3 Tips Cara Membuka Whatsapp yang Terkunci dengan Sidik Jari

 


Hampir semua orang menggunakan aplikasi komunikasi Whatsapp saat ini. Dilengkapi berbagai fitur, Whatsapp kini dapat dikunci dengan menggunakan sidik jari. Namun apa jadinya jika tanpa sengaja terkunci? Simak cara membuka Whatsapp yang terkunci dengan sidik jari, jangan panik dulu ya.


Whatsapp telah memberikan fasilitas keamanan yang bagus untuk digunakan para penggunanya. Salah satunya dengan mengunci aplikasi komunikasi ini dengan cara menempelkan sidik jari atau finger print.


Maka setiap kali kita akan membuka aplikasi ini, kita diharuskan mengusapkan jari kita di layar HP agar aplikasi terbuka dengan mengenali sensor jari si pemakai.


Setelah kita menempelkan sidik jari, maka akan terbukalah Whatsapp dan kita data mengakses dan menggunakannya seperti biasa.


Namun ada kalanya Whatsapp mengalami masalah yang kemungkinan akan terjadi, yaitu aplikasi tidak mau terbuka atau tidak bisa diakses walaupun kita sudah mengsapkan jari di layar HP.


Simak tiga tips cara membuka Whatsapp yang terkunci dengan sidik jari di bawah ini.

 

Saat kita akan membuka Whatsapp dan ternyata mengalami error, jangan panik dulu, kita dapat segera melakukan tiga cara berikut untuk mengatasi dan membuka kembali aplikasi Whatsapp yang terkunci tanpa perlu repot-repot ke service center.


1. Menghapus pola sidik jari yang telah terekam di HP

 

Menghapus rekam jejak sidik jari di HP dapat kita ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :


   Pilih pengaturan di HP

   Pilih menu keamanan yang biasanya terletak di bagian bawah layar pengaturan

   Pilih sidik jari, lalu centang sidik jari untuk menghapus sidik jari yang telah terekam dalam memori HP

   Selanjutnya akan muncul pilihan verifikasi keamanan untuk menggnati sidik jari dengan pengaturan pola layar kinci di HP

   Pilih menu finger print, lalu pilih lambang atau ikon hapus, ketuk bagian tersebut untuk menghapusnya

   Kemudian akan muncul notifikasi untuk mengkonfirmasi menghapus sidik jari keamanan tersebut

   Pilih iya untuk melanjutkan

   Selesai, silahkan membuka Whatsap tanpa perlu menggunakan sidik jari

 

2. Menggunakan login dengan nomor telepon

 

Selain cara di atas, ada cara membuka Whatsapp yang terkunci dengan sidik jari dengan cara yang lebih sederhana.

Namun perlu diketahui, cara di bawah ini adalah dengan melakukan registrasi awal seperti saat kita mulai pertama kali menggunakan Whatsapp.

Jadi sangat perlu untuk menyimpan dan mengalihkan data-data yang ada di aplikasi Whatsapp terlebih dahulu ke platform lain seperti Google Drive.

Data-data seperti foto, dokumen, video maupun rekaman harus dipindahkan dulu, karena kita akan mereset Whatsapp kembali ke semula.

   Pilih pengaturan di HP

   Pilih menu manager atau pengelola aplikasi

   Pilih lambing Whatsapp untuk menuju aplikasinya

   Ketuk pilihan penyimpanan

   Ketuk hapus penyimpanan

   Selesai, maka kita bisa membuka aplikasi Whatsapp seperti awal kembali, dengan login mengunakan nomor telepon yang digunakan saat mendaftar, itulah mengapa kita harus menyimpan terlebih dahulu semua data-data yang telah tersimpan sebelumnya

 

3. Menghapus instalasi aplikasi Whatsapp di HP

 

Hal terakhir ini merupakan cara membuka Whatsapp yang terkunci dengan sidik jari dengan mudah. Unsintal aplikasi Whatsapp di HP seperti halnya kita mencopot atau membuang aplikasi lain yang sudah tidak kita pergunakan lagi.

Setelah Whatsapp kita uninstall dengan sempurna, kemudian kita menuju aplikasi Google play store dan cari aplikasi Whatsapp.

Pilih Whatsapp untuk kemudia kita install ulang.

Setelah itu lakukan pendaftaran awal seperti biasa dengan memakai nomor telepon yang ingin kita gunakan di Whatsapp.

Akan ada verifikasi OTP melalui SMS ke nomor telepon, lalu kita masukkan dan aplikasi Whatsapp dapat kita gunakan seperti biasa.

Untuk menghindari terjadinya error kembali, kita dapat megabaikan pilihan keamanan dengan menggunakan sidik jari, dengan menggnatinya dengan pola layar saja.


Penutup


Demikian 3 tips cara membuka Whatsapp yang terkunci dengan sidik jari diatas dapat kita jadikan rujukan jika mengalami error saat akan mengakses Whatsapp yang tidak bisa dibuka secara normal.


 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.