Jenis Ruam Popok dan Cara Mengatasinya

Ruam pada bayi


Ruam pada kulit bayi adalah hal yang kerap terjadi karena kulit bayi pada dasarnya sensitif dan sangat sensitif. 


Ruam popok adalah yang paling sering terjadi dan parahnya, ruam popok kerap datang tanpa diduga-duga, tahu-tahu pantat atau selangkangan Si Kecil sudah memerah. 


Ruam popok adalah bercak merah yang muncul pada bagian kulit bayi yang tertutupi oleh popok yang Si Kecil pakai. 


Kulit bayi yang terkena kontak langsung pada popok akan mengalami gesekan dan tekanan sehingga rentan mengalami iritasi kulit. 


Yang paling sering terjadi, ruam popok disebabkan oleh: 

1. Popok yang terlalu ketat.

2. Kondisi popok yang lembap akibat terkena urine atau feses.

3. Bayi tidak cocok dengan material popok atau tisu basah bayi. 


Untuk menghindarkan Si Kecil mengalami ruam popok, Moms bisa mulai dengan memilih popok yang tepat. 


Popok seperti Merries bisa menjadi pilihan Moms untuk Si Kecil. Merries memiliki ukuran yang lengkap dari NB dengan Merries Premium hingga Merries Premium dan Merries Good Skin dengan ukuran XL. 


Popok dengan teknologi tinggi ini didesain khusus untuk membantu Moms mencegah ruam popok. 


Merries mampu menyerap dengan cepat dan daya serapnya tinggi agar popok kembali kering setelah Si Kecil poop/pipis, permukaan lembut untuk mengurangi gesekkan dengan kulit Si Kecil yang sensitif. 


Merries Good Skin pun menjadi satu-satunya popok yang telah teruji klinis oleh PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin).


Setelah memilih popok yang tepat seperti Merries, langkah selanjutnya untuk cara mengatasi ruam popok adalah rajin untuk mengganti popoknya. 

Normalnya popok harus diganti sekitar dua sampai tiga jam sekali. Namun Tak Ada salahnya untuk sering-sering mengecek apakah popok sudah kotor dan penuh apa belum agar lekas diganti. 


Selain itu, jangan terlalu ketat memakaikan popok pada bayi karena ruam dipicu oleh kulit yang lembap. Pasangkan popok terpasang dengan tepat agar mencegah lembap, iritasi dan rasa tidak nyaman.  


Selain itu, Moms bisa mengatasinya dengan membasuh permukaan kulit bayi yang ruam dengan lap hangat, kemudian oleskan krim atau salep ruam sebelum bayi mengenakan popok. 


Tapi apabila ruam sudah membuat kulit merah, melepuh, kering, dan pecah-pecah, segera periksakan bayi ke dokter karena gejala itu menandakan infeksi jamur. 


Ruam popok memang terkesan biasa terjadi, namun memiliki dampak yang tidak bisa diremehkan, seperti nafsu makan berkurang, sulit bersosialisasi, hingga perkembangan terganggu. 


Oleh karena itu, selain mencoba beberapa hal seperti rajin membersihkan pantat bayi sebelum mengganti popok (menggunakan tisu atau handuk lembut dan pastikan arah membersihkan dari depan ke belakang untuk bayi perempuan), Moms bisa memilih popok Merries.  


Popok Merries adalah merek terbaik dalam memenuhi kebutuhan sanitasi Si Kecil. Struktur popoknya terdiri dari 3 lapisan yang memiliki rongga udara berukuran besar, sehingga sirkulasi udara dapat mengalir dengan lebih baik. 


Jadi kulit bayi dapat terhindar dari pengap yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan juga ruam popok. Selain itu popok Merries termasuk salah satunya yang memiliki harga popok bayi yang murah dan berkualitas.


Sehingga ketika Si Kecil baru lahir hingga usia 3 bulan, Moms bisa menggunakan Popok Merries Newborn. 


Sedangkan untuk menunjang aktivitas Si Kecil yang sudah semakin lincah, seperti berguling dan merangkak, Moms bisa mulai beralih menggunakan popok model celana. Hal ini dapat memudahkan Moms saat mengganti popok Si Kecil yang sedang tidak bisa diam.

Get notifications from this blog

1 komentar

  1. anak saya belum lama ini ganti ukuran popok dari M ke L karena kita ngerasa udah ketat banget, membuat bekas di pinggang dan paha dan terasa gatal jadinya buat si bayi.

    tapi gak lama kita ganti ke L, masih ada juga bekasnya, apa benar harus langsung naik lagi ke XL apa memang bahannya kurang lembut ya. tapi case yang ini tidak membuat si bayi merasa gatal sih.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.