4 Keunggulan Donasi Secara Online dibandingkan Cara Konvensional



Aplikasi teknologi digital di berbagai sektor dan industri terbukti memudahkan orang-orang untuk menyelenggarakan kegiatan bermanfaat. Termasuk di antaranya penggalangan dana atau donasi bagi mereka yang membutuhkan.

Ya, dulu berdonasi hanya bisa dilakukan melalui yayasan tertentu. Dana pun harus dikirimkan ke bank-bank yang sudah ditunjuk. Kini, berdonasi online justru lebih dipilih karena sejumlah kelebihan seperti yang dapat Anda simak berikut ini:

Penerima dana sudah jelas

Platform penggalangan dana biasanya sudah menyertakan data target donasi yang menerima sumbangan. Salah satu contoh yang dapat Anda cek adalah situs yang UNICEF sediakan untuk penggalangan dana anak. Di sana, Anda bukan hanya tahu kepada siapa dana ditujukan, tetapi juga pilihan nominal dana yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


Kecepatan pengumpulan dana

Hanya dengan satu atau dua kali klik, dana yang Anda donasikan sudah sampai ke pihak yang menyelenggarakan donasi tersebut. Selain itu, Anda juga bisa membagikan alamat situs ke media sosial seperti Twitter, Facebook, hingga aplikasi chatting seperti Whatsapp untuk meningkatkan awareness terhadap masalah yang sedang berlangsung.



Sistem cashless yang praktis

Sebagian besar situs donasi sudah menerapkan sistem cashless yang lebih praktis. Dalam hal ini, Anda tak perlu mengunjungi kantor penyelenggara penggalangan dana untuk menyetorkan uang. Cukup kirimkan dana sesuai nominal yang diinginkan, entah melalui transfer ATM, kartu kredit, atau m-banking lewat smartphone.


Transparansi dana donasi

Walau Anda dan pihak penyelenggara tak bertemu langsung, pengelolaan dana dalam kegiatan penggalangan dana online terbilang transparan. Mereka biasanya akan membagikan detail dana dan penyalurannya dalam laporan secara berkala. Bahkan ada yang merekam momen saat dana donasi diberikan kepada mereka yang membutihan.


Ingin membuktikan semudah apa penggalangan dana secara online? Anda bisa memulainya dengan berdonasi ke UNICEF Indonesia untuk mensejahterakan anak-anak, baik dari segi sosial maupun kesehatan. Silakan kunjungi situs donasi UNICEF untuk mengikuti aturan untuk berdonasi, termasuk jumlah dana yang dapat Anda sumbangkan kepada mereka.

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.