5 Teknik Mudah Mendapatkan Backlink untuk Optimasi Website

 


Backlink merupakan sebuah link atau tautan yang terdapat pada sebuah laman website dan mengarah ke website atau situs lainnya. 

Namun hal ini tak bisa dianggap sepele, karena link ini memiliki banyak peran penting bagi sebuah website. 

Itulah mengapa peran jasa backlink saat ini juga sangat dibutuhkan demi optimasi website yang jauh lebih baik dan efektif.


Cara Mendapatkan Backlink

Pasti Anda bertanya-tanya bagaimana caranya agar bisa mendapatkan backlink? Mengingat fungsinya yang begitu penting bagi sebuah website. 

Maka dibutuhkan strategi yang tepat untuk mendapatkan link tersebut. Berikut ini adalah 5 teknik mudah yang bisa dilakukan saat harus mencari backlink berkualitas untuk sebuah website.


1.  Ciptakan Konten yang Berkualitas

Pada dasarnya cara termudah untuk mendapatkan backlink yang berkualitas adalah dengan meningkatkan kualitas konten dari website itu sendiri. 

Ciptakanlah website dengan konten-konten yang bagus dan bermanfaat. Jika kontennya bermanfaat maka lebih banyak peluang traffic meningkat dan hal ini akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak backlink.

Pertama-tama, pilih dulu gaya atau konsep yang ingin dihadirkan pada sebuah website. 

Pahami siapa target audiens dari website Anda kemudian ciptakan konten-konten yang padat dan berkualitas. Tingkatkan terus kualitas konten yang Anda hasilkan agar peluang mendapatkan backlink berkualitas juga semakin terbuka.


2.  Buatlah Guest Post

Strategi berikutnya yang bisa dicoba adalah membuat guest post. Ini merupakan sebuah tulisan atau konten yang ditulis untuk situs lain. 

Imbalan yang Anda dapatkan dari guest post ini adalah backlink menuju situs milik Anda sendiri. 

Cara ini cukup banyak digunakan karena biasanya tanpa biaya dan cukup efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis website yang memasang tarif tertentu untuk penulisan guest post.

Bagi Anda yang memang ingin melakukan strategi ini, pastikan dulu bahwa niche website tempat Anda menulis guest post sudah tepat. 

Usahakan niche-nya sesuai sehingga tulisan atau konten yang dihasilkan lebih mudah untuk diunggah di sana.


3.  Gunakan Jasa Tepercaya

Jika sulit untuk mendapatkan backlink secara natural, maka tak ada salahnya menggunakan jasa. 

Saat ini Anda bisa menemukan banyak jasa backlink yang menawarkan kualitas bervariasi. Pilihlah jasa yang tepercaya dan berkualitas sehingga bisa menghadirkan tautan atau link yang kredibel.

Sebelum bekerja sama dengan jasa semacam ini, Anda sebaiknya paham betul bagaimana cara kerja dari backlink. 

Anda juga harus tahu seperti apa kriteria backlink yang berkualitas untuk website. Jadi, Anda bisa mendapatkan hasil terbaik meskipun prosesnya dibantu oleh jasa profesional.


4.  Pakailah Tools yang Tepat

Tak hanya bisa menggunakan jasa, Anda juga bisa memanfaatkan tools. Di era digital seperti sekarang ini, mulai banyak tools yang bisa membantu Anda untuk menemukan tautan yang berkualitas.

 Misalnya saja Ahrefs yang dipercaya paling populer untuk dipakai menemukan backlink berkualitas. 

Lewat penggunaan teknologi seperti ini, tentunya pencarian link jadi jauh lebih mudah dan cepat.


5.  Manfaatkan Content Sharing Platform

Strategi lain yang juga layak dicoba adalah gunakan content sharing platform. Saat ini ada banyak platform yang mengusung konsep tersebut. 

Sebut saja ada Kompasiana, Hipwee, dan Reddit. Di platform ini, Anda bisa menulis artikel yang berhubungan dengan niche di website Anda. 

Nantinya Anda bisa mendapatkan backlink dari konten yang sudah ditulis tersebut.

Demi mendapatkan tautan yang tepat untuk website Anda, pastikan untuk lebih cermat dan selektif. 

Jika memang harus memakai jasa backlink, pilihlah yang berkualitas dan sudah punya banyak pengalaman. Jangan lupa, terus tingkatkan kualitas website dengan mengunggah konten-konten yang menarik.


Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.