Cara Pakai Mesin Cuci 2 Tabung yang Benar

Cara Menggunakan Mesin Cuci 2 Tabung yang Benar


Cara Pakai Mesin Cuci 2 Tabung yang Benar - Tidak bisa dipungkiri jika mesin cuci adalah salah satu peralatan rumah tangga yang sangat membantu mencuci dengan cepat dan praktis. 


Alhasil waktu akan lebih hemat sehingga dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang lain.


Nah, bagi pengguna mesin cuci sendiri mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa jenis mesin cuci. 


Ada mesin cuci dengan satu tabung ada pula mesin cuci yang memiliki 2 tabung. Cara menggunakan mesin cuci 2 tabung adalah satu tabung untuk mencuci pakaian dan satu lagi untuk mengeringkan pakaian. 


Bedanya dengan mesin cuci satu tabung adalah melakukan aktivitas keduanya yaitu mencuci Dan mengeringkannya di tabung yang sama.


Cara Mengoperasikan Mesin Cuci dengan 2 Tabung yang Tepat


Masing-masing mesin cuci memiliki keunggulan masing-masing. 


Jika mesin cuci satu tabung tidak perlu repot memindah cucian saat hendak dikeringkan, menggunakan mesin cuci 2 tabung harus melakukan hal yang sebaliknya.


Tentu dengan kinerja demikian seharusnya mesin cuci 2 tabung lebih awet, tapi banyak yang mengeluh jika mesin cucinya tidak awet dan bertahan lama. 


Bagaimana cara mengatasinya? Ada baiknya simak dahulu tips bermanfaat berikut ini.


Jangan Memasukkan terlalu banyak baju


Cara menggunakan mesin cuci 2 tabung yang perlu diperhatikan adalah ukuran muatan baju yang dimasukkan dalam mesin cuci. 


Biasanya setiap mesin cuci memiliki kapasitas masing-masing. Namun, tetap saja yang paling penting adalah tidak memasukkan baju terlalu banyak ke mesin cuci. 


Kapasitas yang terlalu banyak akan memperberat kerja mesin sehingga cepat rusak.


·    Harus Hati-hati saat Mencuci


Sikap lain yang tidak boleh terlupakan adalah berhati-hati saat melakukan aktivitas mencuci terutama ketika mengisi air ke dalam tabung atau memindah pakaian ke tabung pengering.

Jangan sampai membasahi panel pengendali yang terletak di atas mesin.


·   Berat Tabung Harus Seimbang


Tips selanjutnya adalah jangan membebani salah satu tabung saat mencuci.


Saat melakukan pengeringan di tabung lain, usahakan berat kedua tabung seimbang agar salah satu tabung tidak cepat mengalami kerusakan.


·   Bersihkan Bekas Deterjen


Ketika selesai melakukan aktivitas mencuci, wajar jika banyak terlihat bekas deterjen di salah satu atau kedua tabung. 


Segera bersihkan karena bekas deterjen yang tidak dibersihkan dapat membuat mesin cuci cepat rusak.


Setelah mengetahui tips pentingnya, hal lain yang perlu diketahui adalah cara mencuci dengan menggunakan mesin cuci 2 tabung.


Langkah-langkahnya bisa kamu simak di bawah ini



Ukuran tabung untuk mencuci biasanya lebih besar dibandingkan dengan tabung pengering. Masukkan pakaian secukupnya sesuai dengan kapasitas mesin cuci.


Isi tabung dengan air secukupnya hingga pakaian benar-benar terendam atau sesuai dengan petunjuk mesin cuci.


Tambahkan deterjen khusus untuk mesin cuci bukaan atas. Pewangi pakaian juga bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan.


Tutup tabung dengan rapat dan pilih pengaturan siklus mencuci. Gunakan siklus pencucian sesuai dengan jenis pakaian yang dicuci.


Bila pengaturan waktunya telah berhenti, keluarkan air dari tabung dan isi kembali dengan air bersih untuk membilas pakaian. Tutup kembali dan atur ulang siklus mencuci.


Jika pembilasan telah selesai dan pakaian sudah bersih, pindahkan pakaian bersih tersebut ke tabung pengering.


Pilih kembali pengaturan siklus pengeringan sesuai keinginan

Keluarkan pakaian dari tabung dan segera keringkan di bawah sinar matahari.


Penutup

Sebenarnya, cara menggunakan mesin cuci 2 tabung pada dasarnya tidaklah sulit Apabila kamu mengikuti panduan di atas dan melakukannya dengan benar,kekuatan mesin cuci akan tetap terjaga. 

Jika masih ragu, kamu bisa membaca cara pemakaian yang biasanya terlampir pada saat membeli mesin cuci. Selamat mencoba.

