5 Tips Memilih Matras Bayi yang Nyaman dan Aman



Matras bayi dan kasur biasa ternyata memiliki perbedaan yang cukup jauh. Hal ini karena kasur biasa yang sering kita gunakan, belum tentu nyaman dan baik untuk si kecil. Apalagi, bayi yang baru lahir biasanya membutuhkan matras dengan pondasi kuat agar mengurangi adanya risiko SIDS.


Tips Memilih Matras Bayi


Berdasarkan bentuknya, ternyata matras bayi ini memiliki 2 jenis yang berbeda. Yang pertama menggunakan busa dan yang kedua menggunakan innerspring. 

Kasur busa ini biasanya menggunakan busa berjenis poliuretan yang ringan dan tahan lama. Sedangkan jenis innerspring yang lebih mahal memiliki gulungan pegas di dalamnya sehingga membuat kasur menjadi lebih kokoh.

Kedua jenis kasur di atas bisa Anda temukan dengan mudah di Mothercare.co.id. Namun, sebelum membeli ada beberapa tips memilih matras untuk bayi yang bisa Anda simak berikut ini.


  1. Memilih Kasur yang Keras dan Kokoh

Sebagai orang dewasa, mungkin Anda tidak akan menyukai jenis kasur yang keras karena akan membuat sakit punggung dan leher ketika tidur. Namun, kasur yang keras dan kokoh ternyata sangat nyaman dan aman jika digunakan untuk bayi.

Hal ini karena kasur yang keras dan kokoh dapat mengurangi risiko terjadinya SIDS atau kematian mendadak pada bayi yang disebabkan terlalu sering tidur menyamping atau tengkurap.

Namun, apabila Anda menginginkan kasur yang bisa digunakan untuk penggunaan jangka panjang, Anda bisa memilih matras yang memiliki dua sisi lembut dan keras. Sehingga bisa digunakan si kecil hingga mencapai usia balita nantinya.


  1. Pilih yang Ukurannya Sesuai dan Pas dengan Box Bayi

Matras bayi ini biasanya akan diletakkan ke dalam boks khusus bayi. Sehingga penting sekali untuk memilih matras yang memiliki ukuran yang sesuai dan pas dengan ranjang bayi tersebut. 

Jangan sampai nantinya ada celah di sisi boks bayi. Hal tersebut akan menimbulkan risiko cedera atau bahkan mati lemas pada bayi karena bisa jadi bayi akan terjepit di sela rongga antara matras dan boksnya.


  1. Usahakan Mencari Matras yang Memiliki Sertifikat dan Tahan Air

Seperti pada umumnya, bayi baru lahir pasti akan menghabiskan sebagian besar waktu untuk tidur. Sehingga sangat mungkin zat kimia yang berada di dalam matras menempel pada tubuh bayi dan menjadi sumber racun.

Maka sebelum membeli matras, usahakan untuk memperhatikan baik-baik label yang ada pada kemasannya. 

Usahakan juga untuk memilih merek matras yang telah memiliki sertifikasi keamanan bahan kimia pada matras seperti dari Mothercare.co.id yang sudah terjamin keamanannya. Atau, Anda juga bisa langsung bertanya kepada penjual mengenai bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam pembuatan matras tersebut.

Selain bersetifikat, usahakan juga untuk memilih matras yang tahan air karena bayi biasanya akan sering mengompol di tempat tidur. 

Dengan matras yang tahan air, maka matras akan bersifat tahan lama dan tidak mudah rusak. Lalu, Anda juga bisa melapisi permukaan matras dengan perlak atau alas ompol dan seprai agar bayi tetap merasa nyaman.


  1. Usahakan Untuk Membeli yang Baru

Mungkin Anda menerima matras bekas turunan dari sepupu atau keponakan. Namun, apabila Anda kurang bisa membersihkannya dengan baik, bisa jadi bakteri dan jamur pada matras bekas tersebut akan tetap ada dan berkembang biak di sana. Maka dari itu, usahakan untuk membeli yang baru agar menjaga kesehatan dan kenyamanan si kecil.

Namun, setelah membeli, Anda bisa mengangin-anginkan terlebih dulu agar bau bahan kimia barang baru tersebut bisa hilang.

Dari keempat saran yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa memilih matras bayi sesuai dengan selera Anda di Mothercare.co.id. 

Ada beberapa harga matras bayi yang ditawarkan, seperti:

  1. MOTHERCARE 70 X 140CM COT BED SPRING INTERIOR MATTRESS WITH SPACETEC AND COOLMAX FRESHFX seharga 3,6 juta rupiah.
  2. Red Castle Cocoonababy seharga 3,5 juta rupiah.
  3. Mothercare Coolplus Spring Cot Bed Mattress seharga 1,8 juta rupiah.
  4. MOTHERCARE 38 X 89CM CRIB SQUARE END SAFESEAL FOAM MATTRESS WITH SPACETEC AND COOLMAX FRESHFX seharga 450 ribu rupiah.
  5. MOTHERCARE AIRFLOW FORAM CRIB MATTRESS seharga 450 ribu rupiah.

Selain 5 matras di atas, masih ada beberapa produk lainnya yang bisa Anda kunjungi di Mothercare.co.id. Yuk, temani tidur anak dengan nyaman dan aman bersama Mothercare!



 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.