Pembelian Rumah dengan Sistem KPR Kalkulator dan Perhitungannya

 


Harga jual rumah atau aset properti saat ini bisa dibilang semakin melambung tinggi. Hal ini menyebabkan banyak orang kesulitan untuk mendapatkan aset rumah impian mereka. 


Terutama untuk generasi muda/milenial yang mungkin sulit menjangkau harga rumah atau properti yang terlampau mahal. Apalagi disaat krisis karena Covid-19 beberapa tahun belakangan ini.


kalau kita mau berusaha bukan berarti tak ada pilihan kog. Sini aku Beri tahu kalau ada pilihan solusi yang bisa diambil dalam kondisi seperti ini yaitu KPR. 


Namun sebelumnya, cuss kepoin caraku dalam mengambil keputusan dalam perhitungan jual beli Real Estate agar tidak salah, biasanya aku akan Menggunakan perhitungan Mortgage Calculator.uk


Apa Itu KPR?


Oh ya, Sebelum bertanya-tanya, Mari Kita berkenalan dulu dengan KPR. Jadi KPR merupakan kependekan dari Kredit Pemilikan Rumah. 


Dari artinya saja sudah bisa diketahui bahwa KPR merupakan sebuah program kredit atau pinjaman untuk membeli rumah. 


Sistem pembelian rumah dengan KPR ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat sejak lama dan saat ini semakin populer seiring dengan bertambahnya peminat.


Sesuai dengan namanya, sistem pembelian rumah ini memberlakukan kredit atau cicilan. Artinya kamu tidak akan membayar tunai rumah atau aset properti yang ingin dibeli. 


Pembayaran akan dilakukan secara berkala dengan sistem cicilan atau kredit tiap bulan. 


Hal ini jugalah yang membuat KPR sangat diminati karena terasa ringan dan mempermudah siapa saja yang ingin memiliki hunian.


Namun penting juga untuk diketahui bahwa pembelian rumah dengan KPR ini juga memiliki konsekuensi. Jika Anda yakin ingin membeli rumah dengan metode KPR, maka Anda harus siap menanggung kewajiban membayar cicilan. Nantinya Anda akan diminta untuk membayar uang muka dan dilanjutkan dengan cicilan secara berkala.


Mengapa Beli Rumah Lewat KPR?

Sistem pembelian rumah melalui KPR ini memiliki banyak kelebihan. Di luar konsekuensi cicilan yang harus ditanggung oleh pemilik rumah, ada banyak keuntungan yang bisa dinikmati jika membeli rumah dengan sistem KPR.


Berikut adalah beberapa kelebihan KPR yang perlu dipahami sebagai bahan pertimbangan:


1.   Beban Biaya Lebih Ringan

Dari segi biaya, tentu bebannya terasa jauh lebih ringan. Ingat, lebih ringan namun tidak lebih murah. Murah tidaknya masih tergantung pada jenis properti yang dibeli serta beban cicilan yang dipilih. 


Namun dari segi beban biayanya memang terasa jauh lebih ringan. Lebih ringan karena Anda tidak harus mengeluarkan uang cash dalam satu waktu.


Sistem cicilan yang diberlakukan pada KPR membuat beban biaya ini terasa jauh lebih ringan. Anda bisa mengalokasikan dana pembelian rumah untuk membeli perlengkapan lainnya. Pelunasan rumah bisa dilakukan secara bertahap dan terasa lebih menguntungkan.


2.   Memiliki Legalitas

Sistem pembelian rumah dengan KPR ini sudah dijamin legal, khususnya jika memang Anda mendapatkan persetujuan dari bank yang tepercaya. 


Perlu diketahui bahwa pembelian rumah dengan sistem KPR akan difasilitasi oleh pihak bank pemberi pinjaman. Jadi, pilihlah bank yang kredibel dan menawarkan nilai bunga realistis sehingga sistem pembelian rumah ini terasa semakin menguntungkan.


