Meningkatkan Target Page View Bulanan Blog

 


Meningkatkan page view dalam suatu blog penting nggak? Penting nggak penting sih kalau menurut saya. Apabila tujuan blog teman-teman hanya untuk sharring, menuangkan isi hati  just like a diary book tentu saja page view bulanan bukanlah hal yang harus dikejar mati-matian.


Dah lah, kalau pujaan hati aja nggak perlu dikejar mati-matian kenapa pula page view suatu blog harus dikejar-kejar kan? Toh kalau bukan jodoh tak akan kemana-mana, ya kan?


Karena tak ada target page view bulanan yang harus dikejar, maka yang kita lakukan hanyalah menulis dan menulis. Tapi ingat menulislah yang baik, yang bermanfaat buat sesama, syukur kalau bisa menempati halaman muda agar curhat kita ada yang baca.


But don’t worry kalau tetep nggak ada yang baca tinggal gabung saja di Group Blog Walking Asyik. Kali-kali saja yang dicurhatin terpaksa baca (kalau pas 1 list waktu bw maksudnya) eh tapi ini bukan ngomongin seseorang lho. No baper-baper club ya koh. Eh tuh kan jadi sebut nama, maaf canda.

 

Pentingnya Target Page View Bulanan suatu Blog.

 

Page view kalau bagi saya seorang blogger yang masih membutuhkan cuan dari blog tentu saja page view bulanan blog sangatlah penting. Nggak muluk-muluk sih minimal target dari suatu job blog rata-rata dimulai dari angka 5000 view di google analitik. Bukan dimulai dari angka nol. Catet ya!!!


Meski nggak semua job menargetkan page view bulanan, namun tak ada salahnya mengusahakan yang terbaik buat blog kita. Selain DA, PA,DR, Alexa. Sudahlahlah kalau target minimal sudah dilampaui insyallah job akan berdatangan dengan sendirinya. Tapi kalau tetep nggak datang-datang mungkin amal ibadah kita kurang, atau mungkin circle pertemanan sesama blogger kita kurang.


Ya sudah kuy gabung di group bwa sajalah Insyallah  disana isinya para blogger garis lurus yang tak akan menyesatkan. Melenceng Ghibah dikit saja disemprit sama bapak penasehat Uda Fadli. Padahal kadang ghibah itu seru, ladang curcolnya emak-emak juga.


Nggak hanya support komen di blog. Kadang kalau urgent mau dapat support view story Instagram, like dan komen juga ada lho. Yang belum dicoba sih minta support youtube dan tiktok ntar kapan-kapan dicoba ah sekalian kepoin akunnya teman-teman bwa juga.


 By the way bwa buka link affiliate nggak sih? kayaknya saya sudah promoin beberapa kali tentang group ini di blog ini deh. Ya kan kali-kali saja kalau teman yang mendaftar lewat link rekomendasi dari saya dapat 50k gitu per orang kan lumayan banget ya 10 orang dapat 500k hihihi.


Back to topic ya, oot mulu dari tadi.


Dulu mengejar page view yang sesuai dimau oleh klien brand itu berat. Amat sangat berat, sudah bw kesana-sini tapi belum bisa memenuhi target. Asli jari-jari tangan saya rasanya sampai kebas karena kebanyakan mengetik komen menggunakan smartphone. Dalam sehari bisa ngelist 2-3 blog buat blog walking. Teman-teman ada yang sama dengan saya?


Selain target yang didapat nggak sesuai, ada lho yang bilang bw bisa bikin naik bounce rate tinggi. Ada juga yang bilang bikin spam score tinggi. Tapi apapun itu tidak akan membuat kecintaan saya pada blog walking luntur. Justru dari situ saya bisa menilai seseorang blogger dari tulisannya, dari komenannya di blog kita maupun di blog teman yang lain. Begitu juga dari chat group yang suka oot.


Saya jadi belajar bagaimana bersikap karena tak semua orang bisa easy going, ada yang baperan, ada yang nyap-nyap, ada yang mudah tersinggung, ada yang julid, ada yang sok tahu dan ada yang mudah sayang. Uhuks.


Ngomong-ngomong sayang, saya saat ini juga lagi sayang-sayangnya nih sama beberapa teman blogger. Cewek tapi lho ya. Bersyukur banget Allah mengirimkan para Angel yang MasyaAllah banget. 


Kenal awalnya dimana? Ya di BWA lah, meski awalnya akrab juga karena sering terlibat job bareng. Arisan bareng, ngerumpi bareng. Semoga Allah menguatkan persahabatan kami sampai nanti jadi nenek-nenek kalau kita masih tetap ngeblog hihihi.


Ops dari tadi mau bahas page view blog kog tetep oot sih? curiga saya ini tipe orang yang nggak bisa serius nih.


Oke jadi penderitaan saya mengenai page view blog sepertinya mulai berakhir semenjak setengah tahunan yang lalu. Kalau agency minta screen shot page view bulanan sudah bisa sombong dikit. Dikit lho ya bukan banyak. Kalau dibandingin dengan para master yang view harian saja sampai puluhan ribu saya hanyalah butiran debu rasanya.


Eh, Pada kepo nggak rahasianya apa page view bulanan saya kog bisa stabil?


Rahasianya sih hampir mirip yang dibahas dengan bang Doel di webinar beberapa hari yang lalu. Kalau mau jelasnya sih bisa tanya langsung ke beliau. No wa sih ada di group tapi nggak tahu boleh dikasihkan atau enggak. Atau kepoin saja sosmed dan blog nya deh, kali aja ada dibahas disana.


Tapi kalau sekedar mau tahu sedikit bahasan dari saya. Yang saya tangkap dari webinar kamis lalu, simak ya, mudahan kali ini serius menulisnya.

Persiapan dalam Membuat Konten

 

Riset keyword dulu bukanlah hal yang utama. Tapi setelah menerapkan riset keyword saya menemukan postingan saya beberapa di page one. Aih jadi bahagia bunga cinta bermekaran dihati, apalagi setelah di kirim email dari brand yang berujung kerja sama. I love it.


1.     Google Suggest

2.     Keyword Planner

3.     Ubersuggest

4.     Ahrefs

5.     Keywordtool.io

6.     Rankmath

 

Persiapan Setelah Membuat Konten

 

Jadi, kita nggak mau kan menulis asal tulis saja? Nulis panjang lebar tapi nggak ada yang baca. Ya iya gimana mau ada yang baca kalau terindex di google saja enggak. Satu yang diingat setelah upload post blog segera masukan link ke google search console. Yah anggap saja itu suatu laporan yang harus dilakukan. Meski kadang tanpa laporan ke GSC juga sudah terindex sih, tapi tak ada salahnya membuatnya menjadi suatu kebiasaan yang baik bukan?

 

Penutup

Gaees udahan ya, udah malem nih… sudah 921 kata aku nulis. Pada bosan bacanya kan? Besok-besok sambung lagi di part 2 yang lebih serius ya. Sudah jam 1 malam, mau vaksin juga besok… laki dah ngomel-ngomel nyuruh cepat istirahat … see you…

 

 

 

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.