Cara Menyesuaikan Strategi Instagram Marketing dengan Algoritma Instagram

Instagram


Setiap tahun algoritma Instagram terus mengalami perubahan demi dapat menyajikan konten-konten yang lebih relevan bagi penggunanya. Mulai dari tahun 2016 ketika mereka tidak lagi menampilkan urutan feed berdasarkan waktu posting, sampai dengan tahun 2021 dimana muncul fitur baru yaitu Instagram Reels untuk menyaingi platform media sosial tandingannya, TikTok.

 

Nah agar strategi konten kamu berhasil di Instagram, kira-kira hal apa saja sih yang bisa kamu lakukan agar konten kami bisa mendapat rekomendasi dari algoritma Instagram? Simak pembahasannya di bawah ini yaa!


1. Buat Konten yang Menarik


Agar konten kamu bisa berapa di urutan teratas feed followers mu, hal utama yang perlu kamu lakukan adalah konsisten dalam memposting konten yang bisa menarik banyak engagement seperti views, likes, comments, dan shares.

 

Untuk menentukan konten yang menarik untuk diposting, kamu bisa menggunakan fitur Instagram Insights untuk mengetahui kira-kira konten seperti apa yang pernah kamu posting dan mendapatkan paling banyak interaksi. Gunakan format konten tersebut untuk membuat konten-konten lain kedepannya.


2. Tentukan Jadwal Posting yang Konsisten


Memiliki jadwal posting yang konsisten juga penting untuk membangun audience dari akun Instagram kamu. Dengan membagikan postingan di waktu yang konsisten, followers Anda akan tahu kapan waktu kamu membagikan postingan baru.

 

Untuk menemukan waktu memposting terbaik, buka Instagram Insights dan klik tab “Audiens”. Pada bagian itu kamu akan mendapatkan banyak informasi, termasuk kapan waktu followers mu paling banyak online.


3. Meninggalkan Komentar di Postingan User Lain


Meninggalkan komentar pada postingan dari calon konsumen, influencer, dan akun bisnis lainnya bisa menambah jangkauan dari akun Instagram kamu. Saat meninggalkan komentar pada postingan user, pasitkan komentar kamu tidak merupakan komentar spam dan cobalah untuk ikut mengomentari diskusi yang sedang berjalan pada kolom komentar tersebut.

 

Misalnya, kamu dapat menulis ulasan singkat tentang produk yang relevan. Atau kamu juga bisa memberikan beberapa saran yang bermanfaat, mengungkapkan penghargaan, atau sekedar bercanda untuk menunjukkan personality brand kamu dengan kesan yang menyenangkan.


4. Manfaatkan Fitur Story Instagram


Instagram Stories adalah cara yang bagus untuk membangun dan memelihara hubungan dengan audiens kamu.

 

Meskipun konten story kamu hanya akan terlihat oleh followersmu, semakin banyak followers yang terlibat dengan konten mu, semakin besar juga kemungkinannya akan muncul di feed Instagram mereka ke depannya, berkat algoritma Instagram

 

Hal yang sering diabaikan tentang Instagram Stories adalah bahwa terdapat banyak fitur interaktif yang bisa kamu gunakan untuk berinteraksi dengan followers mu.

 

Misalnya, kamu bisa coba menggunakan stiker Instagram. Stiker Instagram adalah elemen visual yang dapat kamu tambahkan ke gambar atau video, seperti stiker.

 

Saat ini ada total 12 jenis Stiker (termasuk polling, kuis, selfie, musik, dan lainnya). Stiker tersebut sangat mudah digunakan dan menyediakan cara yang menyenangkan bagi followers mu untuk berinteraksi dengan postingan kamu.

 

Itu dia informasi mengenai tips menyesuaikan strategi Instagram marketing dengan algoritma Instagram.

 

Menjalankan strategi Instagram marketing tidaklah mudah, jika Anda ingin memulainya ada baiknya Anda menggunakan jasa Instagram marketing dari digital agency yang sudah berpengalaman di bidang iklan online.

 

 

 

 

14 komentar

  1. Wah ternyata begini strateginya ya
    Aku selama ini belum serius menggarap IG
    Posting suka-suka, gak terjadwal. Story jaraaaang banget bikinnya
    Ke depannya mau perbaiki pola deh. Makasi infonya, kak

    BalasHapus
  2. Sama manfaatin reels juga kak. Soalnya beberapa kali malah nambah follower juga pas mainan reels. Cuma ya itu dia, kudu kreatif juga milih sounds nya

    BalasHapus
  3. Terus ada inovasi instagram dengan pembaharuan di dalamnya, menyenangkan informasi instagram beragam tutorial, dan semacamnya bisa diperoleh darinya

    BalasHapus
  4. Ngomongin instagram akhir-akhir ini juga berubah yang terasa banget gak sih mbak, kayaknya semakin banyak konten sponsor yang nampil di timeline.

    BalasHapus
  5. Konsisten dan buat jadwal posting memang penting banget kak. Pernah enggak buat jadwal dan posting sesuka hati pas lagi males, endingnya engagement turun drastis, hiks.

    BalasHapus
  6. Reel ini ternyata menyumbang viewer, bisa sampek 9ribu orang yang liat padahal kalau bikin postingan biasa nggak sampai seribu. Udah gitu follower IG-ku baru seribunan.

    BalasHapus
  7. noted nih, saya nih masih belum perhatikan Insight segala, yang jadwal posting konsisten dll, kalau mau post aja gitu hihih.
    2022 mau juga ah benerin Instagram biar lebih punya nilai jual juga lah :D

    BalasHapus
  8. Saya masih belum menguasai algoritma instagram kak. Tapi harus mengikuti perkembangan dan terus belajar sepertinya saya bisa memahami.

    BalasHapus
  9. Terima kasih ilmunya Mba Aiiiii. Jadi harus belajar lagi nih, posting instagram gak boleh sembarangan lagi. Haru dioptimasi biar makin cetarrrr akunnya.

    BalasHapus
  10. Ohh biar konten kita bisa muncul teratas feed followers berarti kita harus bikin konten yang menarik tapi harus konsisten yah. Perlu posting saat prime time juga ga mba?

    BalasHapus
  11. Instagram jadi pe er banget nih buatku, apalagi akhir-akhir ini follower ku merosot dan like berkurang karena jarang update.. terimakasih sharingnya mba..

    BalasHapus
  12. Betul sekali, kalau mau marketing di Instagram memang harus memahami algoritmanya Instagram ya. Apalagi skrg ads reel wah tambah mantap deh

    BalasHapus
  13. Keren banget kalo bisa menerapkan semua diatas. Followers bisa naik cepat. Nah aku tu kak susah banget buat konsisten

    BalasHapus
  14. Banyak ya yg harus dilakukan, dan kalo aku sendiri jujur belum sanggup, hiks

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.