3.  Lebih Fleksibel

Membeli rumah pakai KPR akan terasa jauh lebih fleksibel. Fleksibel karena Anda bisa menentukan jumlah cicilan dan jangka waktu pelunasan. 


Bagi sebagian orang, fleksibilitas semacam ini sangat dibutuhkan. Terutama jika Anda bukan tipe orang yang punya dana besar dalam satu waktu. Proses cicilan yang lebih fleksibel terasa jauh lebih ringan karena bisa disesuaikan kebutuhan juga kemampuan.


Sejak awal pembelian rumah, Anda bisa fleksibel menentukan pilihan. Jika ingin mendapatkan KPR, maka Anda akan diminta untuk membayar uang muka. Besarnya uang muka pun bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda pada saat itu. Jadi tidak akan terasa berat karena bisa disesuaikan dengan bujet pribadi.


4.  Bisa Jadi Aset Investasi

Pembelian rumah dengan sistem KPR akan membantu Anda memiliki aset investasi dengan mudah. 


Perlu diketahui bahwa harga aset properti terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Jika Anda membeli lebih dini, maka harga aset tersebut bisa meningkat di masa depan dan ini akan memberi Anda keuntungan. Apalagi jika tujuan semula memang menjadikan rumah tersebut sebagai investasi.


Berapa Biaya KPR?


Mungkin akan banyak sekali muncul pertanyaan, berapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk membeli rumah dengan sistem KPR? Jawabannya sangat bervariasi karena bagaimanapun juga biaya pembelian rumah dengan metode KPR akan dipengaruhi oleh berbagai faktor.


Biaya KPR bisa dipengaruhi oleh pihak developer yang menentukan harga, pihak bank yang menentukan bunga, dan biaya-biaya lain yang dibutuhkan. 


Itulah mengapa sangat penting untuk mencari banyak referensi mengenai biaya KPR ini. Penting juga untuk berkonsultasi secara langsung dengan pihak bank dan developer agar perhitungan biaya bisa lebih akurat.


Perlu dipahami juga bahwa ada beberapa elemen penting yang berhubungan dengan total biaya KPR. Jadi saat mempersiapkan diri untuk mengajukan KPR, Anda harus mempertimbangkan biaya-biaya tersebut. Berikut adalah beberapa komponen biaya yang terlibat di dalamnya:


    Biaya Booking

Pihak pengembang atau developer biasanya akan memberlakukan biaya booking. Ini merupakan biaya pemesanan yang menjadi jaminan bahwa pembeli akan melakukan pembelian rumah dengan metode KPR. Biaya booking ini besarnya ditentukan oleh developer dan akan hangus jika ternyata bank tidak menyetujui pengajuan KPR.


    Uang Muka atau Down Payment

Berikutnya ada biaya DP atau down payment atau uang muka. Ini merupakan biaya yang dibayarkan di awal pembelian rumah. Biaya DP ini besarnya sangat tergantung pada pilihan atau putusan dari pembeli. Pihak bank akan menawarkan beberapa nominal DP yang kemudian diikuti dengan biaya cicilan. Jika DP sudah tinggi maka biaya cicilan akan jadi semakin ringan.


    Pembayaran Notaris

Selanjutnya ada biaya notaris yang juga dibutuhkan dalam pembelian rumah dengan sistem KPR. Dalam sistem pembelian rumah seperti ini dibutuhkan langkah untuk mengurus legalitas. Salah satunya adalah dengan mendatangi notaris agar dibuatkan surat-surat lengkap kepemilikan rumah. Biaya notaris sepenuhnya akan menjadi beban dari pembeli rumah.


    Biaya Tambahan

Saat memutuskan untuk membeli rumah dengan sistem KPR, Anda harus selalu mempersiapkan biaya tambahan. Ini merupakan biaya yang dibutuhkan untuk mengurus hal-hal lainnya. Misalnya saja biaya renovasi maupun biaya pengembangan jika pembangunan rumah belum sesuai dengan ekspektasi. Besarnya biaya tambahan tentu sangat bervariasi tergantung kondisi.


