7 Tips Sehat, Aman dan Nyaman Saat Datang Bulan



Pernah nggak sih merasakan perut mulas seperti di remas-remas?. Saking nggak tahan dengan sakitnya biasanya saya memilih pulang ke rumah dan nggak mampir kemana-mana. 


Hari pertama hingga hari ketiga biasanya saya akan menghabiskan dengan tidur dan diam-diam saja di dalam kamar tanpa melakukan hal apapun.


Sebagai seorang yang memiliki usaha sendiri tentu hal ini bukan masalah besar. Saya tinggal menutupnya hingga kesehatan saya kembali pulih. 


Namun apa jadinya jika harus tetap beraktivitas di luar rumah? Harus tetap masuk kantor, harus bekerja yang tak bisa di tunda? Nggak ada kata manja meskipun sedang datang bulan bukan?


Untuk itu kita tentu membutuhkan pembalut charm extra comfort agar hari-hari kita menjadi nyaman sama seperti hari biasa pada waktu kita tidak kedatangan tamu datang bulan. Banyak orang mengira memilih pembalut mah asal murah saja. Toh juga akan dibuang juga.


Mereka melupakan kalau pembalut kita nyaman kita tidak perlu repot bolak-balik ke kamar mandi. Pembalut yang aman juga membuat kita nyaman tak perlu was-was dengan kesehatan miss v kita pada saat datang bulan.


Yuks simak tips sehat, aman dan nyaman saat datang bulan versi saya


1. Pilih Pembalut yang Nyaman


Pembalut merupakan hal yang sangat penting apabila kita sedang datang bulan. Pilih pembalut yang berdaya serap baik agar miss v kita tetap kering, tidak lembab dan nyaman. Biasanya saya memilih pembalut yang lembut dan menggantinya setiap beberapa jam sekali untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit miss v.


2. Makan  makanan Sehat


Pada waktu sedang datang bulan. Mengkonsumsi makanan sehat adalah suatu keharusan. Usahakan makan meskipun rasa malas menghinggapi kita. Biasanya rasa malasnya datang karena setelah makan perut rasanya akan sangat tidak nyaman dan melilit-lilit.


Untuk mengurangi rasa sakit yang menyerang perut pilihlah makan dengan yang berkuah hangat seperti nasi sop atau nasi soto. Bubur ayam dengan kuah panas seperti bubur ayam samarinda juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Perbanyak makan protein agar tubuh kita terjaga.


3. Makan buah-buahan.


Makan buah-buahan terkadang juga membuat kita sangat malas pada saat datang bulan. Bawaannya mager banget kan? Menyiasatinya bisa dengan membuat juice. Juice bikinan sendiri tanpa gula tambahan menjadi solusi terbaik. Untuk menambah kesegaran tubuh saya biasanya membuat juice buah naga, buah semangka, buah pear, buah apel dll buah yang memiliki kadar air banyak.


Membuat salad buah buah juga bisa menjadi solusi, simple dan menyegarkan. Terlebih bila membuatnya sendiri di rumah. Kita bisa membuat dari buah-buahan premium yang kita miliki di rumah.


Cara membuat salad buah : Yang kita butuhkan hanya beberapa macam buah seperti semangka, melon, apel, pear, anggur, strawberry, kiwi dll terserah sesuai selera saja. Buah potong segi empat. Di mangkok terpisah masukan mayonnaise, yogurt, susu kental manis aduk rata, lalu masukan buah-buahan potong. Aduk rata dan beri parutan keju diatasnya. Tradaaa salad buah healthy siap disantap.


Oh ya makan buah-buahan segar pada saat sedang datang bulan begini selain membuat tubuh kita menjadi sehat, segar dan imun juga terjaga karena buah-buahan sangat kaya vitamin c kan?

 

4. Istirahat Yang Cukup


Pada saat datang bulan, mau tak mau memang harus istirahat yang cukup agar tubuh tidak lemah dan mudah terserang berbagai penyakit. Apabila sedang tidak bekerja dan hanya tinggal di rumah, bisa diupayakan untuk tidur siang ataupun tidur malam lebih cepat dari waktu biasanya kita tidur.


Karena pada saat datang bulan tubuh kita memang cenderung lebih letih dan lemas yang berkepanjangan karena tubuh kita mengeluarkan zat besi dalam darah yang berakibat kita menjadi terserang anemia.

 

5. Olahraga Ringan/Yoga


Sedang datang bulan bukan berarti kita menjadi malas. Justru dengan sedikit lebih bergerak akan membuat tubuh kita menjadi lebih ringan. Setelah berolah raga, keringat sudah kering coba mandi keramas dengan menggunakan air hangat, dijamin tubuh menjadi lebih segar daripada hanya tiduran di dalam kamar.

 

6. Minum Obat, Multivitamin dan Jamu Herbal


Apabila nyeri perut bercampur dengan nyeri sendi dan sakit kepala yang membuat kita merasa sangat kesakitan jangan ragu untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan resep obat yang tepat. Meskipun di toko obat banyak beredar aneka obat-obatan untuk penghilang nyeri datang bulan namun tak ada salahnya bila memilih obat yang tepat bukan?


