Selangkah Lebih Dekat Mengenali Ciri Anak Cacingan

 

Ciri anak cacingan

 

Mengenali ciri anak cacingan harus bisa dilakukan oleh semua orang tua, khususnya ibu yang biasanya memiliki kedekatan yang paling erat dengan anak-anak. Jangan terlalu abai dengan perubahan sedikit saja yang terjadi pada anak-anak kita. Lebih baik mencegah daripada membiarkan cacing merajalela di tubuh buah hati kesayangan kita.

 

Ciri Anak Cacingan

 

Pada tahap awal biasanya cacingan pada anak memang  tidak menunjukkan ciri-ciri yang begitu signifikan. Tetapi dalam beberapa hal dapat terlihat dengan beberapa kondisi yang dapat kita waspadai tak perlu menunggu perut buncit yang menjadi ciri khas cacingan.


Anak-anak yang tiba-tiba terlihat lemas, badan agak kurus, nafsu makan hilang juga bisa menjadi ciri-ciri awal anak cacingan.


Untuk lebih lengkapnya saya akan menuliskan beberapa ciri anak cacingan yang dapat kita waspadai.

 

1. Gatal di Seputar Anus

 

Gatal pada anus anak ini memang menjadi ciri utama cacingan pada anak. Rasa gatalnya yang sangat mengganggu memang terkadang membuat anak-anak tak sadar menggaruknya. Ada baiknya ketika melihatnya segera minta anak-anak mencuci tangan dan pantatnya dengan sabun anti bakteri. Setidaknya dengan mencuci bersih bisa mengurangi resiko terkena cacing kremi

 

2. Gangguan Tidur di Malam Hari

Ciri kedua yang harus diwaspadai adalah anak-anak menjadi susah tidur. kalaupun tertidur biasanya menjadi tidak nyenyak dan rewel. Gangguan tidur itu biasanya muncul di malam hari. hal Ini terjadi karena cacing kremi biasanya muncul dalam keadaan gelap, sehingga rasa gatal semakin menjadi-jadi dan mengganggu tidur anak kita.

 

 

3. Mual, Muntah, Sakit Perut dan Sensitif


Pernah nggak anak-anak mengeluh sakit perut yang datang dan pergi dalam beberapa waktu. Mual, muntah, sensitif seperti gejala sakit mag ataupun masuk angin?  Padahal sebagai orang tua kita tahu betul anak-anak tidak dalam keadaan seharusnya sakit. Seperti makan sudah teratur, tidak jajan sembarangan lalu masih sakit perut. Apabila gejala ini terus berulang diderita anak kita, sebagai orang patut kita mewaspadainya sebagai ciri-ciri anak cacingan.

 

4. Penurunan Berat badan dan Perut Membuncit


Pernah nggak melihat anak-anak makan makanan seperti biasa. Tidak banyak berubah, namun dari hari ke hari malah badannya kian kurus. Biasanya kita akan berfikir anak-anak badannya kurus karena dia tumbuh tinggi. Ops tapi jangan salah, apabila badan anak kita kian kurus dan perutnya kian membuncit ini menjadi sebuah ciri umum bahwa anak kita cacingan.

 

Infeksi cacing kremi mungkin memang tak menyebabkan masalah serius pada anak, namun dalam beberapa kasus, cacing kremi dapat berpindah dari anus ke atas vagina, lalu ke rahim, saluran tuba, dan sekitar organ panggul, Ini dapat menyebabkan peradangan pada vagina atau disebut dengan vulvovaginitis. Jadi sebaiknya memang harus diwaspadai sebelum cacingan berubah menjadi penyakit yang lain.

 

 Penutup
 

Sebagai orang tua kita harus waspada dengan beberapa gejala atau ciri anak cacingan. Karena hal itu bisa saja terjadi pada anak kita. Ingat cacingan tidak melulu pada tempat-tempat yang kotor atau makanan yang dimakannya. Bisa jadi tertular pada saat bermain dengan teman-teman sebayanya di taman bermain ataupun pada saat memegang benda dll.


Untuk pencegahan selalu jaga kebersihan tangan, kaki dengan mencucinya dengan sabun anti bakteri dan  di air yang mengalir. Jaga asupan vitamin, nutrisi anak-anak kita dengan semaksimal mungkin makan makanan sehat dari rumah.


 Jika anak kita memiliki beberapa ciri tersebut, ada baiknya segera memeriksakan kepada dokter umum untuk dilakukan pengecekan dan pengobatan. Atau mungkin bisa mencoba mengobatinya dengan obat anti cacing yang dapat di beli di apotek atau toko obat terdekat.

Semoga artikel ini bermanfaat. Salam Sehat 💓💓💓

Get notifications from this blog

25 komentar

  1. Pernah kurasakan cacingan ini, gak enak banget. Apalagi kalau yang merasakannya anak-anak ya, maka kita sebagai orang tua harus aware.

    BalasHapus
  2. secara berkala anak-anak saya dapat jatah obat kecacingan dari sekolah, ini di suply oleh Puskesmas setempat. Alhamdulillah pemerintah aware terhadap pencegahan cacingan pada anak usia sekolah.

