Hidangan Istimewa Keluarga Bersama Omela

 


Hai Fams, punya hidangan istimewa buat keluarga nggak? Istimewa? Iya. Karena pada dasarnya setiap keluarga itu memiliki hidangan istimewa buat keluarga tercintanya. Sama seperti keluarga saya yang sangat mengidolakan hidangan Coto Makkasar.


Coto Makkasar? Hah serius? Pasti pada tidak percaya kan kalau coto Makkasar menempati urutan pertama dalam hidangan istimewa pada keluarga kami. Bukan soto Semarang ataupun soto Banjar. Hihihi pasti pada bingung kenapa bisa coto Makkasar yang menjadi idola pertama kan? Padahal keluarga besar kami tak ada satupun berasal dari suku Bugis atau memiliki bisnis kuliner Makkasar.


Tapi itulah suatu hidangan, kalau sudah terlanjur cinta maka orang bisa apa? Hihihi.


Kenapa Coto Makkasar




Coto Makkasar merupakan makanan khas Makkasar yang terbuat dari daging sapi dan jerohannya. Ada hati, usus, limpa, babat, dan paru. Namun bila tidak menyukai jerohannya maka bisa hanya dengan menggunakan daging saja. 


Rasanya tuh khas banget, dengan berbagai rempah-rempah pilihan serta bumbu masak yang sudah pasti membuat rasa coto Makkasar begitu otentik. Coto Makkasar di zaman dahulu kala merupakan hidangan bagi para Raja, tak heran kalau rasanya begitu istimewa.  


Di keluarga saya setidaknya satu bulan sekali biasa memasak hidangan yang sangat istimewa ini. terlebih bila sedang ada acara keluarga, baik arisan maupun pengajian. Coto Makkasar menjadi menu wajib di keluarga kami. Saya lebih memilih memasaknya sendiri ketimbang beli. Selain terjamin rasa, kwalitas juga lebih puas memakannya. 


Kreasi Resep Coto Makkasar Bersama Omela


Kuah Coto Makkasar merupakan perpaduan dari kaldu daging, jerohan serta berbagai rempah-rempah dan berbagai bumbu tradisional yang khas. Ditambah lagi dengan kacang tanah yang sudah di blender halus serta yang harus ada adalah omela krimer kental manis. 


#GantiCaraMasak dengan Omela


Pada umumnya penggunaaan krimer kental  manis hanya digunakan untuk minuman saja. Namun krimer kental manis Omela ini dapat digunakan pada makanan yang kita masak lho. Nggak percaya? Cobain deh, dapatkan rasa yang makin istimewa , tekstur masakan yang luar biasa nikmat istimewa.


Dan siap-siap deh mendapatkan pujian dari semua orang yang merasakan masakan kita. Pasti bakal banyak yang bertanya, kog bisa seenak ini sih? hihihi. Pasti dong kan pakai Omela!


Sekedar informasi ya fams, Omela Krimer kental manis ini bukan termasuk susu kental manis ya. Bahan baku pembuatannya adalah sukrosa, bubuk whey,air, minyak nabati, butter milk bubuk, penstabil nabati, laktosa, ekstra krim dan pengatur keasaman. 


Ada dua ukuran Omela Krimer yang dapat kalian pilih yaitu kemasan kaleng ukuran 370 gram dan 490 gram. Tergantung pada seberapa banyak masakan yang akan kita hidangkan. Karena saya biasanya hanya memasak buat keluarga kecil saja maka ukuran kemasan 370 gram sudah cukup. Namun kalau saya ingin memasak buat menjamu teman-teman arisan maka saya akan menggunakan kemasan kalaeng yang 490 gram. 


Alasan kenapa memilih Omela krimer kental manis


Pada awalnya saya mencoba-coba untuk memasukan Omela Krimer Kental Manis ini ke dalam masakan Coto Makkasar saya sebagai pengganti resep yang memasukan air bekas cucian beras.


