan tercampur rata dan oleskan pasta ini ke gigi yang mengalami masalah. Kemudian, gunakan pasta kunyit setidaknya dua kali sehari hingga rasa sakit Anda mereda.

 

  1. Bawang Putih

Sejak ribuan tahun lamanya, bawang putih sudah banyak digunakan dalam mengatasi berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah mengatasi gigi sensitif  dan gusi yang bengkak.

 

Selain dapat membunuh bakteri penyebab plak, senyawa allicin yang terkandung pada bawang putih juga membantu meredakan sakit gigi.

 

Anda dapat mengunyah bawang putih mentah selama beberapa detik. Apabila tidak terlalu suka mengunyah secara langsung, Anda bisa menghaluskan bawang putih dan menjadikannya pasta.

 

 Pertama, ambillah satu siung bawang putih dan tambahkan sejumput garam.

Kemudian, haluskan sampai berbentuk seperti pasta dan oleskan langsung pada gigi yang ngilu.

 

  1. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh juga sudah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sakit gigi. Eugenol dan senyawa kimia yang sudah terkandung dalam cengkeh diketahui mempunyai sifat antiseptik, analgesik, dan antibakteri.

 

Bahkan, rempah yang satu ini memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang membantu melawan infeksi pada gusi dan gigi.

 

Cara untuk memanfaatkan cengkeh sebagai obat alami pada gusi bengkak dapat dilakukan dengan meneteskan minyak cengkeh. Lalu tempelkan bola kapas selama beberapa menit di bagian gigi yang terasa sakit.

 

Ketika Anda ingin menempelkan kapas, maka usahakan agar tidak terkena lidah karena minyak cengkeh memiliki rasa yang kuat. Anda  juga dapat kumur-kumur dengan campuran air hangat dan beberapa tetes dari minyak cengkeh.

 

Bahan-bahan alami di atas termasuk obat yang bisa ditemukan secara mudah. Bahkan, sangat efektif untuk mengatasi gigi sensitif Anda.

 


Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.