5 Langkah Keren untuk Memulai Kebebasan Finansial dan Pensiun di Usia Muda



Menjadi  financially independent retire early adalah idaman semua orang. Dengan usia yang masih muda dan memiliki kebebasan finansial, tentunya ada banyak hal yang bisa dilakukan. Untuk mencapai tahapan ini memang harus kamu persiapkan sejak dini dan melalui tahapan yang matang.


Berikut ini adalah tiga tips dari Grant Sabatier yang menuliskan buku financial freedom: A Proven Path to All the Money You Will Ever Need serta beberapa tips tambahan yang bisa kamu jadikan panduan. Grant memiliki pendapat bahwa setiap orang bisa pensiun muda apabila mereka mengusahakannya dan bekerja keras dalam waktu 10 tahun. 

Simak sama-sama, yuk!


1.  Fokus pada Peningkatan Pendapatan


Tempat pertama yang bisa kamu berdayagunakan untuk meningkatkan pendapatan adalah tempat kamu bekerja saat ini. Ambil seluruh keuntungan penuh yang ditawarkan oleh perusahaan tempat kamu bekerja saat ini, termasuk di dalamnya tunjangan perawatan kesehatan. Pastikan kamu dibayar layak atas pekerjaan yang dilakukan, oleh karena itu jangan segan melakukan negosiasi gaji.


Namun sebelumnya, buatlah riset berapa gaji layak yang harus kamu terima dengan kualifikasi yang ada saat ini sebagai seorang karyawan. Tak banyak orang yang sadar bahwa karyawan yang memiliki kinerja tinggi memiliki posisi tawar terhadap perusahaan.


Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menghasilkan uang tambahan dengan mencari pekerjaan tambahan dengan jumlah waktu yang ada saat ini. Uang yang kamu kumpulkan dari pekerjaan tambahan tersebut sangat berarti lho buat kamu mencapai kebebasan finansial, tentunya asal diolah dengan benar melalui investasi sehingga bisa tumbuh berkali lipat.


2.  Kurangi Pengeluaran Sebisa Mungkin


Bagi banyak orang di Indonesia pengeluaran bulanan terbesar biasanya terletak pada biaya makan dan sewa properti, ataupun cicilan rumah. Oleh karenanya, cara tercepat supaya penghasilan kamu bisa diinvestasikan sebanyak mungkin adalah memotong biaya pengeluaran yang tidak perlu. 


Sebagai contoh, apabila kamu setiap harinya terbiasa makan di restoran mahal atau minum kopi susu dengan harga yang cukup menguras kantong, ada baiknya kamu mengurangi kebiasaan tersebut. Selain lebih aman di kantong, kamu juga bisa mengalihkan pengeluaran tersebut untuk investasi tambahan.


Apabila biaya sewa apartemen atau kos-kosan dirasa cukup memberatkan pengeluaran, tidak ada salahnya kamu pindah ke tempat kos atau apartemen yang harganya lebih murah. Alternatif lainnya adalah kamu bisa menyewa kamar atau apartemen dengan teman kamu sehingga biaya sewanya jadi lebih murah.


Bayangkan saja apabila biaya sewa apartemen yang tadinya Rp 2 juta per bulan bisa dipangkas menjadi hanya Rp 1 juta per bulan, pastinya ada banyak dana yang bisa dialokasikan ke investasi dan mempercepat kebebasan finansial kamu serta pensiun muda sesuai dengan impian selama ini.


3.  Selalu Termotivasi


Membuat diri selalu termotivasi untuk memiliki kebebasan finansial adalah hal yang mutlak. Caranya bagaimana supaya tetap termotivasi? Sebagai contoh, kamu bisa melihat rekening bank terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Dengan rajin mengecek rekening kamu setidaknya sekali sehari dan melihat jumlah yang semakin banyak, bisa dipastikan gairah dan motivasi untuk terus mengumpulkan pundi-pundi dan berinvestasi juga semakin terjaga.


Jadi tidak hanya di awal-awal saja terbakar motivasi, melainkan sampai mencapai tujuan keuangan yang diinginkan. Nah, kamu bisa tetap menjaga motivasi untuk mencapai financially independent retire early dengan menjadi member Ternak Uang. 


Melalui aplikasi Ternak Uang kamu akan belajar merencanakan keuangan mulai dari nol dengan ditunjang puluhan modul dan riset. Kamu bisa belajar secara  interaktif dengan berbagai narasumber terpercaya yang senantiasa memotivasi tekad kamu untuk pensiun di usia muda.


Untuk menjadi member, ada voucher promo khusus yang bisa digunakan untuk pembaca blog ini yaitu: TUBLOGGER1. Dengan promo ini kamu bisa mendapatkan diskon 15% saat daftar menjadi member nanti.


4.  Membuat Perencanaan Keuangan yang Bagus


Tips lain yang bisa membuat kamu cepat mencapai kebebasan finansial adalah dengan membuat perencanaan keuangan yang bagus. Ingat pendapat Grant Sabatier, setiap orang punya potensi  untuk bisa mencapai kebebasan finansial setelah kurang lebih 10 tahun berproses. Nah, oleh karena itu ada baiknya membuat rencana keuangan yang terbagi atas jangka pendek dan jangka panjang.


Pastikan semuanya mematuhi asas minimal untuk investasi 20% total penghasilan bulanan, dan rasio utang tidak melebihi 30%. Akan lebih baik lagi apabila tidak memiliki utang sama sekali, karena 50% penghasilan bisa langsung masuk ke pos investasi. Pundi-pundi investasi kamu pastinya akan semakin banyak dan cepat berkembang.


5.  Berbisnis Sejak Dini


Semua orang kaya di dunia pasti mengaminkan bahwa berinvestasi terhadap saham-saham yang menguntungkan dan jeli melihat pasar adalah salah satu hal yang harus dimiliki untuk mendapatkan kebebasan secara finansial. Cara lain yang bisa kamu tempuh adalah mulai berbisnis sejak dini. Di zaman digital yang serba canggih ini banyak jutawan tumbuh karena strategi bisnisnya yang bagus.


Banyak anak muda kaya di Indonesia saat ini memulai keberhasilannya dengan berbisnis menjual makanan secara online dan menawarkan aneka jasa lain secara digital. Intinya memulai usaha dan tekun berbisnis sejak dini bisa jadi salah satu kanal yang bisa kamu tempuh untuk meraih tujuan keuangan. Maka dari itu gali potensi diri yang terdalam, temukan apa value utama yang bisa kamu jadikan landasan untuk berbisnis.

 

Bagaimana, apakah tips bebas secara finansial cukup sulit untuk dijalankan? Hanya dibutuhkan tekad dan konsistensi sih sebenarnya. Kamu bahkan bisa mencapai tujuan ini tanpa salah jalan setelah bergabung membership di Ternak Uang selama kurang lebih 1 tahun untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian dalam mengelola keuangan kamu.

Dengan menjadi member selama satu tahun kamu bisa mendapat akses terhadap 300 lebih video pembelajaran personal finance, investasi, dan event-event besar kapanpun dan dimanapun. Yuk ikuti tahapan financially independent retire early dengan jadi member!

You Might Also Like

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.