Apa Saja Manfaat CCTV Outdoor bagi Perumahan, Bisnis, dan Perkantoran?

 

https://images.unsplash.com/photo-1464938050520-ef2270bb8ce8?ixid=MnwxMjA3fDB8MHxwaG90by1wYWdlfHx8fGVufDB8fHx8&ixlib=rb-1.2.1&auto=format&fit=crop&w=1353&q=80 


Kamera CCTV terdiri dari 2 jenis, yakni CCTV indoor untuk dalam ruangan dan CCTV outdoor untuk luar ruangan. CCTV atau Closed-Circuit Television merupakan surveillance camera atau kamera pengawas yang biasa digunakan sebagai sistem keamanan tambahan.


Sistem keamanan ini sudah banyak digunakan di berbagai gedung dengan jangkauan wilayah yang luas, seperti perkantoran dan perumahan. Selain itu, tempat bisnis juga tidak luput dari penggunaan CCTV guna meningkatkan keamanan di dalam maupun luar gedung.


Risiko Jika Tidak Menggunakan Kamera CCTV


Tindak kriminal bisa terjadi kapan saja tanpa sepengetahuan petugas keamanan atau pengguna perumahan, tempat bisnis dan perkantoran lainnya. Tindakan yang terjadi pun cukup beragam, mulai dari pencurian, pengrusakan aset bangunan, bahkan tindakan yang membahayakan pengguna bangunan tersebut.


Hingga sekarang, sudah tidak sedikit kejadian kejahatan seperti pembunuhan dan tindak asusila yang terjadi di tempat-tempat umum. Hal tersebut dikarenakan tempat-tempat tersebut tidak dipasangi kamera CCTV sebagai pengaman.


Selain itu, di area bisnis dan perkantoran bisa saja terjadi tindak kekeliruan yang dilakukan oleh karyawan jika tidak diawasi.


Manfaat CCTV Outdoor bagi Perumahan, Bisnis, dan Perkantoran


Bangunan-bangunan besar umumnya lebih mengutamakan penggunaan CCTV indoor untuk mengamankan seluruh ruangan yang berada di dalam. Namun sebenarnya, kamera CCTV outdoor juga sangat penting untuk dipasang, supaya mengamankan lingkungan luar gedung.


Harga yang ditawarkan untuk tiap jenis kamera pengaman indoor maupun outdoor cukup beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan ketersediaan dana. Hal penting yang harus diperhatikan saat memilih kamera CCTV adalah bagaimana kelengkapan fitur dan durasi garansi yang diberikan.


Beberapa fitur yang tersedia diantaranya fitur night vision, pemantauan jarak jauh, komunikasi 2 arah, dan jangkauan 360 derajat. Khusus untuk kamera indoor, sebaiknya memiliki fitur baby crying untuk membantu para orang tua dalam mengawasi anak.


Berikut beberapa manfaat dari penggunaan kamera pengaman luar ruangan (outdoor) pada perumahan, bisnis, dan perkantoran


1. Meningkatkan Keamanan Luar Gedung

Manfaat utama dari kamera pengaman luar ruangan adalah meningkatkan keamanan di lingkungan sekitar gedung. Dalam hal ini, pemasangan kamera CCTV dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya aksi kejahatan.


2. Mengamankan Properti dan Pengguna Gedung

Properti luar gedung yang luput dari pengawasan sering menjadi sasaran tindak kejahatan, seperti pencurian dan pengrusakan. Pada perkantoran maupun tempat bisnis, kamera CCTV luar ruangan dipasang guna mengamankan properti yang berada di luar gedung. 


Selain itu, para pengguna gedung, baik karyawan maupun pengunjung juga bisa jadi lebih terjaga kenyamanan dan keamanannya. Dengan begitu, tidak ada lagi kekhawatiran karena kurangnya pengawasan dari pihak pengelola. 


3. Memantau Kinerja Para Karyawan


Selain itu, kamera tersebut juga digunakan untuk memantau aktivitas para karyawan maupun yang berada di luar. Produktivitas para karyawan di luar gedung bisa tetap terjaga, karena kecurangan seperti bolos kerja atau kekeliruan bisa diminimalisir. 


4. Arsip Kegiatan Usaha

Bagi para pemilik usaha komersial, kehadiran kamera pengaman luar ruangan juga bisa menjadi arsip kegiatan usaha yang terbaik. Saat melakukan evaluasi untuk peningkatan layanan di periode selanjutnya, pihak pengelola hanya perlu memutar ulang rekaman kamera.


Supaya bisa mendapatkan kamera CCTV yang berkualitas, Anda bisa mencari informasi terkait rekomendasi CCTV terbaik. Setelahnya, Anda hanya perlu menyesuaikan kamera yang ingin dibeli dengan kebutuhan keamanan kantor, tempat bisnis atau perumahan.


Software HikCentral Enterprise untuk CCTV Indoor dan Outdoor


Jika Anda telah mengetahui rekomendasi CCTV yang tepat, maka jangan lupa untuk mencari tahu juga tentang software yang recommended.


