4 Tips Memilih Model Kubah Masjid: 2 Diantaranya Wajib Anda Ketahui

Tips Memilih Kubah masjid
Tips Memilih Kubah Masjid

Untuk warga masyarakat yang kebetulan ingin membangun sebuah masjid di lingkungan tempat tinggalnya, kalian bisa mencari di internet beberapa informasi harga kubah masjid  yang bisa dijadikan rekomendasi ketika hendak mewujudkan tujuan mulia tersebut. 


Karena ketika memutuskan membangun masjid sebagai sarana ibadah umat Muslim maka salah satu bagian dari arsitekturnya  adalah kubah masjid yang tidak boleh terlewatkan.


Sering kita melihat di suatu wilayah entah itu kompleks perumahan, perkampungan bahkan di pinggir jalan sekalipun terdapat masjid-masjid yang dibangun untuk memudahkan umat Islam dalam menunaikan rukun Islam yang kedua tersebut. 


Saya pun sering menunaikan sholat lima waktu di masjid yang ditemui di daerah tertentu ketika sedang bepergian entah itu dalam jarak jauh maupun yang dekat saja.


Beberapa Masjid di Indonesia juga merupakan salah satu objek wisata religi yang dapat dikunjungi oleh umat Islam. 


Di saat kita pernah melakukan wisata religi berkunjung ke beberapa masjid terkenal di Indonesia maka kita akan melihat keunikan dari kubah masjid tersebut. Tentunya kubah masjid satu daerah berbeda dengan daerah lainnya dimana perbedaan tersebut pada umumnya didasari oleh kebudayaan setempat.


Kubah Masjid sendiri di Indonesia merupakan simbol kemegahan Islam sebagai agama terbesar. Namun secara prakteknya, kubah merupakan penutup dari bangunan Masjid. 


Jika kita perhatikan dengan saksama maka kubah berbentuk separuh lingkaran atau bola. Tak jarang ada juga kubah Masjid yang berbentuk kerucut.

 

Beberapa Model Kubah Masjid di Indonesia


Karena kita hidup dan tinggal di Indonesia, maka ada beberapa  model kubah Masjid yang perlu Anda ketahui untuk memperkaya wawasan tentang keislaman.


 Model kubah Masjid tersebut antara lain:

  1. Kubah Pinang
  2. Kubah Madinah
  3. Kubah Setengah Bola
  4. Kubah Bawang


Keempat model kubah masjid tersebut di atas tentu bisa dimodifikasi sedemikian rupa sesuai keinginan pemilik modal maupun saran dari kontraktor kubah Masjid.

 

Tips Memilih Kubah Masjid


Setelah mengetahui beberapa model kubah Masjid di Indonesia, lalu apakah kita harus memilih sesuai keinginan dan kesukaan saja tanpa mempertimbangkan hal lain? Tentu saja ada beberapa faktor pendukung ketika memilih kubah Masjid.


Berikut beberapa tips memilih Kubah Masjid yang sesuai dengan lingkungan dan wilayah masjid itu akan dibangun adalah:

1.Bahan yang Digunakan Harus Tahan di Segala Cuaca

Di Indonesia sendiri terdapat dua musim dalam satu tahun yaitu musim hujan dan kemarau dimana dengan adanya kedua musim tersebut membawa dampak jika pemilihan bahan kubah tidak tahan terhadap cuaca hujan ataupun kemarau.

Jika hujan tentu hal yang tidak diharapkan adalah angin kencang yang menerjang sehingga pilihlah kubah dengan bahan yang kokoh terhadap badai angin. 

Ketika musim kemarau datang tentu akan menghasilkan suhu yang sangat panas sehingga pemilihan bahan kubah tertentu bisa mengakibatkan suhu di ruangan masjid menjadi ikut panas.

Jika ruangan di dalam masjid panas bisa jadi akan menimbulkan ketidaknyaman bagi jamaah yang ingin melaksanakan sholat di dalam masjid. Namun biasanya hal tersebut bisa diimbangi dengan memberi keramik yang menimbulkan efek dingin di lantai.


2. Pilih Bahan yang Berkualitas


Ketika memutuskan membangun masjid dengan kubah di atasnya maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahan yang dipilih merupakan bahan berkualitas sehingga tahan lama dan tidak memerlukan renovasi dalam waktu dekat. 


Apalagi proses pembuatan kubah masjid memiliki tingkat kesulitan yang tinggi sehingga jika harus renovasi beberapa kali akan mengakibatkan pembengkakan biaya.


3.Pilihlah Corak Kubah Sesuai Dengan Tradisi Suatu Daerah


Pulau Jawa dan Sumatera tentu memiliki tradisi daerah yang berbeda. Bahkan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur saja mungkin budaya yang dimiliki juga tidak sepenuhnya sama.

Hal ini tentu saja yang menjadi pertimbangan untuk membangun sebuah masjid beserta kubahnya. Misalkan saja masjid yang berada di Sumatera Barat ada yang memiliki kubah berbentuk atap rumah gadang dimana bentuknya melengkung dan runcing ke atas.


 4.Pilih Warna dan Motif yang Menarik


Motif kubah Masjid seharusnya disesuaikan dengan warna dinding pondasi masjid itu sendiri. Jika misalnya suatu masjid yang akan dibangun berada di daerah dekat pesisir pantai maka sebaiknya motif kubah Masjid berwarna biru laut


Jika dilihat dari apa yang telah saya jabarkan maka poin 1 dan 2 bisa dikatakan merupakan pertimbangan utama dalam memilih kubah Masjid karena selain faktor keamanan tentu agar bangunan masjid juga bisa bertahan lama sehingga tidak memerlukan biaya besar untuk renovasi ke depannya.

 

Kesimpulan


Demikian beberapa tips memilih kubah Masjid yang perlu Anda ketahui. Jika membutuhkan informasi mengenai model kubah Masjid yang cocok untuk daerah Anda dan bagaimana mengetahui simulasi perhitungan biayanya, maka dapat menghubungi Kontraktor Kubah Masjid untuk berkonsultasi mengenai pembangunan tempat ibadah umat Muslim tersebut.


Pastikan untuk memilih kontraktor kubah Masjid yang profesional dan tentu saja pengalaman dalam membangun salah satu bagian dari arsitektur masjid tersebut. Tanyakan terlebih dahulu portofolio dari proyek pembangunan kubah Masjid yang telah dicapai selama ini.

 

Get notifications from this blog

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya