Aplikasi untuk Membuat video Pembelajaran Matematika

Sumber: news.detik.com


Pandemi yang tak kunjung usai, membuat banyak guru-guru berinovasi untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada murid-muridnya. Salah satunya menggunakan video pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan. Pembelajaran jarak jauh menjadi kendala antara murid dan guru dalam proses penyampaian materi, guru perlu membuat alternatif baru agar murid-murid dapat memahami materi yang disampaikan. 


Membuat video pembelajaran dapat menjadi solusi bagi guru dalam menyampaikan materi di masa pandemic ini, namun dalam membuat video pembelajaran juga menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Sudah cukup banyak contoh pendidikan formal yang menyediakan berbagai cara pembelajaran online menarik yang bisa dicontoh.


Apalagi pelajaran matematika yang membutuhkan penjelasan secara detail mengenai proses hitung-hitungan dan hasilnya, maka dibutuhkan instrumen yang dapat menunjang proses penyampaian materi tersebut. Meskipun dalam kondisi jarak jauh, guru harus dapat membuat alternatif yang lain agar materi dapat dipahami oleh murid. Karena pelajaran matematika, jika tidak menggunakan oret-oretan rasanya seperti kurang mantap, apalagi jika sedang membahas bentuk pecahan sederhana.



Namun, kesenjangan teknologi di rentang usia guru-guru yang sudah tua menjadi kendala dalam pembuatan konten video bagi murid-muridnya. Selain itu, banyak aplikasi pengeditan video yang rumit untuk digunakan, sehingga menjadi penghambat guru dalam penyampaian materi.


Saat ini guru dituntut untuk dapat memutar otak dalam membuat materi pembelajaran agar dapat diterima muridnya. Lalu apakah ada aplikasi pembuatan video pembelajaran yang kreatif dan mudah? tentu saat ini sudah tersedia aplikasi-aplikasi yang mudah digunakan untuk membuat video yang mudah dan kreatif. 

Aplikasi pembuatan video kreatif bagi pengajar matematika

Saat ini tidak perlu khawatir dan risau karena sudah banyak sekali aplikasi pembelajaran online yang mudah dan kreatif. Ada banyak pilihan dan model pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengajar. Adapun aplikasi yang dapat digunakan antara lain:


1. Power point


Power point merupakan salah satu aplikasi dari Microsoft office yang sudah tersedia di laptop, sehingga tidak perlu lagi untuk mendownloadnya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk presentasi maupun proses pengajaran yang membutuhkan proses penjelasan. Sebaiknya siapkan materi terlebih dahulu yang ingin disampaikan dalam presentasi. 


Alangkah baiknya sampaikan poin-poin penting saja agar pembelajaran tidak terasa monoton. Di power point ini pengajar dapat menyisipkan rekaman suara maupun gambar hitung-hitungan yang ingin disampaikan pada pelajar. Selain itu juga terdapat animasi, yang dapat digunakan untuk membuat tampilan presentasi menjadi lebih ringkas dan menarik. Materi dalam power point dapat disesuaikan sendiri sesuai dengan kebutuhan. 


2. Kinemaster


Aplikasi Kinemaster ini adalah aplikasi pembuatan video secara gratis, yang dapat diunduh di Play store maupun Apps store secara gratis. Kinemaster juga cukup populer saat ini, pasalnya banyak Youtuber maupun Konten creator yang menggunakan aplikasi ini.


Selain mudah digunakan Kinemaster juga dapat membuat video secara cepat, karena sudah tersedia banyak fitur pendukung yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan video. Maka dari itu banyak pihak yang memakai Kinemaster dalam membuat video pembelajaran. Tenang saja, bagi yang masih bingung, dapat melihat di YouTube tentang tutorial penggunaan Kinemaster.


3. VivaVideo


Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah VivaVideo, aplikasi ini dapat diunduh di Play store maupun Apps Store secara gratis. VivaVideo dapat digunakan untuk mengedit video, banyak juga fitur-fitur yang dapat digunakan untuk melengkapi editan video agar terlihat menarik.


Sebelum membuat video pastikan pilih lokasi rekaman yang terang dan kalau bisa gunakan clip on agar suara dapat terdengar dengan jelas, lalu sesuaikan kamera dengan posisi yang sesuai dengan objek yang ingin ditampilkan, misalnya seperti papan tulis ataupun kertas oret-oretan.


4. Power Director


Aplikasi pembuatan video pembelajaran yang selanjutnya yaitu PowerDirector, sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini seperti YouTuber dan Konten Creator, karena banyak menyediakan fitur-fitur yang menarik yang dapat digunakan untuk menghasilkan video secara keatif. Cukup mudah dalam penggunaan aplikasi ini, bagi yang masih bingung, tutorial penggunaanya sudah banyak tersedia di YouTube.


5. FilmoraGo


Aplikasi pembuatan video yang terakhir adalah FilmoraGo, aplikasi ini juga terdapat banyak fitur-fitur yang dapat mendukung dalam proses pembuatan video, FilmoraGo merupakan aplikasi pembuatan video gratis, dimana aplikasinya dapat didownload di Play store dan Apps store. Dengan menggunakan aplikasi ini dapat membuat tampilan video lebih menarik, namun yang paling penting adalah materi ataupun penjelasan pelajaran dapat tersampaikan dengan baik.


Kelebihan menggunakan media video dalam pembelajaran matematika


Kondisi pandemi saat ini membuat banyak sektor yang terdampak, salah satunya pendidikan. Namun, manusia tidak akan menyerah dengan keadaan, justru dengan adanya pandemi saat ini adalah dapat membuat semua orang melek akan kecanggihan teknologi.


Maka proses pembelajaran pun dapat disampaikan melalui rumah, dan dimanapun, agar pelajaran tidak terasa membosankan, maka proses penyampaian materi dapat disampaikan dengan video secara menarik dan tidak monoton, selain itu penggunaan media video dalam penyampaian materi juga dapat diulang-ulang pelajar dengan mudah, selanjutnya video materi pembelajaran dapat dibagikan dengan mudah seperti melalui YouTube, Instagram, Tik Tok, serta media sosial yang lain.


Demikian penjelasan aplikasi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran yang menggunakan hitung-hitungan sepeti matematika, dengan media ini makan dapat memudahkan guru maupun pelajar dalam memahami materi. Semoga bermanfaat bagi pembaca yaa.

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.