Rekomendasi Obat untuk Memar dan Cara Perawatan Luka Memar

 

Perawatan Luka memar

Saat beraktivitas, benturan atau terjatuh merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan. Meski tidak ada luka luar, terkadang muncul memar pada kulit. 


Tak perlu panik, sebab memar sebenarnya merupakan indikasi bahwa ada sebagian kecil darah yang terperangkan di bawah kulit. 


Hal ini dikarenakan adanya tumbukan dengan benda tumpul yang menimbulkan pecahnya pembuluh darah.


Munculnya memar biasanya diiringi dengan rasa nyeri atau bahkan bengkak. Hal ini sangat wajar terjadi, namun biasanya tidak akan menimbulkan efek lain yang terlalu parah. 


Memar dan bengkak serta rasa nyeri umumnya akan hilang dalam beberapa hari. Untuk mempercepat proses penyembuhan, bisa menggunakan tambahan obat atau salep.


Rekomendasi obat untuk memar



Adakah yang sudah pernah denger produk Zambuk?


Zambuk merupakan salep dengan warna hijau, yang efektif meredakan rasa nyeri akibat memar dan juga terkilir ringan.


Selain itu, salep ini juga bisa digunakan untuk mengobati gatal-gatal. Formula salep Zambuk sudah dipercaya selama lebih dari 100 tahun dan terbukti aman untuk orang dewasa serta anak-anak di atas usia 2 tahun.


Zambuk mengandung Eucalyptus Oil, Camphor, Thyme Oil, dan juga Colophony. 


Penggunaannya pun sangat mudah, cukup oleskan pada bagian kulit yang memar. Pastikan kulit sudah dibersihkan terlebih dahulu. Jika diperlukan, bisa juga menutup kulit yang sudah diberi salep Zambuk dengan kasa steril.


Ohiya, Zambuk Indonesia ini dikeluarkan oleh PT Bayer Indonesia, jadi rasanya tidak perlu diragukan lagi keasliannya.




Selain dengan mengoleskan salep Zambuk, ada sejumlah perawatan pada luka memar yang perlu dilakukan untuk mempercepat penyembuhannya, antara lain: 


Istirahat Cukup


Saat mengalami luka memar, sebisa mungkin kurangi intensitas gerakan pada anggota tubuh yang sakit.


Hal ini perlu dilakukan agar kerusakan pembuluh darah di bawah kulit tidak semakin parah dan bisa pulih dengan cepat.


Jika luka memar ada di bagian kaki, maka sebaiknya tidak menggunakannya untuk berjalan terlalu jauh.


Kompres dengan Es


Pengompresan dengan es perlu dilakukan segera setelah memar didapatkan. Hal ini dilakukan untuk mempersempit pembuluh darah yang rusak, sehingga luka tidak meluas.


Untuk melakukan pengompresan, siapkan handuk bersih dan masukkan beberapa buah es batu ke dalamnya. Bungkus, lalu tempelkan pada kulit yang memar dan diamkan selama 30 menit.


Bebat Luka Dengan Perban


Rasa nyeri yang didapatkan dari luka memar cukup mengganggu. Salep Zambuk bisa mengurangi rasa nyeri ini.


Akan lebih nyaman jika luka dibebat menggunakan perban elastis. Perhatikan cara memerban, jangan sampai terlalu ketat yang menyebabkan darah tidak bisa mengalir dengan baik.


Mengangkat bagian tubuh yang memar
Saat terjadi memar, adanya aliran darah yang terlalu deras ke arah luka akan memperparah rasa nyeri.


Maka dari itu, usahakan untuk selalu meletakkan bagian tubuh yang memar di posisi lebih tinggi. Gunakan bantuan bantal untuk mengganjal bagian tubuh yang terluka.


Konsumsi Obat Secukupnya


Jika ada keluhan seperti bengkak atau nyeri berlebih, maka konsumsi obat pereda nyeri bisa sangat membantu.


Namun untuk hal ini, pastikan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terlebih lagi jika luka tak kunjung membaik dalam beberapa hari.


Kunci utama dari penanganan memar adalah tidak panik dan selalu menjaga kebersihan area yang terluka. 


Pastikan juga cukup mengonsumsi air putih dan makanan bernutrisi utuk menjaga daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan dari dalam. 


Jangan lupa selalu sediakan salep Zambuk untuk melindungi keluarga dari luka memar dan gigitan serangga.

 

Get notifications from this blog

23 komentar

  1. aku kok baru tau ada produk luka memar Zambuk ini ya mbak...masih baru banget ya ini...jadi pengen nyari aahh di apotik ... bisa buat gatal2 juga...asik asik..makasih infonya mbaaaaa

    BalasHapus
  2. Wah aku baru dengar nama obat tersebut, Mbak. Boleh juga tuh, buat P3K di rumah. Biasanya anak-anakku kalau sudah bermain lari-larian, terkadang suka terjatuh. Kadang hingga luka. Nah, bisa dicoba nih Zambuk ini untuk menyembuhkan memar atau luka pada tubuh anakku yang terjatuh.