Perhitungan KPR


Mengingat ada banyak komponen biaya dalam KPR, maka penting sekali untuk melakukan perhitungan secara rinci dan akurat. 


Perhitungan KPR kini semakin mudah dilakukan dengan adanya Kalkulator KPR yaitu MortgageCalculator.uk. Melalui laman website tersebut, Anda bisa melakukan perhitungan KPR secara efektif dan cepat.


Pengajuan KPR memang harus direncanakan baik-baik. Orang yang mengajukan KPR harus benar-benar membuat perhitungan agar tidak terjadi gagal bayar di masa depan. Besar DP dan cicilan harus diperhitungkan secara cermat. Itulah mengapa Kalkulator KPR ini sangat dibutuhkan.


Penggunaan Kalkulator KPR ini sangatlah mudah. Anda tinggal memasukkan data-data sesuai kolom yang tersedia. Termasuk biaya DP dan jangka waktu. Nantinya akan dihitung berapa banyak jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Dari sini Anda bisa melakukan analisis dan mengetahui apakah memang KPR tersebut sesuai dengan kemampuan atau tidak.


Kalkulator KPR ini akan sangat membantu siapa saja untuk mengajukan KPR. Perhitungan bisa berjalan lebih cepat dan hasilnya juga akurat. Sangat efektif untuk memperhitungkan biaya KPR dan membantu Anda melakukan persiapan pembelian rumah dengan baik.

 


11 komentar

  1. Nah orang tuh banyak lupa nyiapin biaya kpr ini. Ingetnya cuma nyiapin DP padahal biaya ini lumayan loh

    BalasHapus
  2. KPR memang jadi salah satu solusi bagi yang ingin memiliki rumah tapi dana yang dimiliki terbatas. Ternyata ada beberapa komponen biayanya juga ya selain DP. Saya kira cukup siapin DP aja, terus nanti dibantu pihak developer dan marketing bank.

    BalasHapus
  3. Adanya KPR ini membantu banget untuk orang2 yang pingin punya rumah tp biaya terbatas. Sejak ada program ini perumahan2 menjamur, deh ...

    BalasHapus
  4. Sebagai mantan pengguna KPR saya yakin ini akan membantu sekali. Kalau dulu saya dan suami kebingungan sendiri, cukup enggak ya nanti setelah bayar cicilan buat hidup. Kini ada kalkulator KPR, perhitungan KPR secara efektif dan cepat pun bisa dilakukan.

    BalasHapus
  5. kalo ngomong soal rumah, emang pas banget buat yg belum punya rumah, apalagi buat mereka yg masih ngincer rumah impian. thanks bgt nih mba, udah sharing kpr kalkulator saat beli rumah

    BalasHapus
  6. KPR sangat membantu mereka yang membutuhkan tempat tinggal

    daripada ngontrak ya mending beli

    mau beli cash, gak cukup uangnya, untung ada KPR ^^

    BalasHapus
  7. Bener banget mbak, menjadikan rumah sebagai investasi memang hal yang ciamik. Apalagi bisa dikatakan harganya malah terus naik ya

    BalasHapus
  8. Nah, ternyata banyak juga yang perlu disiapkan ya, tidak asal punya buat DP saja. Makasih mb, ini menjadi pencerahan kalau suatu saat mengambil KPR jadinya sudha siap

    BalasHapus
  9. Penting memperhatikan managemen pembelian rumah menggunakan model perhitungan, disesuaikan kemampuan dan kebutuhan rumah.

    BalasHapus
  10. Selain DP masih ada biaya lainnya yang harus diperhitungkan ketika mau membeli rumah dengan sistem KPR ya

    BalasHapus
  11. Harus diakui zaman sekarang kalo gak KPR susah punya rumah yg dianggap layak. Kalo punya rumah sepetak aja mungkin bisa ya mba, tapi kan orang kalo bikin rumah buat jangka panjang dan kalo bisa ya buat selamanya. Sangat membantu kalo setiap calon pembeli mengetahui hitung-hitungan KPR, apalagi kalo dibantu dengan kalkulator KPR seperti ini.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.