Hal yang Perlu Disiapkan Dalam Travelling Pada Masa Pandemi

 


Kurang lebih sudah satu setengah tahun kita merasakan pandemi yang melanda indonesia. Beberapa bulan yang lalu perbatasan masih ditutup sehingga tidak bisa lagi kita untuk bepergian wisata, baik domestik maupun internasional, dengan bebas.


Banyak hal yang harus dipersiapkan ketika kita ingin bepergian jarak jauh. Beberapa bulan terakhir di indonesia diterapkan PPKM yang membatasi kegiatan di masyarakat, tidak terkecuali kegiatan wisata/travelling.


PPKM sendiri memiliki beberapa level yang diterapkan berbeda-beda di setiap daerah. Hal ini berpengaruh terhadap kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah daerah tersebut.


Saat ini, pemerintah memperpanjang PPKM level 2 dan 3 di pulau Jawa dan Bali hingga 29 November 2021. Beberapa tujuan wisata domestik saat ini sudah mulai memasuki tahapan uji coba, seperti Taman Wisata Alam Gunung Papandayan dan Taman Satwa Cikembulan.


Beberapa perbatasan internasional juga telah dibuka, penerbangan internasional mulai dibuka kembali. Namun, tentunya karena ada PPKM serta kebijakan bepergian masa pandemi yang masih berlaku, banyak hal yang perlu kamu perhatikan.


Berikut ini penulis sampaikan hal-hal tersebut:


1. Kartu Vaksin


Hal pertama yang kamu perlukan dalam bepergian baik itu dalam negeri atau domestik adalah kamu perlu menyiapkan kartu vaksinmu.


Saat ini kamu bisa mencetak kartu vaksinmu dari aplikasi Peduli Lindungi loh! Kamu harus melakukan vaksin sebanyak dua kali agar perjalananmu lebih aman dan nyaman.


Namun, jangan masalah karena bagi kamu yang baru melakukan vaksin sekali, kamu tetap bisa bepergian namun kamu memerlukan hasil tes Covid-19 yang berbeda. 


2. Hasil Test Covid-19


Hal kedua yang kamu perlu siapkan adalah hasil tes Covid-19. Terdapat dua tipe hasil tes Covid-19 yang diperbolehkan, yakni Tes Antigen dan Tes PCR.


Bagi kamu yang sudah melakukan vaksin dua kali, silahkan melakukan tes Antigen sehari sebelum melakukan perjalanan udara. Namun, kamu memerlukan tes PCR tiga hari sebelum perjalanan melalui udara apabila kamu baru melakukan satu kali vaksin.


Untuk melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, kereta, bis, dan kapal laut, kamu memerlukan hasil tes Antigen sehari sebelum kamu bepergian.


Saat ini, melakukan tes antigen tidaklah mahal, beberapa layanan transportasi publik telah menyediakan jasa tes antigen dengan harga yang terjangkau.


Contohnya, ketika kamu menggunakan kereta api, kamu bisa melakukan tes antigen di stasiun kereta api keberangkatan dengan harga 45 ribu rupiah saja.


Bahkan baru-baru ini, harga tes PCR tidak lagi sampai jutaan rupiah karena sudah disubsidi oleh pemerintah. Siapkan budget kamu untuk tes Covid-19, ya!


3. Asuransi


Hal ketiga yang kamu perlu siapkan adalah asuransi. Ya, kamu gak salah denger. Kamu mungkin terkadang melewatkan hal satu ini karena mungkin kamu merasa nggak begitu ada dampak positif dari menyiapkan asuransi untuk perjalanan yang akan kamu lakukan.


Nyatanya, tingkat kecelakaan selama bepergian jarak jauh itu juga tinggi loh! Dan kamu nggak boleh menghiraukannya begitu saja.


Oleh karena itu, saat ini sudah banyak penyedia layanan transportasi publik ataupun agen travel yang mendaftarkan pelanggannya ke asuransi perjalanan. Namun, apabila ternyata kamu tidak didaftarkan dalam asuransi perjalanan atau mungkin kamu menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian, kamu bisa mendaftarkan sendiri loh asuransi perjalanan ini.


Dengan adanya asuransi perjalanan, dijamin perjalanan kamu berwisata akan jauh lebih aman dan nyaman. Karena apa jadinya apabila kamu mengalami hal-hal yang tak diinginkan selama perjalanan di tempat yang kamu sendiri awam dengan daerah tersebut.


Selain asuransi perjalanan, kamu juga bisa sedari dini menyiapkan asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga apabila kamu jatuh sakit atau bahkan harus mengalami kejadian tak terduga yang memerlukan kamu dirawat di rumah sakit.


Beberapa penyedia jasa Asuransi Kesehatan Terbaik juga saat ini sudah ada yang mengcover layanan rumah sakit di luar negeri loh, sehingga kamu tidak perlu khawatir rugi besar-besaran ketika mengalami hal tak diinginkan di luar negeri. 


Nah, itu dia tiga hal yang perlu banget kamu siapkan untuk bepergian jarak jauh di masa PPKM Level 2 dan 3 seperti saat ini. Perlu diingat, persiapan yang baik akan memberikan pengalaman perjalanan yang jauh lebih berkesan pula!


1 komentar

  1. Sebelum pandemi aku memang terbiasa beli asuransi perjalanan saat bepergian, trutama yg destinasi LN. Krn resikonya memang lebih besar. Ketinggalan pesawat, bagasi hilang dll. Tapi setelah pandemi gini, makin ga mungkin untuk ga beli asuransi perjalanan. Jadi memang udah wajib sih. Walopun sampe skr aku blm ada niat utk traveling, trutama yg ke LN, Krn merasa kondisi blm aman kok. Palingan cuma sekitar pulau Jawa aja, yg msh bisa ditempuh mobil pribadi 😁. Blm berani mba naik pesawat ATO KA. Bayangin tes pcr ATO antigen, udah serem duluan 😅

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.