Menghilangkan Rasa malu Dan lebih Percaya Diri


Menghilangkan rasa malu pada diri sendiri awalnya sangatlah sulit mengingat sejak kecil sifat pemalu dalam diri saya sangatlah dominan. Saya lebih suka bekerja di belakang layar. Jadi ketika keberhasilan menghampiri kelompok saya, akan lebih mudah saya mengatakan itu salah satu keberhasilan bersama.


Saya lebih mendorong teman saya untuk menjadi yang terdepan ketimbang saya mengakui hasil kerja saya sendiri yang berakibat saya harus harus menjelaskannya di depan umum. Rasa malu saya makin menjadi-jadi ketika saya berbicara di depan public. Terlebih bila saya tidak mengenal audien sebelumnya.


Saya tahu, saya harus melawan dan menghilangkan rasa malu tersebut meski rasanya hampir tidak mungkin berhasil. Saya tiba-tiba akan berkeringat dingin, menggigil dan blank semua yang ada di kepala saya menjadi kosong.

 

Menghilangkan Rasa Malu dan Lebih Percaya Diri

 

Rasa malu yang ada dalam diri kita sudah seharusnya kita hilangkan sejauh-jauhnya. Saya sadar itu, alam bawah sadar saya sering mengatakan pada diri saya sendiri.


Untuk melawan semua rasa malu itu. Toh bukan dalam keadaan mencuri, berbuat dzolim ataupun memiliki hutang dan belum membayarnya. Jadi semua pasti akan baik-baik saja, sahut hati kecil saya memberikan semangatnuya.

 

Cari tahu penyebab Rasa Malu


Setiap orang di dunia ini dipastikan memiliki rasa malu yang berbeda-beda. Hanya saja terkadang tingkat pematik picu rasa malunya ini yang tidak sama. Ada yang memang sifat alaminya sejak kecil, ada juga malu yang karena ada suatu hal yang memang sangat memalukan hingga rasa malu kini menjadi sangat dominan dalam hidup kita

 

Ketidakmampuan untuk membaur dengan lingkungan sekitar kita

 

Seorang yang sangat pemalu bisa dipastikan tidak akan mampu membaur dengan teman-teman yang lain ataupun yang satu lingkungan. Apalagi yang belum pernah ketemu sama sekali. Apabila ada acara kopdar, reunian, gathering, buka bersama seorang yang pemalu akan lebih suka duduk di pojokan dan hanya sesekali melempar senyum manis.

 

Mari Ubah Mindset Rasa Malu dalam Diri Kita


Pada awalnya mengubah pola fikir rasa malu dalam diri kita adalah hal yang sangat sulit sekali unttuk dilakukan. Tapi tentu ini bukanlah hal yang sangat mustahil untuk dilakukan. Makin cepat mengubahnya tentu akan lebih beik buat masa depan kita sendiri.

 

Cobalah sesekali melihat rasa malu yang ada di dalam diri kita. Pandang lekat-lekat diri kita sendiri, coba memosisikan diri sebagai orang lain dengan sudut pandang yang berbeda. Dan jawablah berbagai pertanyaan yang ada dengan cara pandang yang sangat berbeda juga.

 

Fokuslah hanya kepada kelebihan diri sendiri


Rasa malu yang menjadi-jadi bisa jadi karaena kita berada di posisi yang menjadi pusat perhatian, menjadi salah satu pembicara di depan misalnya.


Sekarang cobalah berdiri di depan cermin yang besar. Dan fokuslah pada kelemahan diri. Lalu sebisa mungkin mengubahnya . Misalnya kita memiliki berat badan yang overweight ya tentu saja harus diet agar lebih percaya diri. Memiliki kulit yang agak eksotik ya harus sering-sering memakai lulur agar kulit kita menjadi lebih cerah

 

Malu Karena Memiliki Bau Badan Segera Pakai Deodorant

 

Tinggal didaerah tropis bau badan terkadang memang tidak mampu kita hindari. Tentu saja hal ini membuat kita menjadi malu. 


Gerak dikit malu, dekat dengan orang sedikit malunya jadi berlipat-lipat ganda. Satu-satunya cara balikin mood tentu saja dengan mandi bersih sehari 2 kali minimal dan tak lupa memakai deodorant yang terpercaya mampu buat balikin mood kita kembali happy.

 

Penutup


Menghilangkan rasa malu yang sangat berlebihan dari dalam diri kita sendiri sebenarnya kembali lagi pada diri kita sendiri. Semoga tips-tips diatas menjadi bermanfaat bagi kita untuk mengatasi rasa malu.

 

 

 

 

Get notifications from this blog

1 komentar

  1. Biasanya orang gak pede karena ngerasa orang lain itu lebih baik. Seperti di sekolah, mengira teman2 kelasnya lebih pintar.

    Jadi tinggal berpikir positif aja kalau semuanya itu sama, kasus sekolah ya anggap saja kita semua sama-sama belajar jadi bisa lebih percaya diri aja

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.