5 Tips Efektif Belajar Bahasa Inggris Lewat Platform Online

 

Belajar Bahasa Inggris Online
Belajar Bahasa Inggris Online


Keterampilan menggunakan bahasa Inggris saat ini sangatlah penting untuk dikuasai. Teknologi pun sudah mendukung dan mempermudah Anda untuk belajar bahasa Inggris dari mana saja menggunakan platform online. 


Apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, belajar secara online benar-benar dinilai efektif asalkan memang Anda pandai memanfaatkan fasilitas yang ada.


Tips Belajar


Lalu bagaimana cara yang tepat untuk diterapkan agar proses belajar ini bisa berjalan dengan baik dan lancar? 


Menguasai bahasa Inggris memang butuh proses dan teknik yang tepat. Berikut ini adalah 5 tips mempelajari bahasa Inggris secara efektif menggunakan platform dan fasilitas online:


1. Tentukan Target Belajar


Langkah pertama, tentukan dulu target belajar Anda. Apa yang ingin dicapai dari rutinitas belajar tersebut dan berapa lama target waktu yang dibutuhkan sampai Anda benar-benar bisa menguasai bahasa Inggris. Target ini sangatlah penting untuk ditentukan dari awal agar bisa membantu Anda lebih disiplin saat belajar.


Tuliskan target belajar secara rinci agar lebih mudah untuk diingat. Susun strategi agar bisa sampai ke target tersebut sesuai harapan. Saat mulai merasa lelah dan ingin berhenti belajar, ingat kembali target yang sudah ditentukan tadi agar kembali bersemangat.


2. Pilih Platform yang Tepat


Selanjutnya silakan pilih platform yang tepat untuk belajar. Saat ini ada banyak sekali media online yang menawarkan layanan pembelajaran bahasa Inggris. Pilihlah platform atau media yang tepat dan pastikan bahwa media tersebut memang bisa memfasilitasi Anda sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan.


Saat memilih platform belajar, perhatikan apa saja jenis fitur yang tersedia. Setiap platform belajar pasti menyediakan fitur yang berbeda-beda. Cari tahu apakah semua fasilitas yang disediakan memang sudah memenuhi kebutuhan atau belum. Cari tahu juga bagaimana biaya yang harus dibayarkan agar bisa belajar secara efektif di sana.


3. Ciptakan Jadwal


Saat belajar bahasa Inggris secara online, maka Anda punya tanggung jawab penuh dalam mengatur jadwal. Salah satu keunggulan belajar secara online adalah fleksibel dari segi waktu dan tempat. Namun hal ini juga bisa jadi kekurangan karena seringkali waktu belajar tidak efektif akibat tidak ada jadwal yang pasti.


Cobalah untuk menciptakan jadwal yang teratur agar bisa belajar dengan baik. Tentukan kapan saja Anda harus mulai belajar serta berapa lama durasi belajar yang akan dijalankan. Selain itu, buat juga timeline, apa saja yang harus dipelajari di waktu-waktu tersebut.


4. Sisihkan Semua Distraksi


Salah satu tantangan dalam belajar online adalah terlalu banyak distraksi yang mengganggu efektivitas proses pembelajaran. 


Anda sebaiknya menyingkirkan semua distraksi terlebih dahulu agar bisa fokus belajar. Sisihkah gadget dan hal-hal lain yang mengganggu Anda dalam belajar. Sangat disarankan untuk menyediakan ruangan atau tempat khusus untuk belajar yang dipastikan jauh dari semua jenis distraksi.


5. Buat Komunitas Belajar


Anda juga sangat disarankan untuk membuat komunitas belajar. Komunitas ini nantinya diisi oleh orang-orang yang juga sedang mempelajari bahasa Inggris seperti Anda. Diharapkan komunitas ini bisa menjadi wadah diskusi dan fasilitas untuk saling berbagi ilmu yang bermanfaat agar keterampilan berbahasa Inggris semakin meningkat.


Itulah tadi 5 tips efektif untuk belajar bahasa Inggris secara online. Mempelajari bahasa Inggris kini cukup mudah diakses oleh siapa saja. Fasilitas online sudah banyak tersedia sehingga Anda bisa belajar dari kapanpun. Pastikan untuk selalu rajin mempraktikkan ilmu yang sudah didapat agar semakin mahir berbahasa Inggris.



1 komentar

  1. sudah banyak platform online sekarang ini menawarkan belajar bahasa dan bahkan ada yang gratis. saya pernah coba belajar bahasa korea spanyol dan jerman. untuk level beginner masih oke kok walau hanya lewat otodidak via online

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.