7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Parah Akibat Smoothing


Rambut merupakan mahkota yang tidak ternilai harganya. Memiliki rambut lembut, lurus dan mudah diatur adalah impian banyak perempuan. 


Tidak hanya perempuan yang tidak berhijab, perempuan berhijab pun menginginkannya. 


Ada kepuasan dan kebahagiaan tersendiri saat memandang keindahan rambut di kaca. Apalagi, jika pasangan memuji. 


Salah satu cara yang dilakukan adalah smoothing. Smoothing membuat rambut terlihat lurus alami dan bertahan hingga beberapa waktu.


Meski tidak bersifat permanen, keputusan untuk smoothing harus dipertimbangkan karena efek sampingnya, seperti kerontokan. 


Tidak jarang, kerontokan tersebut terjadi cukup parah. Hal ini dikarenakan rambut terkena proses kimia. Jika hal ini terjadi, tidak perlu merasa khawatir, dengan melakukan sedikit perawatan maka rambut rontok akan berkurang. 


Berikut 7 cara mengatasi rambut rontok parah akibat smoothing.


1. Beri Vitamin Rambut


Yuk, beri vitamin rambut secara teratur untuk menetralisir bahan kimia saat smoothing. 


Pilih vitamin B dan E yang dapat memperkuat akar rambut dan memelihara kesehatan rambut. 


Pemakaian vitamin rambut biasanya setelah keramas dan menggunakan kondisioner. Ada banyak pilihan vitamin rambut dengan harga bervarian sesuai budget.


 

2. Gunakan Sisir Bergigi Jarang dan Pilih Sisir Berbahan Kayu


Coba lihat sisir yang kamu gunakan sehari-hari. Apakah bergigi rapat dan terbuat dari bahan plastik? 


Ternyata sisir dengan bahan plastik dapat menimbulkan gaya listrik yang menarik rambut. Sisir bergigi rapat juga akan membuat rambut tertarik cukup kuat, terutama saat kusut. 


Hal inilah yang membuat kerontokan semakin parah. Karena itu, beralihlah menggunakan sisir bergigi jarang dan pilih sisir berbahan kayu. Kamu bisa mencarinya di market place langganan.



3. Hair Mask dan Creambath


Hair mask mampu bekerja lebih efektif karena mengandung jojoba oil, minyak zaitun, dan minyak almond. Hair mask juga memanfaatkan bahan alami seperti alpukat, pisang, dan madu. Hair mask bisa menjadi pilihan perawatan terbaik untuk mengatasi rambut rontok. Sementara, creambath merupakan perawatan dasar dengan mengoleskan krim secara merata di rambut, pemijatan, dan steam (membungkus rambut dengan menggunakan handuk hangat).


 

4.Keramas secara Rutin dan Teratur


Tidak jarang rambut menjadi lebih kering pasca smoothing. Dengan melakukan keramas secara rutin dan teratur dapat menjaga kelembaban rambut.


Keramas menggunakan air dingin memang lebih bagus. Tapi Ketika cuaca dingin dan Hari sudah malam sebaiknya keramaslah menggunakan air hangat jangan yang panas.


5. Menggunakan Minyak Rosemary


Masih asing dengan minyak rosemary? Faktanya minyak rosemary dapat menstimulus akar rambut agar tumbuh subur dan mampu mengatasi rambut rontok parah akibat smoothing. Cukup oleskan minyak rosemary keseluruh bagian rambut dari akar hingga ujung. Untuk mendapatkan hasil terbaik tentu harus dilakukan secara rutin dan tertaur.


6. Shampoo dan Kondisioner yang Tepat


Rambut yang sudah dismoothing biasanya kering, kusam dan rontok parah. Karena itu gunakan shampo dan kondisioner yang diformulasikan untuk rambut kering dan rontok yang formulanya tentu lebih lengkap dan sesuai dengan kebutuhan rambut.


7. Jangan Terlalu Lama Mengikat Rambut


Kebiasaan mengikat rambut, terutama untuk para hijabers ternyata dapat merusak rambut, membuat rambut stress dan rontok. Apalagi, untuk rambut yang dismoothing. Rambut akan menjadi rapuh. Sebaiknya, jangan terlalu lama mengikat rambut. Biarkan rambut bernapas dengan bebas tergerai. Tidak bisa melakukannya disiang hari, maka lakukan dimalam hari saat akan tidur.


Itulah tadi 7 cara mengatasi rambut rontok parah akibat smoothing. Selain 7 cara di atas tentunya harus diimbangi dengan makan makanan sehat sebagai nutrisi dari dalam. Selamat Mencoba!



Get notifications from this blog

1 komentar

  1. aku rajin keramas tapi aku mager kalo creambath, kayak agak lama banget buat di toilet dan orang rumah biasanya banyak yang mau pake juga hehehehehehe

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.