Namun jika sakitnya masih mampu kita tahan, kita cukup meminum multivitamin agar tubuh kita kembali fit. Perhatikan aturan minum multivitaminnya juga ya. Jangan sampai kita over. 


Oh ya, ada tips nih pada saat datang bulan agar badan lebih fit dan lebih lancar dengan meminum jamu herbal kunyit asam. Tak perlu repot-repot memarut, memblender atau merebusnya sepanci besar. 


Cukup potong-potong beberapa ruas kunyit, kasih asam sedikit Dan tambahkan gula merah. Seduh dengan air panas satu gelas, tutup 30 menit  kemudian minuman herbal yang menyegarkan siap diminum.


Penutup


Demikian 7 tips sehat, Aman Dan nyaman saat datang bulan versi Saya, semoga bisa diambil manfaatnya 



 

 

 

 

Get notifications from this blog

18 komentar

  1. Belum pernah ngerasain dan nggak tahu rasanya datang bulan, tapi kalo katanya sakit banget ya mbak. Tulisan ini aku share ke temen2ku yang perempuan yaa~

    BalasHapus
  2. Yes masa-masa datang bulan emang butuh kenyamanan .. ternyata banyak cara ya...Pilih pembalut yang tepat tuh pentiing banget.. biar kita nyaman selama menstruasi..dan aman juga tentunya

    BalasHapus
  3. Semenjak jadi ibu yang pernah lahiran secara cesar, terkadang saat haid itu ada nyerinya. Memang harus menjaga makan serta olahraga ringan. Kayaknya memang harus dicoba ini yoga, saya belum pernah soalnya.

    BalasHapus
  4. saya kalo lagi haid pastinya pilih pembalut yang nyamankaya Charm ini, plus dibantu dengan minum jamu biar seger dan nyaman

    BalasHapus
  5. Wuaaaaa thankiss mbak aisyah tipsnya, aku jadi pengin coba yang kunyit dipotong-potong terus dikasih asam lalu kasih gula jawa terus diseduh deh, tinggal tutup selama 30 menit. Minuuuuuuuum deh. Lebih alami tentu saja ya, Mbak....

    BalasHapus
  6. Nah kalau aku minum herbal nih kalau pas datang bulan dan perut melilit..biasanya kunir asem sih ya udah ampuh banget itu

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah coba ramuan kunyitnya nih. Kayanya gampang ya buatnya. Thanks mba

    BalasHapus
  8. Betul banget nih, kalau lagi datang bulan tuh beneran banyak nggak nyamannya, tapi saya pernah nggak datang bulan, dan nggak hamil juga, ampun takutnya, hahaha.

    Sedemikian pentingnya datang bulang, biarpun ngerasain nggak nyaman, btw thanks tipsnya :)

    BalasHapus
  9. saya selalu minum herbal setiap datang bulan

    datang bulan lancar dan gak bau

    serta pastinya harus sering ganti pembalut

    BalasHapus
  10. Kalau salah cari pembalut, sering banget iritasi. Jadi harus bener-bener selektif milihnya. Charm ini salah satu pilihan dari zaman gadis dulu, gampang didapat dan terjangkau lagi harganya

    BalasHapus
  11. aku biar nyaman saat mens adalah peka. peka kalau tubuh butuh treatment yang spesial
    istirahat siang
    minum air putih agak banyak
    dan kudu ngerti kalau badan ini sedang gampang lelah

    BalasHapus
  12. Wah makasih kak insight tentang cara perawatan tubuh wanita saat mens, ada resep herbal juga dengan kunyit asam tuh boleh juga saya informasikan kepada keluarga. Sangat bermanfaat tulisan seperti ini.

    BalasHapus
  13. Betul banget kalau pembalutnya tidak nyaman agak gimana gitu rasanya ya. Aku punya merek pembalut yg dari SMU sudah pakai itu terus berasa cocok

    BalasHapus
  14. Saya hari pertama menstruasi sangat tersiksa sih, bukan hanya lemas dan pusing. Bolak balik kamar mandi ganti pembalut wajib nih

    BalasHapus
  15. Terkadang waktu menstruasi, aku juga pakai tambahan konsumsi kapsul penambah darah mba, soalnya suka berkunang-kunang terlebih di hari pertama

    BalasHapus
  16. Pernah kak, rasanya gak enak banget perut mulas lebih dari biasanya. kalau aku baca dari tips di atas kayaknya kurang istirahat, konsumsi buah-buahan dan olahraga nih aku. Aku mau coba terapin ah semua tipsnya.

    BalasHapus
  17. Konsumsi makanan sehat, beraktifitas, menggunakan pola hidup sehat akan membantu

    BalasHapus
  18. Mbak itu minuman herbal yang kunyit, pakenya asam jawa yang buat masak ikan itu kan? Mau coba bikin ah bahannya ada semua nih di dapur

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.