Mengapa demikian? Karena bukan hanya hardware terbaik saja yang harus diutamakan dalam memaksimalkan proteksi dan sistem keamanan. Tetapi keberadaan software yang mumpuni juga menjadi salah satu penentu manajemen serta proteksi akan berjalan maksimal atau tidak. 


Karena itulah, Hikvision dari HikCentral Enterprise yang terintegrasi dengan Artificial Intelligence hadir untuk memaksimalkan kinerja CCTV yang terpasang di bagian dalam bangunan maupun pada bagian dalamnya. 


Selain AI, teknologi yang disematkan yaitu adalah Internet of Things. Sesuai dengan namanya, Anda akan bisa mengakses CCTV secara online dengan bantuan software ini. Jadi, tanpa harus berada terus menerus di lokasi, semua manajemen mulai personalia hingga barang dapat di handle secara maksimal. 


Memanfaatkan perangkat lunak yang satu ini tentu akan sangat menguntungkan. Apalagi, Anda bisa memasangnya pada area komersil, pendidikan, industri, dan juga retail. Sehingga, fitur lengkapnya akan bisa langsung dirasakan oleh seluruh pihak yang ada di dalam bangunan. 



Get notifications from this blog

15 komentar

  1. Wah, CCTV Hikvision dengan teknologi AI ini canggih banget ya. Tentu baik sekali manfaatnya untuk menjaga keamanan di rumah, gdeung, apartemen dan tempat2 lainnya. Rumahku belum dipasang CCTV nih padahal rumah mamahku ada hehehe. Tertarik juga ah mau cek lebih lanjut. Fitur night vision, pemantauan jarak jauh, komunikasi 2 arah, dan jangkauan 360 derajat.perlu banget nih.

    BalasHapus
  2. Di lingkungan perumahanku banyak yang pakai CCTV. Di belokan jalan komplek sama ketua RT juga dipasang, biaya swadaya warga. Pasalnya, dulu beberpa kali ada yang kemalingan. Nah, di rumahku beberapa waktu ini CCTV ga berfungsi...suami belum betulin karena masih pandemi kami ga kemana-mana. Lha nanti kalu kutinggal mudik biasa 2 minggu gimana. Coba cek ah Hikvision dari HikCentral Enterprise yang terintegrasi dengan Artificial Intelligence hadir untuk memaksimalkan kinerja CCTV yang terpasang di bagian dalam bangunan maupun pada bagian dalamnya.

    BalasHapus
  3. Kalau saya masih pakai indoor untuk di rumah. Pengennya juga punya di outdoor. CCTV memang penting, ya. Apalagi untuk gedung-gedung perkantoran dan bisnis

    BalasHapus
  4. Jaman sekarang CCTV itu penting banget! Gak perlu bayar sekuriti buat mantau tempat yang mau diamankan

    BalasHapus
  5. Wah, pas banget, nih. Dari kemarin-kemarin kepengin pasan CCTV di rumah, tapi masih meyakinkan diri mau beli atau nggak. Karena bingung jug apa merk yang harganya terjangkau tapi kualitasnya bagus.

    - Sintia Astarina
    https://www.sintiaastarina.com/

    BalasHapus
  6. Pakai CCTV ni memang penting ya untuk sekarang ini. Jadi ingat sekolah tempat saya ngajar sebelumnya. Kalau pakai CCTV jadi bisa tahu banyak hal penting yang dilakukan guru, siswa, atau siapa saja yang ada di sekolah.

    BalasHapus
  7. CCTV memang penting, terutama untuk perkantoran. Menjaga aset, dan keamanan lainnya adalah prioritas utama. Software nya jg ga kalah penting biar lebih aman

    BalasHapus
  8. Sekarang ini masang CCTV cukup penting biar lebih aman. Selain itu, juga bisa mantau keadaan sekitar untuk berjaga-jaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan adek ipar aku mau pasang CCTV nih dirumahnya, jadi aku bisa rekomendasi nih

      Hapus
  9. Kebetulan aku juga sedang cari rekomendasi CCTV nih, Mbak.. Buat toko saja sih, tapi tetep dong nggak mau asal pilih, nanti coba kepoin CCTV Hikvision ini ah.. Makasih infonya, Mbak..

    BalasHapus
  10. Memang CCTV urgent dan se-bermanfaat ituuu.
    jadi ngerti faedah CCTV secara komplet setelah baca blogpost ini
    terima kasih mbaaa

    BalasHapus
  11. Sebenarnya kita gak punya toko pun mesti sedia cctv di rumah ya mbak, supaya bisa memantau rumah saat bepergian.

    BalasHapus
  12. CCTV Hikvision dengan teknologi AI ini canggih banget ya. Segera menabung biar bisa bikin CCTV dirumah orangtua. Amin

    BalasHapus
  13. Penting bangettt ini. Apalagi kalau rumah kita di pinggir jalan besar. Aku ngalami beberapa kali kemalingan saat rumahku di pinggir jalan utama

    BalasHapus
  14. Pemakaian CCTV penting banget sih, apalagi di daerah yang ramai dan padat. Jadi cukup setuju banget sih soal pentingnya CCTV dipasang di tempat outdoor

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.