Tips Jitu Cara Membersihkan Jamur Kaca Mobil, Bisa Lakukan Sendiri!

 


Memiliki aplikasi bengkel mobil tentu akan sangat membantu kamu ketika mengalami masalah apapun yang berkaitan dengan kendaraan roda empatmu.

Namun, bagaimana jika kaca mobil menjadi berjamur? Tidak perlu harus ke bengkel, cara membersihkan jamur kaca mobil berikut ini bisa kamu coba sendiri di rumah lho!

Permukaan kaca mobil memang cukup rentan berjamur bila pola menjaga kebersihan mobil kurang  terjaga.

Akibatnya, penglihatan saat berkendara menjadi kurang jelas dan kabur. Sehingga tentu saja mempengaruhi keamanan dan kenyamanan bagi pengemudi pada saat mengendarai mobil.

Nah, apa yang harus yang dilakukan untuk mengatasi kaca mobil berjamur? 


Ketahui Penyebabnya Terlebih Dahulu Kemudian Lakukan Cara Membersihkan Jamur Kaca Mobil dengan Tepat


Merawat kaca mobil agar selalu bersih dan bebas jamur tentu tidak terlepas dari mengetahui hal apa yang bisa menjadi penyebab jamur kaca mobil timbul.

Mengetahui penyebabnya dengan jelas akan membantu kamu untuk melakukan tindakan pencegahan agar masalah demikian tidak aka terjadi pada mobilmu.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kaca mobil berjamur yang perlu kamu ketahui.


Kualitas Air yang Digunakan Untuk Mencuci Mobil Kurang Baik

Memastikan untuk selalu menggunakan air yang benar-benar bersih saat mencuci mobil ternyata sangat penting untuk menjaga kaca mobil tetap dalam kondisi baik.

Air yang digunakan kurang bersih dapat menyebabkan munculnya bercak noda hingga jamur meskipun sudah menggunakan sabun pembersih.

Selain kualitas air yang buruk, menggunakan air yang di dalamnya terdapat kandungan garam maupun kapur yang tinggi saat mencuci mobil juga berdampak sama terhadap kaca mobil, yakni menyebabkan jamur kaca mobil.

Biasanya air yang demikian pada umumnya merupakan air yang berasal dari sumur atau sungai, yang adalah sejenis air tanah.

Karena itu, air yang disarankan untuk mencuci mobil sebaiknya menggunakan air PDAM. Di mana air ini kwalitasnya jauh lebih aman yang tidak berdampak buruk terhadap kaca mobil maupun keseluruhan bagian permukaan mobil lainnya.


Menunda Mencuci Mobil Sesudah Terkena Hujan

Adakalanya pada saat sedang musim hujan, akan sangat merepotkan jika harus bolak-balik mencuci mobil setiap hari.

Padahal, faktanya memang sisa air hujan pada kaca mobil harus segera dibersihkan jika kamu tidak ingin kaca mobil berjamur. 


Memarkirkan Mobil di Ruangan yang Lembab

Membiarkan mobil terparkir di ruangan yang cenderung lembab untuk waktu yang cukup lama ternyata juga bisa menjadi penyebab kaca mobil berjamur lho!

Karena itu, meskipun mobil jarang digunakan, usahakan untuk menghindari mobil parkir di tempat dengan kelembaban yang tinggi.

Atau, jika memang tidak memiliki tempat yang memadai selain lokasi tersebut, maka kamu harus sesering mungkin mencuci mobil agar tetap bersih dan terawat.

Nah, bagaimana jika permukaan kaca mobil sudah terlanjur terkena jamur? Jangan panik, berikut ini tips ampuh cara membersihkan jamur kaca mobil hingga tuntas


Bersihkan Kaca Mobil dengan Sabun Pembersih Khusus

Cara membersihkan jamur kaca mobil yang pertama kali bisa kamu coba adalah dengan membeli sabun pembersih khusus untuk kaca mobil.

Campurkan sabun tersebut dengan air bersih kemudian digunakan untuk mencuci kaca mobil hingga kotoran dan jamur menghilang.

Salah satu produk pembersih mobil yang cukup efektif untuk mengatasi jamur kaca mobil adalah Glass Scrub dan juga Rain Clear.

Glass Scrub berfungsi untuk membersihkan jamur pada permukaan kaca mobil, sedangkan Rain Clear berfungsi mencegah agar jamur tidak muncul kembali dengan cukup mengoleskannya saja pada bagian tersebut.


Cuka Apel Efektif Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Kedua, cara membersihkan jamur kaca mobil bisa dengan memanfaatkan cuka apel.

Kandungan asam pada bahan ini ternyata efektif bekerja menuntaskan jamur pada permukaan kaca mobil lho!

Caranya sangat mudah, masukkan 1 sdm cuka apel ke dalam 1 liter air bersih, kemudian basahi kain lap microfiber dengan kedua bahan yang sudah dicampur tersebut lalu gunakan untuk menggosok bagian kaca yang berjamur.


Manfaatkan Air Rendaman Tembakau

Cara membersihkan jamur kaca mobil yang satu ini pasti masih jarang diketahui. Mulai saat ini kamu bisa mencobanya untuk membuktikan keefektifan kada nikotin yang terdapat dalam tembakau untuk menghilangkan jamur dalam seketika.

Langkah pertama adalah dengan merendam tembakau selama kira-kira 15 menit hingga sarinya keluar.

Selanjutnya, bersihkan terlebih dahulu kaca mobil dengan air dingin yang bersih.

Lalu, semprotkan air rendaman tembakau tersebut pada bagian kaca yang terkena jamur dan lakukan berulang kali hingga benar-benar bersih.

Lap dengan kain microfiber untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan pastikan bagian tersebut kering agar jamur tidak mudah timbul lagi.

Nah, agar seluruh permukaan kaca mobil bahkan bagian mobil lainnya senantiasa terawat dan terjaga dengan baik, rajin melakukan perawatan cuci mobil adalah langkah awal yang tepat. Apalagi, rutinitas ini bisa kamu rencanakan dengan mudah melalui Otoklix.



Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.