Resep Ikan Bakar Kecap Khas Balikpapan


Tinggal lama di kota Balikpapan, mau tak mau membuat lidah saya berubah haluan. Awalnya yang sukak banget dengan aneka ayam,bebek, kambing dan sapi berubah menjadi fall in love dengan aneka seafood. 


Terlebih memiliki suami yang hobi banget mincing, alhasil stock ikan di dalam frezzer selalu tersedia.


Saya begitu dimanjakan dengan aneka ikan kerapu, kakap, sopa-sopa, baronang bahkan aneka ikan di air tawarpun juga selalu ada seperti nila, gurami, lele, papuyu, lele dll. Apalagi ibu mertua memang hanya bisa mengkonsumsi ikan. 


Jadi mau tak mau sebagai menantu saya akan terus berusaha menyenangkan hati mertua dengan mencoba aneka masakan berbahan dasar ikan.


Ikan Bakar Bumbu kecap ciri khas Balikpapan.


Ikan bakar memang  tidak hanya melulu bisa dibuat pakai kecap manis saja. Ikan bakar ini dapat dipadukan dengan bumbu kecap manis pedas, kecap kacang tanah, bumbu dabu-dabu dll. Namun memang menu ikan bakar bumbu kecap manis pedas menjadi salah satu menu andalan di dapur keluarga kami.


Selain  dapat membelinya di restoran tempat makan langganan, kamu bisa membuat ikan bakar sendiri di rumah. Selain terasa lebih aman, sehat, bersih sudah pasti rasanya nggak akan kalah lezat daripada yang dijual di restoran.


Dengan memasaknya sendiri, kita pun bisa menyesuaikan takaran bumbu yang dipakai. Kamu bisa menggunakan bumbu special warisan keluarga seperti campuran kecap manis cap yang biasa kita pakai sejak lama, bawang merah premium, cabai yang fresh dan baru dipetik sehingga rasanya lebih nampol, dan jeruk nipis/limau kuit untuk membuang aroma amis pada ikan. 


Satu hal yang jangan sampai terlupakan  yaitu daging ikan disayat-sayat terlebih dahulu sebelum dimasak, supaya bumbu meresap hingga ke dalam.


Resep Ikan Bakar Kecap Pedas Manis 


Bahan dan Resep ikan bakar

- 1 ekor ikan. kalian bisa memilih ikan Kakap merah, Kakap hitam, Trakulu, Sopa-sopa, Patin, Nila, Mujair dll. rata-rata jenis ikan tersebut memang sangat enak apabila memasaknya menggunakan resep ikan bakar

- Ikan dibersihkan, siangi potong belah punggung jangan sampai putus

- Kerat-kerat ikan. Beri perasan jeruk nipis atau jeruk limau. Sisihkan 5-10 menit.

- Buang sisa air yang tersisa dari ikan.

 

Bahan bumbu halus buat Ikan bakar

4 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, ketumbar haluskan beri sedikit garam lalu lumurkan pada ikan. Bakar perlahan sembari dioleskan sedikit minyak goreng

 

Bahan tambahan ikan bakar

4 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 5 buah cabai keriting, 5 buah cabai rawit, 2 butir kemiri, 1 sdt ketumbar bubuk, 1 ruas jahe,  1 sdt air asam Jawa, 1 sdm kecap manis, gula dan garam secukupnya di blender halus.

 

Bahan sambal Dabu-Dabu

- 5 butir bawang merah, iris

-10 buah cabai rawit, iris

-3 lembar daun jeruk, iris

-3 batang serai, iris

-1/2 sdt terasi

-1 sdt air perasan jeruk nipis

-5 sdm minyak kelapa

-1/2 sdt garam

-1/2 sdt gula

Semua bahan sambal diulek halus, beri kecap manis. Tambahkan sedikit garam dan penyedap rasa.

 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.