Get notifications from this blog

17 komentar

  1. Wahhh aku sudah mengalami nya, mesin cuci tiba tiba ngambek, rupanya dia marah karena dipaksa nyuci melebihi kapasitas. Terkadang supaya ringkes nyucinya sekaligus tunggu banyak, akhirnya overload dan malah bikin rusak mesin cuci

    BalasHapus
  2. Dulu saat kerja di Kalimantan, perumahan perusahaan tempatku bekerja menyediakan mesin cuci 2 tabung. Jadi agak ribet sih. Setelah mencuci kudu memindahkan pakaian ke tabung pengering. Tapi, kupikir awet sih. Aku bekerja selama 2 tahun dan belum ganti.

    BalasHapus
  3. Kalau saya malah bukan melebihi kapasitas, tapi kadang baju yang dicuci terlalu sedikit. Haha, jadi kadang nunggu seminggu baru nyusi biar pas, hemat air, hemat listrik hehe.

    BalasHapus
  4. Saya mengalami pakai kedua model mesin cuci. Mesin cuci 1 tabung gak butuh banyak ruang. Mesin 2 tabung butuh ruang lebih karena cenderung lebih lebar bodinya. Alhamdulillah keduanya masih terpakai hingga hari ini.

    BalasHapus
  5. Aku terbiasa pakai yang satu tabung, pas pakai mesin cuci adik yang dua tabung sempat bingung cara operasiinnya, ternyata gak sulit kok. Asal bener-bener mengikuti petunjuknya. Tapi memang adik bilang salah satu faktor yang bikin agak cepat rusak karena seringkali over capacity, jadi mesinnya kerja keras banget

    BalasHapus
  6. Bener sih ibuku sejak punya bayik sampai sekarang gamau ganti mesin cuci 1 tabung. Dia lebih nyaman pakai 2 tabung dan katanya bisa dipakai siapa aja even ART. Awet sih memang, 5 tahun baru ganti yg baru gituu biasanya

    BalasHapus
  7. Aku keseringan kalo nyuci over load 😁 Banyak terus pakaian kotornya. Tapi memang harus hati-hati, jangan sampai kena panel listriknya. Bisa konslet. Bikin post khususn yang dua tabung dong Mbak. Buat referensi.

    BalasHapus
  8. Aku belum mahir nih nyuci pakai mesin cuci dia tabung. Kalau nggak pas bakal kayak gempa itu mesin cucinya. Jadi mesti minta tolong mbakku

    BalasHapus
  9. Wah mesin cuci dua tabung.

    Dulu di rumah ortu pernah pakai dan memang cukup tricky. Bagaimana biar pas muterin cucian, si dua tabung seimbang, trus pas mindahin cucian si panel listriknya nggak keikutan kena air sabun dan bilasan.

    BalasHapus
  10. Nah kudu disesuaikan saat memasukkan baju ke dalam mesin cuci ya. Dengan begitu bisa awet. Jangan karena biar cepet selesai, malah overload.

    BalasHapus
  11. Bener banget mbak, aku tergantung banget sama mesin cuci. Dulu aku pakai mesin cuci dua tabung juga sebelum beralih ke satu tabung. Alhamdulillah keduanya awet banget nih yang penting cara menggunakannya benar ya keduanya. Bajunya juga jangan over load saat mencuci.

    BalasHapus
  12. Kadang-kadang masalah yang sering terlupa tuh kebanyakan muatan waktu mencuci, Kak. Di rumah adikku kebetulan ART sering bermasalah dengan mesin cuci 2 tabung. Cepat rusak deh karena sembarangan pakainya. Harusnya begini cara pakai yang efektif agar hasil cuci maksimal dan mesin awet.

    BalasHapus
  13. Untungnya mesin cuci punya ortu masih awet sudah hampir 7 tahun, harusnya udah bisa di servis. Agar tetap awet terus. Soalnya ngeri juga jika kena panel listrik

    BalasHapus
  14. iya aku dulu juga pernah pakai mesin cuci dua tabung
    Emang harus hati hati makainya ya mbak, baiknya mengikuti petunjuk pemakaiannya

    BalasHapus
  15. Ah, akhirnya jadi tahu kenapa mesin cuci di rumah rusak. Over capacity dan sering ga seimbang tabungnya. Boleh nih tipsnya, secara lagi menimbang2 mau beli mesin cuci baru hehe, InsyaAllah

    BalasHapus
  16. ah ini sangat bermanfaat buat saya yang baru saja belajar bersih-bersih di rumah termasuk mencuci hehehe, meski ada tapi ga pernah pakai

    BalasHapus
  17. Mba makasih banget tipsnya ya, aku lagi mau nabung beli ini mesin cuci mba. Doain ya Mba hehehe. Sekarang tahu cara2nya dulu.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.