Tak Wajib Mahir Coding, Begini Cara Membuat Website Mudah Untuk Pemula

 

Cara Membuat Website mudah


Apakah kamu sedang mencari cara membuat website sederhana yang cepat dan mudah? 

Kali ini kamu telah menemukan artikel yang tepat. Website kini mulai banyak digunakan banyak orang untuk berbagai kepentingan.

Mulai dari usaha online hingga catatan harian, website adalah laman yang dianggap cocok sekaligus bisa memberikan banyak keuntungan. 

Namun, banyak yang enggan membuat website karena menganggap cara buatnya cukup rumit dengan adanya coding. Padahal tanpa coding pun, website tetap bisa dimiliki, lho.


Cara Membuat Website Sederhana, Mudah dan Cepat


Sekali lagi, kini semakin mudah membuat website tanpa menggunakan coding. Bagaimana caranya? Kamu bisa membaca panduan selengkapnya di bawah ini;


   Tentukan Jenis Website


Langkah pertama yang harus kamu ketahui sebelum  mengetahui teknis cara membuat website adalah menentukan jenis website yang akan dibuat.  Seperti apa konsepnya akan terbayang apabila kamu tahu jenis website yang digunakan.


Hal ini penting karena akan berpengaruh pada pemilihan paket web hosting, domain dan tema yang akan digunakan. Ada beberapa jenis website yang bisa dipilih. Misalnya website toko online, website pribadi, situs berita atau portofolio.


   Tentukan Platform Website


Kesulitan yang banyak dirasakan saat akan membuat website adalah coding pembuatannya. Padahal tanpa coding pun website bisa dibuat. 


salah satu platform yang bisa digunakan tanpa coding adalah WordPress. Bahkan membuat website dengan ini pun tidak akan mengeluarkan biaya alias gratis. Tak heran banyak orang yang menggunakan platform ini. Perusahaan besar pun mulai banyak yang menggunakannya.


Untuk menggunakan WordPress, kamu cukup hanya perlu sekali klik instalasi, memasukkan nama, deskripsi website dan memilih templete.


   Pilih Hosting dan Nama Domain


Meskipun menggunakan website WordPress gratis, tetap saja kamu harus mengeluarkan sedikit biaya untuk membeli domain dan menyimpan data website di hosting. Domain dan hosting diperlukan karena keduanya ibarat alamat untuk website yang kamu buat.


Domain memiliki fungsi sebagai alamat website sehingga orang bisa dengan mudah mengakses website yang kamu buat.


Saat membuat domain gunakan kata yang mudah diingat dan dieja. Buat nama domain yang padat, singkat dan jelas. Terpenting adalah sesuaikan nama domain dengan citra yang ingin kamu bangun.


Install WordPress dan Sesuaikan Tampilannya


Cara membuat website selanjutnya adalah menginstall WordPress. Namun, jika kamu membeli hosting ke jasa penyedia hosting tidak perlu menginstallnya secara manual. Sebab biasanya akan disediakan fitur auto install WordPress untuk memudahkan dalam membuat website.


   Optimasi Pengaturan Website


WordPress yang baru saja kamu install masih termasuk versi default sehingga pengaturannya masih dasar. Oleh sebab itu, dibutuhkan optimasi pengaturan untuk menghasilkan website yang optimal.


Sebelum melakukan optimasi, terlebih dahulu kamu harus login ke dashboard WordPress. Caranya adalah sebagai berikut;


  Buka www.domainanda.com/wp-admin

  Masukkan ussername dan password dengan benar

  Admin area WordPress telah terbuka


Setelah berhasil login, kamu akan diarahkan ke dashboard WordPress. Di sinilah nantinya kamu bisa mengakses semua fitur yang tersedia. Mulai dari tema, konfigurasi, plugin dan lain sebagainya.


Secara tampilan WordPress pun dianggap lebih menarik dibandingkan dengan platform lainnya. Penggunaannya yang mudah dan sederhana membuat semakin banyak orang yang menggunakannya.


Serangkaian cara membuat website sederhana dengan cepat dan mudah tersebut, tidak akan ada artinya apabila kamu tidak langsung mempraktekkannya. Caranya yang mudah dilakukan pastinya tidak akan membuat kamu butuh waktu lama untuk memiliki website impian.

 


Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.