Cara Menidurkan Bayi yang Susah Tidur

 



Bayi susah tidur, cara mengatasinya gimana ya? Beberapa waktu lalu aku mencoba untuk mencari tahu solusinya. Bayi yang susah tidur pada malam hari tentunya akan mengganggu aktivitas istirahat orang tua maupun bayi itu sendiri.


Apalagi kalau besok paginya ada meeting penting, pasti nggak enak banget kalau kita berangkat kerja dengan kondisi kurang tidur. Supaya tidur bayi dan orangtua bisa lebih nyenyak, ada beberapa tips yang bisa diikuti nih.


Biasanya, bayi yang menangis itu disebabkan karena lapar, popoknya sudah terisi penuh atau yang paling sering, merasa ingin selalu ditemani. Kalau kita sudah yakin bahwa perut si kecil sudah kenyang dan popoknya baru saja diganti, kemungkinan dia ingin kita selalu ada di sampingnya.


Setelah iseng-iseng baca tentang cara agar bayi tidur nyenyak, aku baru tahu kalau ada teknik yang namanya controlled crying. Ini adalah salah satu latihan tidur yang bisa kita coba. 


Caranya cukup simple, ketika bayi mulai menangis, kita hanya perlu menenangkannya. Jika bayi tetap menangis, kembali tenangkan si kecil dengan jeda beberapa menit. Semakin rutin kita melakukan hal ini, semakin cepat juga ia akan belajar untuk tidur sendiri. FYI, teknik ini lebih disarankan untuk bayi yang lebih besar ya.


Selain itu, kita juga harus selalu membiasakan bayi untuk tidur di jam yang sama. Dengan mengatur jadwal yang sama setiap hari, tubuh si kecil akan terbiasa oleh jam biologis yang sudah menjadi rutinitas. Tantangannya adalah kita harus benar-benar menjalankan komitmen ini, supaya bayi kita juga semakin cepat disiplin dalam waktu tidurnya.


Nah, kadang walau kita sudah menyelesaikan semua problem tadi, bayi bisa saja masih terbangun dan bahkan menangis di malam hari. Kemungkinan hal ini disebabkan karena bayi merasa kurang nyaman. Di titik ini, orangtua harus teliti terhadap hal apa saja yang bisa membuat bayi kita merasa terganggu, karena kan bayi memang belum mampu memberitahu kesulitannya langsung kepada kita.


Menurutku, ada beberapa faktor lain yang bisa membuat bayi susah tertidur dengan pulas. Entah karena kedinginan atau ada masalah pada kulitnya. Seringkali bayi menangis karena kulitnya yang tertutup oleh popok membuat ia merasa kurang nyaman. 


Apalagi bayi yang baru lahir, kulit mereka masih sangat halus dan sensitif. Kulit bayi yang hampir setiap hari tertutup popok akan mengalami gesekan dan pastinya situasi ini nggak akan menyenangkan bagi bayi kita jika terjadi terus-menerus.


Nggak ada salahnya kita mengantisipasi hal ini dengan melakukan perawatan, salah satunya dengan menggunakan salep khusus untuk merawat kulit bayi.  Save your time ‘cause I did my research, aku nemu salep yang udah terbukti oke buat melembutkan dan merawat kulit bayi, namanya Salep Bepanthen. Salep ini cocok untuk merawat bagian pantat dan selangkangan yang setiap hari tertutup oleh popok karena keunggulannya yang dapat melindungi kulit bayi dari gesekan.


Untuk pemakaiannya juga sangat mudah, kita tinggal mengoleskan salep ini ke bagian lipatan seperti paha dan area kulit yang tertutup. Oh iya, olesannya cukup tipis-tipis aja ya. Supaya lebih mantep nih, aku saranin salep ini kita apply ke kulit bayi sebelum memakaikan popok.


Jadi, kira-kira ada lagi nggak cara mengatasi bayi susah tidur yang belum aku sebutkan? Boleh banget loh kalau mau sharing langsung dari pengalaman kalian juga.

Get notifications from this blog

14 komentar

  1. Ibu2 muda kudu paham tentang ini ya Mba
    Karena memang namanya mengasuh bayi tuh ya adaaa aja tantangannya.
    makasiii sharing-nya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju nih... Ibu baru biasanya masih minim ilmu, seringkali kehilangan ketenangan saat panik. Info yang disampaikan mam aisyah insya Allah akan bermanfaat bagi yang lainnya.

      Hapus
  2. Bayi sudah tidur karena merasa enggak nyaman. Maka kalau Salep Bepanthen yang cocok untuk merawat bagian pantat dan selangkangan yang setiap hari tertutup oleh popok karena keunggulannya yang dapat melindungi kulit bayi dari gesekan pasti bakalan membantu bayi tidur lelap

    BalasHapus
  3. Kalau bayi usia 1-2 bulan biasa memang suka kebangun di tengah2 malam karena buang air kecil atau besar. Biasanya usrek gitu ya mbak, trus ada juga yang sampai nangis. Kalau aku ya biasa memang di kasih asi, sama dikelonin lagi langsung diam. Tapi tiap bayi mempunyai kebiasaan berbeda2. Memang kenyamanan menjadi kunci utama bagi bayi agar dapat tidur dengan nyenyak.

    BalasHapus
  4. Wah, baru tau ada teknik seperti ini. Sayangnya bayiku udah gede udah nggak mempan. suruh tidur dia malah main.

    BalasHapus
  5. Gemes banget ya mba sama bayi cuma sedih kalau sudah mulai susah tidur. untung ada teknik efektif

    BalasHapus
  6. Betul banget, siapa tau ruam popok ya atau nggak nyaman di bagian tertentu makanya susah tidur. Orang tuanya harus rajin-rajin kepo penyebabnya..

    BalasHapus
  7. Aku sering dulu nih susah tidurkan bayi. Akhirnya salah 1 caranya dengarkan ngajian ruqyah bayi, believe it or not. Tapi mungkin juga dari asalnya kenyamanan tubuh ya bisa pakai salep ini

    BalasHapus
  8. Buat kulit bayi sensitif, salep itu bisa jadi salah satu solusi. Alhamdulillah anak bayi dulu enggak terlalu rewel kalau malem. Mungkin kalo rewel juga bisa perutnya kembung, udara panas dan banyak hal lain yang perlu ditebak

    BalasHapus
  9. Jadi ingat saudara perempuan suami. Siang malam bayinya nangis. Usia 3 bulan baru berhenti. Saya yakin ada sesuatu yang tidak beres di tubuhnya. Andai dibantu Salep Bepanthen, mungkin dia bisa tidur nyenyak. selamat pagi, Mbak. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus
  10. Salep kayak bepanthen ini memang wajib banget ya ada di box perawatan bayi kita. Soalnya bayi memang kadang bermasalah dengan ruam popok gitu kalau masih pakai pospak

    BalasHapus
  11. Mengasuh newborn memang butuh ekstra kesabaran dan ketelatenan ya, ibunya beradaptasi, bayinya pun juga sedang adaptasi. Kebetulan lagi nemenin sepupu yang habis lahiran, kuinfoin juga ah ke doi soal Bepanthen ini.

    BalasHapus
  12. Bisa menjadi rekomendasi yang memiliki anak bayi untuk selalu sedia Salep Bepanthen di rumah. Karena bayi kalau kulitnya terluka (karena ruam) pasti gak nyaman banget.

    BalasHapus
  13. Wah makasih untuk infonya mbak. Ini bisa jadi refrensi banget buat aku. Oya, salep bepathen ini dijual bebas kah mbak?

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.