Yuk, Cicipi 5 Makanan Daerah yang Unik dan Enak


Kalau berbicara tentang makanan daerah, sudah pasti tidak ada habisnya. Mulai dari sejarah, bahan, rasa, tekstur, dan cerita-cerita unik dibaliknya.


Maka tak heran kalau disebut makanan daerah adalah pemersatu bangsa karena sifatnya yang universal.

 

Indonesia memiliki ikon makanan daerah dari tiap kota. Misalnya Jakarta dengan soto Betawi, Palembang dengan pempek, dan Papua dengan papedanya. 


Tapi dibalik ikon tersebut, ada beberapa makanan unik yang patut dicoba. Rasanya tentu tidak kalah enak dengan ikon makanan yang mewakili suatu daerah. Penasaran?

 

Di bawah ini ada beberapa kota besar di Indonesia dengan makanan daerahnya masing-masing. Yuk, simak di bawah ini!

 

Bali


Pulau Dewata menawarkan beragam kuliner Bali yang enak tapi juga unik. Selain ayam betutu dan sate lilit yang terkenal, Bali juga memiliki masakan yang jarang ditemukan seperti blayag raja dari Buleleng. 


Makanan ini terbuat dari ketupat yang disiram dengan bumbu dan dinikmati dengan rempeyek. Atau sambal bongkot yang berisi irisan bunga kecombrang, cabai, dan bawang. Rasanya pedas dan wanginya harum menyegarkan.

 

Kendari


Makanan dari Sulawesi Tenggara rata-rata memiliki aroma rempah tajam dengan rasa asin, pedas, dan asam yang kuat. Provinsi asal atlet Apriyani Rahayu ini memiliki berbagai masakan seperti ikan dole, yaitu ikan tenggiri yang dicampur kelapa muda. 


Lalu ada pula kasuami yang berbahan singkong lalu dibentuk segitiga. Selain itu, ada sinonggi, masakan suku Tolaki yang kini sudah sulit ditemukan.

 

Palu

Jika Anda berkesempatan ke Sulawesi Tengah, jangan lupa untuk wisata kuliner di sana. Palu terkenal dengan hidangan bubur tinutuan yang memiliki banyak sayuran di dalamnya. 


Selain bubur tinutuan, Anda bisa mencicipi onyop. Onyop memiliki cita rasa asam dari perasan jeruk lemon sehingga hidangan ini segar untuk dinikmati. Ada pula sup kaledo yang berisi daging sapi dan sumsum tulang yang direbus untuk menghasilkan kaldu.

 

Lombok


Nama Mandalika akhir-akhir ini terkenal karena perhelatan MotoGP bulan Maret 2022 ini. Lokasi Mandalika Lombok sendiri tepatnya di Kuta, Pujut. 


Di sana, terdapat masakan beberuk terong yang terbuat dari terong gelatik dengan rasa pedas manis. Bergeser sedikit ke Lombok Timur, terdapat masakan poteng jaje tujak yang berarti tape jajan tumbuk. Hidangan ini biasanya dijadikan santapan saat Idul Fitri.

 

Riau

Riau memiliki daftar hidangan yang unik dan kaya rempah. Contohnya seperti mi lendir. Dikatakan lendir karena kuah kacangnya yang kental dengan mi kuning, toge, telur rebus, dan potongan cabe rawit. 


Makanan unik lainnya adalah es laksamana mengamuk. Nama unik ini karena dahulu kala ada seorang laksamana yang mengamuk lalu menodongkan pedang sehingga ada buah kweni yang jatuh. Dari situlah muncul minuman buah kweni dicampur santan, gula, dan es batu.

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.