Tips Mencari Domain Murah dan Berkualitas

Tips Mencari Domain Murah dan Berkualitas



Dalam membuat suatu website ataupun blog yang baik dan terpercaya, perlu adanya nama Domain sebagai kunci utama bagi para pemilik website. Namun banyak sekali orang yang masih bingung ketika mendengar istilahnya.


Domain sebenarnya merupakan nama dari sebuah website dan identitas. Secara umum domain adalah alamat sebuah website. ketika mengunjungi alamat website di internet terdapat pada bagian akhir nama website seperti .id,.com,.org dan lainnya.


Jika diibaratkan secara sederhana, situs web hosting merupakan sebuah rumah dan domain adalah alamat rumahnya, dengan begitu akan mengantar pembaca menuju rumah ataupun website. 


Pada dasarnya domain merupakan sebuah bentuk sederhana dari alamat IP yang terdiri dari kombinasi angka yang sangat rumit. Menghafalkan alamat IP dengan kombinasi angka cenderung lebih rumit, oleh karena itu menggunakan domain akan mempermudahnya.


Domain memiliki fungsi utama untuk mengidentifikasikan sebuah web hosting atau secara sederhana sebuah jembatan yang akan menghubungkan pengunjung ke sebuah website.

Selain itu juga dapat melacak keberadaan sebuah website di dunia internet yang sangat luas. Untuk mendaftarkannya cukup sederhana, anda hanya perlu memilih nama yang unik dan berbeda dari nama website lain, karena nama domain tidak boleh sama agar lebih mudah untuk dilacak oleh internet. 


Berikut ini beberapa fungsi dan tips mencari domain murah.


Fungsi Domain

Domain bukan hanya sebagai nama website dan branding saja. Tetapi banyak sekali fungsi lain dari Domain yang penting untuk dimiliki.

1. Sebagai alamat penghubung server

Berfungsi sebagai nama alias dari IP address komputer server yang berperan untuk menghubungkan pengguna dengan server tanpa perlu menghafal baris kode yang panjang dan rumit.

2. Sebagai identitas pemilik website

Selain itu juga berfungsi menjadi branding badi website untuk itu sebaiknya diman sesuai dengan visi misi dari website.

3. Mempermudah pengguna mengakses website

Nama yang singkat, unik dan mudah diingat akan membuat website lebih mudah untuk diakses pengunjung.


Tipe Domain


Domain sendiri memiliki banyak ekstensi yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan pemilik website, meskipun begitu tetap ada beberapa yang memerlukan persyaratan khusus, berikut ini 5 tipe untuk mendapatkan tips mencari domain murah dari jenisnya.


1. Top Level  Domain (TLD)

TLD merupakan salah satu jenis domain yang paling sering digunakan dan merupakan top level, penggunaannya juga bebas dan tidak bergantung pada suatu organisasi tertentu. Contohnya seperti .com,.net,.org,.edu.


2. Country Code Top Level Domain(ccTLD)

ccTLD merupakan domain yang biasa digunakan untuk menggambarkan kode dari negara tertentu. Situs yang menggunakan domain ini biasanya milik negara tertentu atau sengaja digunakan untuk menargetkan pengunjung dari negara yang dipakai.


3. Generic Top Level Domain (gTLD)

Generic Top Level Domain paling umum digunakan dan memungkinkan eberbagai macam pengguna menggunakannya, contoh domain ini seperti, com,.net,.org,.xyz,.name dan lain-lain.


4. Sponsored Top Level Domain (sTLD)

sTLD merupakan jenis domain yang bersponsor dan dipergunakan untuk suatu komunitas tertentu dan harus mengikuti aturan tertentu, contoh domain ini seperti, .edu,.asia,.mil dan lain-lain.


5. Second Level Domain(SLD)

Second Level Domain merupakan domain yang menggambarkan alamat website lebih rinci dan khusus dari situs yang hendak dikunjungi, contohnya seperti, .co.id,.ac.ud,.co.uk dan lain-lain.


Tips Mencari Domain Murah dan Berkualitas




Tips mencari domain murah dan berkualitas saat ini mungkin menjadi sebuah tantangan bagi para pemilik website baru. Berikut ini tips untuk mencari domain murah dan berkualitas agar mendapatkan kepercayaan pengguna.


1. Pilih ekstensi domain yang tepat

Pada mulanya, ekstensi pertama domain yang tersedia adalah.com namun seiring berjalannya waktu, ekstensi domain semakin berkembang sesuai dengan keperluan masing-masing pihak. 

Berikut beberapa ekstensi sesuai dengan keperluannya.

- .com

Merupakan ekstensi paling populer yang termasuk dalam domain gTLD dan dapat digunakan oleh semua bisnis. 

 .net

Termasuk tipe domain gTLD dan biasa dipakai oleh website jaringan dan aplikasi.

-   .org
Tipe gTLD yang biasa digunakan oleh website organisasi ataupun komunitas.

- .site
Masuk ke dalam tipe NgTLD dan merupakan ekstensi yang biasa dipakai pada website yang berisikan konten kreatif.

- .tech
Domain yang termasuk dalam NgTLD

-   .edu
Termasuk dalam sTLD dan digunakan untuk website instansi pendidikan.

- .id
Ekstensi .id digunakan untuk website yang berlokasi di indonesia termasuk dalam ccTLD.