    BalasHapus
  3. Isshhh, cacingan ini penyakit sejuta bocah deh mbaaa
    kayaknya hampir semua bocah pernah kena cacingan.
    yg penting ortu kudu telaten utk melakukan perawatan, pencegahan dan pengobatan ya

    BalasHapus
  4. Ankku yang bungsu pernah cacingan waktu kecil..bener banget gatal dan garuk-garuk anus dia, terus malam susah tidurnya.Eh cacingan, kasih deh obat cacing, rutin sekarang ngasihnya

    BalasHapus
  5. Anakq termasuk yang berat badannya gak bisa naik dengan signifikan tapi Alhamdulillah setelah baca artikel ini, diagak termasuk di 4 tanda cacingan yang udah disebutin di atas.

    BalasHapus
  6. Anak aku belum pernah mba minum obat cacing. Soalnya aku belum nemuin gejala di atas. Aku baru tahu mba kalau malam malam cacingan itu suka bikin gatal. Hiii geli ya ama serem juga

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah anak-anak saya belum pernah cacingan. Semoga jangan sampai mengalami ketika masih anak-anak. Tapi, saya pernah mengalami. Meskipun udah lama banget berlalu, keingetannya sampai sekarang. Gak nyaman banget :D

    BalasHapus
  8. banyak yang belum menyadari bahaya cacingan ini yaa. Menurut artikel yang pernah saya baca, cacingan juga bisa menjadi penyebab stunting

    BalasHapus
  9. Dulu waktu kecil aku sering cacingan mbak, ciri-cirinya pun sesuai yang ada di tulisan ini. Yang paling kentara itu perut buncit tapi badan kurus. Kalo dulu diminumin jus daun jambu muda

    BalasHapus
  10. paling takut nih saya kalau anak cacingan

    takut jadi malnutrisi

    karena itu saya rutin ke dokter keluarga agar enggak cacingan

    BalasHapus
  11. makasi infonya... jadi tahu gejala anak cacingan. ternyata selain gatal sekitaran anus, kalau malam susah tidur ya...

    BalasHapus
  12. Fiks point nomor 4 itu aku banget waktu kecil hehe, sampe pernah trauma dikasih obat cacing, eh pas pup keluar cacing panjang banget dari anus, shok sekali rasanya walau waktu itu masih jadi anak-anak. Tapi bener emang penting mengonsumsi obat cacing ini untuk membunuh ekosistem cacing parasit di saluran cerna.

    BalasHapus
  13. Semoga berkurang anak-anak yang mengalami cacingan. Perhatian dan peduli anggota keluarga harus jeli ya kala melihat gejala cacingan

    BalasHapus
  14. Perhatian keluarga untuk penanganan kesakitan seperti cacingan pada anak akan membantu anak san keluarga

    BalasHapus
  15. Memperhatikan anak kesakitan cacingan membuat semakin peduli bahwa penanganan yang tepat akan meminimalisir resiko

    BalasHapus
  16. Mengenali gejala ini penting banget biar kita tahu gemana menanganinya..Anak-anak termasuk rentan kena cacingan ya..jadi harus teliti dengan gejalanya dan selalu sedia obat cacing

    BalasHapus
  17. Aku waktu kecil pernah cacingan. Makanya sekarang lebih aware aja sama anak-anak agar bisa terhindar dari cacingan. Karena seperti biasa, tapi efeknya nggak baik banget buat tumbuh kembang anak.

    BalasHapus
  18. Pengalaman masa kecil pernah cacingan, aku jadi aware dengan anak-anak ku. Sejak usia 2 tahun udah aku kaaih obat cacing tiap 6 atau 7 bulan sekali

    BalasHapus
  19. penting banget ya mbak, tahu apa saja ciri ciri anak cacingan
    biar saat anak cacingan, kita bisa segera mengatasinya

    BalasHapus
  20. Berarti anak berperut buncit bukan berarti gemoy lucu ya, bisa jadi malah terindikasi cacingan. Kalau gatal di sekitar anus, aku pernah waktu kecil, hihi. Akhirnya diminumin obat cacing sama ibu

    BalasHapus
  21. Meski kadang dianggap sepele tapi cacingan bisa mengakibatkan penyakit serius juga dan menghambat pertumbuhan anak ya mba.

    BalasHapus
  22. Hampir sebagian besar usia anak pernah mengalami cacingan, oleh karenanya sebagai orang tua harus aware atas kebersihan terutama pada anak. Dan lekas beri obat cacing agar tidak berkelanjutan gejalanya karena pasti ga nyaman banget

    BalasHapus
  23. Yang kebanyakan orang tau anak cacingan badannya kurus tapi perutnya buncit

    BalasHapus
  24. flashback waktu masih TK kayaknya pernah diminumi obat cacing dan cacingan hahaha, takutnya saat itu
    ternyata orang dewasa harusnya juga perlu konsumsi obat cacing untuk kesehatan ya

    BalasHapus
  25. Terkadang anak yang cacingan ini juga jadi gampang tantrum karena tak nyenyak tidur di malam hari juga,
    Alhamdulillah saya sendiri udah rutin memberi obat cacing setiap 6 bulan sekali ke anak.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.