5 Situs Link Shortener Terbaik yang Perlu Dicoba


Ada beragam pilihan situs link shortener terbaik yang bisa dicoba saat ini. Tetapi, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan link shortener ini? Pernahkah Anda mencoba sebelumnya?


Link shortener atau pemendek link merupakan suatu aplikasi yang berfungsi untuk mengonversikan sebuah link yang semula panjang menjadi sebuah link yang sederhana, dengan kata lain, pemangkas/pemendek link.


Mengapa harus dikonversi? Tentu agar link tersebut mudah dibagikan ke sosial media maupun aplikasi chatting. Toh, lebih mudah untuk mengingat dan lebih nyaman melihat link pendek bukan? 


Ohiya, aplikasi pemendek link atau URL ini biasanya berupa website sehingga bisa diakses dengan mudah, kapanpun, dan dimanapun. Selama website link shortener tersebut aktif atau online.


Dilansir dari aneiqbal.com, situs pemendek link terpopuler di dunia saat ini adalah bitly.com. Penggunaannya yang mudah dan sederhana serta dapat digunakan secara gratis merupakan beberapa alasan mengapa bitly menjadi favorit dunia.


Lantas, kira-kira situs link shortener apa saja ya yang terkenal dan difavoritkan oleh orang-orang di seluruh dunia? Berikut adalah ulasannya.


1. Bitly


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bitly merupakan situs pemendek URL terfavorit di dunia. Untuk mengaksesnya, Anda dapat mengunjungi alamatnya di bitly.com.


Situs ini menawarkan kesederhanaan tampilan dan kemudahan dalam penggunaan namun tetap terlihat bagus dan berfungsi dengan baik. Satu lagi, GRATIS. Tidak salah jika disukai oleh banyak orang di seluruh dunia.


Situs ini biasa dimanfaatkan untuk mengonversi link google drive atau link google form yang seperti kita tahu bahwa kedua link tersebut cukup panjang. Ingin tahu caranya? Silakan lihat panduan cara membuat link bitly google drive.


2. TinyURLcom


Link shortener berikutnya adalah TinyURL, yang dapat diakses melalui alamat tinyurl.com. Bisa dikatakan, situs pemendek link ini adalah yang tertua dan merupakan pelopor link shortener.


Link panjang yang dikonversikan menjadi link pendek melalui TinyURL tidak akan kadaluarsa nantinya sehingga dapat diakses kapanpun. Jadi, tidak perlu cemas dengan broken link atau linknya menjadi rusak. Sama seperti bitly, TinyURL juga dapat digunakan secara bebas biaya alias gratis.


3. Tiny URL


Sekilas memang tampak mirip namanya dengan situs pemendek link sebelumnya. Hanya beda spasi saja dan tidak ada kata “com” di belakangnya. Situs link shortener yang satu ini bernama Tiny URL dan dapat diakses melalui alamat tiny.cc.


Tiny URL juga dapat digunakan secara gratis. Namun, jika Anda membutuhkan kustom link pendek, Anda cukup membayar $5 untuk setiap bulannya. Fitur menarik lainnya adalah Anda bisa melihat bagaimana performa link pendek yang Anda buat, seperti CTR (click through rate), lokasi pengklik, dan browser yang digunakan.


4. Rebrandly


Website link shortener terbaik berikutnya adalah Rebrandly yang beralamat di rebrandly.com. Situs yang satu ini juga dapat digunakan secara gratis.


Fitur menarik yang ditawarkan oleh situs ini adalah kita bisa mengubah link utama pemendeknya menggunakan brand yang kita miliki. Di samping itu, kita juga dapat memonitor bagaimana performa link-link yang sudah dibuat sebelumnya.


5. Cuttly


Situs link shortener terbaik yang paling akhir adalah Cuttly. Situs pemendek link ini dapat kita akses melalui alamat cutt.ly.


Selain dapat digunakan secara gratis, Cuttly menyediakan versi premium dengan biaya $25 per bulan. Kenapa mahal dibanding yang lain? Sebab fitur-fitur yang disediakan juga cukup banyak. Misalnya, melihat performa link, membuat team kerja, branded domains, link management, dan masih banyak lagi.


Itulah lima situs link shortener atau pemendek URL/link terbaik di dunia yang perlu Anda coba. Rasanya sayang bukan jika ada sesuatu yang gratis dan bermanfaat untuk kita tetapi tidak dimanfaatkan? Selamat mencoba!

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.