- .ac.id
Academy Indonesia digunakan oleh website yang berfokus pada akademis seperti universitas atau sekolah termasuk dalam domain ccTLD.

-   .co.id
Ekstensi corporation Indonesia termasuk dalam domain ccTLD dan dapat digunakan oleh website perusahaan yang berlokasi di Indonesia.


2. Pakai nama yang memiliki kata kunci


Penggunaan domain dengan kata kunci atau keyword akan membuat website lebih mudah dicari dan masuk kedalam algoritma Google dengan begitu web akan lebih sering di akses oleh pengguna internet.

Selain menggunakan keyword, hal ini juga bisa membuat website tidak perlu melakukan branding secara khusus sehingga pencarian juga dapat menjadi lebih optimal.


3. Buat dengan singkat dan jelas


Membuat domain yang singkat dan jelas dapat membuat pengguna lebih mudah mengingat nama website. semakin singkat maka pengguna akan semakin mudah mengingat dan mengakses website.selain itu pemilihan nama domain yang dipakai juga perlu jelas.

Untuk memilih nama yang baik, sebisa mungkin hindari penggunaan huruf yang berulang karena hal ini dapat membuat pengguna menjadi bingung.


4. Buat menggunakan merk dagang

Ketika menjual atau memasarkan barang, akan lebih baik untuk menggunakan nama website yang mengandung merk dagang. Selain terlihat lebih trendy, hal ini juga memiliki kekuatan pencitraan yang tinggi di mata masyarakat maupun hukum.dengan penggunaan nama sesuai dengan merk juga dapat mencegah pihak lain yang berani menggunakan nama domain yang sama atau melakukan plagiat.


5. Gunakan topik tertentu yang luas

Untuk mengembangkan bisnis baru, memperluas produk dan layanan yang disediakan dapat membantu mengembangkan bisnis dengan pesat dan tidak terduga-duga. Pilihlah topik tertentu yang memiliki artian luas, penggunaan nama yang menarik perhatian pengguna juga diperlukan.

Tips Tempat Pemesanan Domain Murah dan Berkualitas


Banyak tempat yang menyediakan tempat pemesanan domain dengan harga murah tetapi kurang berkualitas atau harga yang mahal tapi kualitas yang tidak sebanding dengan harga. Berikut ini tips mencari domain murah dari tempat pemesanan yang berkualitas.

- Pilih tempat pemesanan yang aman

Pilih tempat pemesanan domain yang aman dan terpercaya serta sudah memiliki banyak pengalaman serta ulasan yang baik.

-Pilih tempat pemesanan yang memiliki support tanggap

Dalam memilih tempat pemesanan domain, pilihlah tempat yang memiliki bantuan support yang cepat dan tanggap sehingga ketika mengalami masalah, permasalahan yang dialami dapat ditangani dengan cepat.

-Pilih tempat pemesanan yang dapat mengaktifkan dengan cepat

Selain cepat tanggap, pilihlah tempat yang memiliki waktu pengaktifan yang singkat dan hanya dalam hitungan menit.

Untuk Cek Domain murah dan berkualitas kamu perlu memahami tipe website yang akan dibuat, pemilihan nama dan keyword yang sesuai serta mencari penyedia yang murah, aman, terpercaya, cepat tanggap dan jangka pengaktifan yang cepat.

Demikian Tips mencari domain yang murah dan berkwalitas dari saya, semoga dapat diambil manfaatnya ya teman-teman




8 komentar

  1. Mencari dan memilih domain emang tricky, sih. Sampai sekarang masih suka pakai .com karena harganya stabil dan cukup terjangkau. Barusan dengan kabar yang .id akan naik sampai 300ribuan.

    BalasHapus
  2. Baru tau kalo domain banyak jenisnya, aku taunya TLD doang, hehe.. Jadi inget pas dulu galau milih domain buat blog sendiri, akhirnya pilih yang com karena harganya stabil.

    BalasHapus
  3. Hehehe untung ada dapet tips cari ala ternak. Sekarang katanya ada wacana hosting naik juga yah. Kalau domain aku lebih suka yang dot com sih.

    BalasHapus
  4. Nggak tau kenapa masih nyamannya pakai .com, sempat tertarik buat nyobain . Lainnya tapi kayak nggak sreg akhirnya tetep pilih .com

    BalasHapus
  5. Iya loo..
    Aku kemarin jadinya beli domain dengan namaku lagi... Ternyata kudunya yang mengandung keyword yaa.. Nanti bikin lagi kapan-kapan.
    Hihii...dan alhamdulillah, gak worry kalau sudah pesan di Niagahoster.

    BalasHapus
  6. aku kmarin juga baru beli domain buat blogku yang kedua. tampaknya ada masalah karena pas akses menggunakan www malah error. ehm.. bener sih kalo kita bikin domain yang mudah diingat untuk brand kita y mbak

    BalasHapus
  7. Penting banget nih memilih nama domain yang pendek, mudah di ingat dan sekaligus bisa jadi personal branding kita.

    BalasHapus
  8. Sip, terima kasih untuk tips memilih domainnya yaa... dulu pertama kali bikin domain, yang kepikiran ya cuma pake nama diri sendiri hehehe.. ternyata lebih bagus kalau ada keywordnya ya.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.