Jangan Digunakan! Ini Tanda Pelumas sudah Kadaluarsa

 


Oli jadi komponen penting dalam perawatan mesin mobil. Bukan sekedar bekerja sebagai pelumas tetapi juga menyerap panas sehingga mesin tidak mudah overheat. Penggantian pelumas juga sebaiknya dilakukan di bengkel resmi Suzuki Nusa Sarana Citra Bakti.

 

Jika Anda mengganti sendiri apalagi dilakukan di bengkel abal-abal resiko penggunaan oli kadaluarsa pun cukup tinggi. Harga yang ditawarkan mungkin saja murah, namun resiko kerusakan mesin yang ditanggung cukup besar.

 

Kenali seperti apakah oli yang sudah kadaluarsa dan sebaiknya tidak digunakan.

 

Ciri Pelumas Kadaluarsa yang Perlu Dihindari

 

Apakah oli mobil bisa kadaluarsa? Banyak sekali yang mempertanyakan hal ini, karena pada bagian kemasan tidak tertera tanggal kadaluarsanya. Biasanya untuk mengetahui produk masih bisa digunakan Anda bisa mengecek tanggal expired tersebut.

 

Pelumas yang masih disimpan dalam botol dan kemasannya tidak rusak, bisa digunakan kapan saja. Namun tidak dengan oli yang kemasannya sudah terbuka karena kontaminan seperti air, debu, atau air bisa aja bercampur.

 

Oli memiliki zat aditif yang sudah memiliki aturan standar khusus, kualitasnya sendiri dapat berubah tergantung lokasi penyimpanan. Misalnya saja jika disimpan di area dingin, sebelum digunakan kocok botol oli sehingga komponennya bercampur.

 

Hanya saja hal yang berbeda akan terjadi jika kontaminan masuk ke dalam botol oli sehingga merusak kualitas. Oli bisa saja kadaluarsa yang tidak boleh digunakan. Berikut ini beberapa ciri oli sudah kadaluarsa dan tak bisa digunakan kembali.

 

  1. Tekstur Oli Lebih Kental


Anda bisa mendeteksi oli sudah kadaluarsa dari segi teksturnya. Seharusnya oli memiliki tingkat viskositas yang tidak terlalu tinggi. Oli mudah dituang namun tidak terlalu encer seperti air.

 

Hanya saja tekstur tersebut dapat berubah ketika oli bercampur dengan udara. Terjadinya oksidasi akan mengubah oli menjadi sangat kental. Beberapa kasus bahkan muncul endapan pada oli yang sebenarnya sudah tak bisa dimanfaatkan.

 

  1. Warna Oli Berubah Putih


Tanda selanjutnya bisa dilihat dari segi warnanya. Oli yang masih bagus memiliki warna kuning transparan. Anda akan melihat warna tersebut berubah menjadi kehitaman ketika oli telah digunakan pada mesin selama beberapa waktu.

 

Perubahan warna bisa saja terjadi pada oli kadaluarsa akibat bercampur dengan air. Warna oli pun akan berubah menjadi keruh cenderung keputihan. Artinya oli sudah tidak bisa Anda gunakan lagi sebagai pelumas mesin.

 

  1. Oli Mengandung Kotoran


Ciri yang paling mudah terlihat adalah ketika oli memiliki kotoran. Baik itu debu atau pasir bisa saja masuk ke dalam botol dan merusak oli. Debu yang mengandung silika lebih parah lagi karena bisa merusak kinerja mesin secara keseluruhan.

 

Silika memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga cukup sulit untuk dideteksi. Mesin yang bergesekan dengan silika ini akan menimbulkan perubahan tekstur. Bahayanya bisa terjadi kebocoran pada mesin akibat kotoran ini.

 

Kapan Waktunya Mobil Ganti Oli?

 

Mengenali seperti apa oli yang sudah kadaluarsa ini akan menghindarkan Anda dari kerusakan mesin lebih parah lagi. Oli juga harus diganti dalam waktu yang tepat, Anda bisa menyelesaikannya dengan angka odometer setiap 10.000 km.

 

Jika mobil digunakan dengan cara yang wajar biasanya penggantian pelumas ini hanya perlu dilakukan setiap 6 bulan sekali. Namun jika mobil sering digunakan maka penggantiannya jadi lebih cepat.

 

Jangan lupa juga untuk selalu mengganti hanya di bengkel resmi Suzuki yang sudah pasti terpercaya. Semua suku cadang dan komponen lain asli sehingga Anda tidak perlu takut soal penggunaan oli yang kadaluarsa.

 

Anda tinggal pilih saja mana bengkel resmi Suzuki terdekat di bawah ini.


1.Sejahtera Buana Trada - Riau, https://suzukimobilriau.co.id/

2. ElangPerkasa Motor - Sumbar , http://suzukiepmsumbar.co.id/

3. Jaya Indah Motor - Jambi, https://suzukijambi.co.id/

4. Kangaroo Motor Mandiri- Bengkulu,  https://suzukibengkulu.co.id/

5. Nusa Sarana Citra Bakti - Sumsel, https://suzukithamrin.co.id/

6. Jagorawi Motor - Bangka Belitung, https://suzukijagorawi.co.id/

7. Persada Lampungraya - Lampung, https://suzukilampung.co.id/

8. Sejahtera Sumber Baru Trada Kalimalang - Jaktim, https://suzukidealerkalimalang.id

9. Sejahtera Armada Depok -Depok, https://suzukimargondadepok.co.id

 

Terlambat mengganti oli juga bisa menimbulkan kerusakan pada mesin dan masalah overheat akan muncul. Jadi pastikan Anda selalu menggantinya tepat waktu.

Tidak ada komentar

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.