Contoh CV Lamaran Kerja Sederhana, Tetapi Menarik dan Mudah Dibuat

 

Contoh CV lamaran kerja


Bagi pencari lamaran kerja, Curiculum Vitae yang disingkat CV atau daftar riwayat dalam bahasa Indonesia merupakan hal yang sangat penting. 


Dari sini, mereka yang akan merekrut pekerjaan dapat melihat kemampuan dan memperkirakan penempatan. 


Sayangnya, tidak semua orang dapat membuat curicullum vitae yang baik, sehingga kadang tidak dapat memanfaatkannya. Contoh CV lamaran kerja sederhana, tetapi menarik dan mudah dibuat menjadi pembahasan pokok.


Bagaimana seharusnya, CV dibuat? Haruskah ditulis tangan seperti dahulu? Apa saja yang bisa dimasukkan ke dalamnya? Artikel kali ini akan membahasnya secara singkat.


Hal yang Harus Ada di CV


CV secara sederhana dapat digambarkan sebagai penerjemah hidup Anda secara singkat. Hanya dengan melihatnya saja, HRD atau pemberi pekerjaan dapat melakukan evaluasi dan mempertimbangkan, apakah Anda cocok bagi mereka.


Meski mempunyai pendidikan cukup tinggi dan prestasi bagus, ternyata tidak semua orang mampu dapat membuat CV yang bagus. Padahal contoh CV lamaran kerja sudah banyak di internet.


CV sendiri tidak harus ditulis tangan. Kini banyak aplikasi yang menuntun Anda membuat CV lebih menarik dan bagus. Yang penting di dalamnya ada hal-hal berikut ini.


Identitas Diri


Identitas diri, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, alamat (termasuk email), dan telepon wajib ada di dalam CV.


Selain itu, Anda dapat juga mencantumkan  link hidup agar pembacanya dapat mengetahui informasi lengkap, misalnya linked. Bahkan, link fb atau Instagram juga dapat dituliskan jika di dalamnya menggambarkan kemampuan dan hal-hal yang ditonjolkan sebagai pencari kerja.


Pendidikan


Pendidikan memang perlu dituliskan, tetapi tidak perlu semua, karena sering kali tidak efektif.


Pendidikan formal dapat dituliskan mulai jenjang SMA. Sementara itu, pendidikan informal dan lainnya dapat dituliskan dengan branding diri. Jika Anda ingin dikenal sebagai penulis, maka pendidikan seputar pelatihan kepenulisan yang sudah diakui bisa dicantumkan.


Kemampuan


Selain pendidikan, kemampuan juga harus dituliskan. Meskipun demikian, tidak selelu harus ditulis secara jelas. Kemampuan biasanya sudah tergambarkan dari pendidikan, pengalaman kerja, dan prestasi.


Pengalaman Kerja


Pengalaman kerja sebaiknya ditulis dalam tiga tahun terakhir. Namun, jika Anda merupakan fresh graduate, pengalaman ini bisa diisi dengan pengalaman organisasi atau magang yang berhubungan denga pekerjaan yang diminati.


Prestasi dan Sertifikasi


Prestasi dan sertifikasi sangat penting ditambahkan. Prestasi yang dimaksud harus yang mempunyai hubungan dengan pekerjaan. Begitu pula sertifikasi profesi tertentu yang menunjukkan kompetensi Anda sudah diakui secara resmi melalui serangkaian tes.


Informasi Tambahan


Informasi dan tambahan, seperti hobi dan referensi pihak ketiga juga dapat dimasukkan jika ada. Keduanya harus yang berhubungan dengan pekerjaan atau tujuan pembuatan CV.


Ini yang Harus Diperhatikan dari Contoh CV Lamaran Kerja


Sudah dikatakan di atas, contoh CV lamaran kerja dapat ditemui dengan mudah. Namun, tidak semuanya tepat dan bagus.


Ada hal-hal yang harus Anda perhatikan, sebagai berikut.


  1. Kalimat Aktif

Penulisan CV sedapat mungkin menggunakan kalimat aktif. Beberapa orang meyakini kalimat ini menunjukkan keaktifan dan kreativitas Anda terhadap pekerjaan.


  1. Menonjolkan Kemampuan

Semua isi CV menonjolkan kemampuan sesuai tujuan. Anda ingin diterima sebagai IT sebuah perusahaan, yang harus ditonjolkan adalah semua pendidikan, prestasi, dan sertifikasi di bidang ini.


  1. Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Meski format CV sudah berubah, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar masih harus menjadi perhatian. Anda harus benar dalam menuliskan huruf besar kecil, di kata depan dan kata sambung, dan lainnya. Kecerdasan bahasa dapat menjadi pertimbangan besar dalam pekerjaan.


  1. Tidak Berlebihan

Ingat, CV tidak perlu berlebihan, baik dari isi dan desain. Anda tidak perlu menuliskan pendidikan dan prestasi sejak SD. Ini akan terkesan bertele-tela dan membuang waktu pembaca. Isilah data sesuai keperluan.


Tidak berlebihan kedua adalah desain CV. Apalagi saat ini banyak template dari aplikasi. Pilih yang sesuai dengan diri Anda dan memudahkan orang lain membacanya.


  1. Menampilkan Informasi yang Benar

Terakhir, tentu saja Anda harus membuat CV yang menampilkan informasi sesungguhnya. Jangan sampai Anda ketahuan memberikan informasi palsu setelah bekerja. Ini akan menjadi masalah tersendiri dan Anda dinilai tidak jujur.

Itulah sedikit tips dalam membuat contoh CV lamaran kerja yang sederhana tetapi menarik. Dengan mengikuti hal-hal tersebut, Anda dapat menggunakan CV sekaligus untuk beberapa keperluan lain, seperti mengajukan beasiswa. Selamat mencoba dan sukses!

 

 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.