    BalasHapus
  3. Salep Zambuk, saya kok baru tahu ya, padahal sudah lama di produksi. Luka memar itu bisa di bilang luka dalam ya, dan memang rasanya bisa nyeri dan meninggalkan warna biru/hitam di kulit.

    BalasHapus
  4. Sudah pernah dengar dong. Cuma belum pernah nyoba. Abis baca review zambuk lewat tulisan mbak aisyah, saya tertarik untuk mencoba, soalnya saya termasuk orang ceroboh yang sering memar, hehehe

    BalasHapus
  5. aku banget kalo olahraga atau kepentok dikit pasti langsung memar. biasanya dikasih salep sama mamaku.

    BalasHapus
  6. baru tau ada Zambuk untuk perawatan luka memar

    selama ini kalo luka memar cuma bisa meringis padahal bisa berhari hari

    solutif banget ya Zambuk?

    BalasHapus
  7. Mesti banget obat memar ini menjadi pelengkap di kotak P3k
    Namanya musibah kan suka Dateng tiba2, dan memar adalah efek dari kecelakaan kecil yg suka terjadi kapanpun dan dimanapun

    BalasHapus
  8. Wah, kalo bagian bawah dengkul kaki memar saya mah sering banget kak, apalagi kalo pas maen bola/badminton ngambil sutlekok kadang kulit dengkul nyentuh badan lapangan, akhirnya memar. Wah cocok nih ada rekomendasi produk Zambuk, tinggal oles ya. Mantap. Btw, saat cidera/memar sebaiknya benar di kompres ice dan pake metode RICE untuk pemulihan.

    BalasHapus
  9. Anak2ku sering nih memar karena nabrak atau jatuh. Ntar kalau nemu zambuk aku beli, deh.

    BalasHapus
  10. zambuk baru denger nih ... luka memar dibawah dengkul memang lama untuk sembuh soalnya berada di pergelangan kaki, tapi solusi banget nih ada zambuk

    BalasHapus
  11. Referensi obat dan perawatan membantu momy dan anak yang terluka akibat kecelakaan ringan yang menyebabkan luka ringan, zambuk membantu perawatan luka dan penyembuhan.

    BalasHapus
  12. Eh, ada salepnya ya. Baru tahu, sih.

    Karena kalau ada memar gitu biasanya dibiarin sampe hilang sendiri. Atau kalau udah kerasa sakit baru diolesi balsem atau freshcare 😆

    BalasHapus
  13. Zambuk ini andalanku banget kalau anakku kebentur, digigit serangga atau jatuh
    Misalnya pas kepalanya kebentur, langsung dikasih zambuk lalu diusap-usap agak ditekan biar ga benjol
    Dikasih tau oleh ibuku dan jadi obat wajib harus ada di rumah

    BalasHapus
  14. Makasih banyak referensinya Mbak. Saya kebetulan orang yang gampang memar. Kepentok meja dikit aja langsung membiru dan besok-besoknya langsung menghitam gitu. Nanti cari ah ZAMBUK di toko obat. Produksi BAYER sih biasanya gampang ditemukan.

    BalasHapus
  15. Dari PT Buyer ternyata, yang memang sudah familiar pastinya oleh masyarakat.

    Bagus nih kehadiran Zambuk, yang multifungsi manfaatnya

    BalasHapus
  16. Baru dengar ada obat perawatan memar bermerk Zambuk. Karena produksi dari Bayer tentunya kualitasnya sudah tak diragukan lagi ya...

    BalasHapus
  17. iya luka memar ini biasanya gak kelihatan berdarah tapi bagian dalamnya berdarah dan kudu butuh perawatan
    boleh juga ya kalau paku zambuk, tinggal dioles
    inshaa Allah sembuh

    BalasHapus
  18. Baru tahu ada obat memar Zambuk.. Perlu sedia nih di rumah..secara kadang ada aja kejadian yang bikin emmar terutama anak-anak..entah kebentur apa gitu ..apalagi bisa buat mengatasi gigitan serangga juga ya..

    BalasHapus
  19. Kadang saya mengalami memar karena terlalu lelah. Asyk banget kalau selalu punya Zambuk di rumah. Apalagi bisa untuk obat sekeluarga ya

    BalasHapus
  20. Jadi bisa pakai Zambuk ya mba, okay noted. Soalnya kadang aja aku ga tahu kena apa eh tiba tiba memar aja gitu. Bisa banget nih taruh di kotak P3K

    BalasHapus
  21. Sepertinya butuh sedia obat ini deh di kotak P3K aku, soalnya anak laki-lakiku sering banget nih luka memar.

    BalasHapus
  22. Perlu stok nih, untuk p3k di rumah...

    BalasHapus
  23. Wajib banget ada di rumah nih, apalagi kalau masih ada anak balita yang sering banget kena luka - luka memar.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.