Karena katanya Omela memiliki rasa gurih dan lezat, dapat digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman, penganan dan masakan. Dan bener dong, saya malah mendapatkan rasa yang lebih mantap. Sejak saat itu saya terus menerus menambahkan Omela krimer kedalam masakan saya. 


Kreasi Masakan Istimewa Coto Makkasar dengan Omela





Bahan utama

-1/2 kg daging sapi potong dadu

-1/2 kg jerohan daging sapi


Bumbu – bumbunya

-3 batang serai, pilih yang bagian putihnya saja.

- 2 ruas lengkuas

- 1 ruas jahe

- 6 lembar daun jeruk

- 6 lembar daun salam

- kayu manis 5 cm

- 2 buah bunga sisir


Bumbu yang dihaluskan

-1/4 kg kacang tanah. Sangrai, lalu blender halus. Sisihkan.

-5 Butir kemiri

- 1 sdt ketumbar

-1 sdt medical

- 1 sdt jintan.

-1/4 biji pala

-  10 siung bawang merah

- 10 siung bawang putih


Bahan pelengkapnya

-Sambal Tauco, kalau tidak ada sambal biasa juga nggak papa.

-Daun bawang dan daun seledri dipotong halus

-Bawang merah goreng

-kerupuk

-Ketupat atau Buras




Cara membuatnya

- Rebus daging sapi . Setelah mendidih sebentar kira-kira 2 menit buang air rebusan daging. Lalu cuci Bersih daging . Rebus lagi sampai daging empuk. Sisihkan kurang lebih 500 ml air untuk dicampurkan dengan Omela.

- Rebus hati, paru, babat, usus, limpa. Buang air rebusannya 2-3 Kali Untuk menghilangkan aroma kurang sedap di rebusan terakhir masukan sedikit garam, lengkuas, daun Salam Dan serai. Rebus sampai empuk.

- Tumis bumbu halus sampai benar-benar matang. Lalu setelah daging sudah agak empuk masukan bumbu ke dalam rebusan daging. 

- Masukan juga paru, hati, babat, limpa, ke dalam rebusan daging tersebut. 

- Terakhir masukan larutan Omela, kacang halus, garam, gula serta penyedap rasa. Koreksi rasa.


Cara Penyajian

- Tata potongan daging, hati, paru, babat, ke dalam mangkok Saji. 

-  Beri bawang goreng, daun bawang, daun sop.

- Siram dengan kuah Coto Makkasar. Hidangkan dengan ketupat ataupun Buras. 


Penutup

Kreasi hidangan istimewa Coto Makkasar bersama Omela siap dihidangkan. Yuks, ganti cara masak dengan Omela, masakan dan minuman jadi luar biasa, aroma menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa. Semoga bisa jadi ide usaha makanan kamu!





6 komentar

  1. Oalaahh coto makassar nya pake susu omela toh, nah kalau hidangan seperti ini jadinya menu sehat ya.

    BalasHapus
  2. mbaak makasi resepnya, pakai omela coto makassar nya makin lemak dan enak pasti nih uuu syedap

    BalasHapus
  3. Kreasi masakan atau kuliner bersama omela dan coto makasarnya perlu dicoba lain kesempatan

    BalasHapus
  4. Wahh senengnya dapat resep Coto Makasar dari Mbak Aisyah.
    Perlu dicoba nih, sekalian dengan kreasi Omela-nya.

    BalasHapus
  5. Mbak Aisyahhhh ... makasih banget resepnya, Ini langsung dipraktekin di menu makan minggu depan pastinya. Apalagi pas banget Coto makassar buat yang sedang flu. Ternyata rahasia kelezatannya, ada bantuan dari Omella juga ya.

    BalasHapus
  6. Lho kemana saja aku mba.... ternyata biikin coto Makassar itu pake kental manis to? Btw Omela rasa manisnya enak sih. Idola dipakai di warung martabak manis.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.