Cara Mengatur Kebutuhan Gizi Anak Dengan Mudah

 

Kebutuhan Gizi Anak

Kebutuhan gizi anak itu sangat penting, tentu saja tujuannya agar anak-anak kita kelak bisa tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang sehat, kuat, dan tidak mudah sakit.

 

Sebisa mungkin sebagai orang tua harus mengusahakan agar nutrisi sehari-hari yang dikonsumsi anak-anak kita tercukupi. Berhasil atau tidak tergantung kepada cara kita mengaturnya. 

 

Meski Sebagian orang tua mengatakan anak-anak susah makan buah, anak-anak susah makan sayur-mayur, susah makan protein hewani, susu dll. Tapi tentu saja kita sebagai orang tua tidak boleh kalah bukan? Mari kita kuatkan tekad agar kebutuhan gizi anak-anak kita terpenuhi.

 

Kenali Usia Kebutuhan Gizi Anak
 



Semakin bertambah usia anak kita semakin bertambah pula kebutuhan nutrisi tubuhnya. Anak di usia 1,2,3,4, dan 5 tahun tentu sangat berbeda dengan anak-anak kita yang dibawah 1 tahun ataupun diatas 5 tahun.

Usia 1 - 3tahun atau yang biasa disebut dengan usia Todler adalah usia dimana anak-anak membutuhkan gizi yang tepat karena anak-anak sudah mulai bisa beraktifitas dengan lingkungan sekitarnya.

Kita bisa perlahan-lahan mengenalkan makanan pendamping atau MPASI kepada anak-anak. Pastikan kebutuhan gizi anak-anak tercukupi agar tumbuh kembangnya tidak terganggu.

 

Berikan Cairan Yang Cukup Pada Anak

 

Seiring bertambah usianya anak-anak sudah pasti makin aktiv bergerak bukan?  Apalagi bagi yang tinggal di daerah tropis. Cuaca panas terkadang membuat anak-anak menjadi mudah berkeringat apalagi setelah habis bermain-main, berlarian, main sepeda dan berkejaran bersama teman-temannya.

 

Memberikan cairan air putih ataupun juice dari buah asli tanpa gula tentu saja sangat baik, namun jangan sampai terlupa untuk tidak memberikan susu. Karena bagaimanapun susu mengandung zat gizi yang esensial seperti DHA dari minyak ikan, omega 3 dan omega 6.

 

Selain itu juga mengandung vitamin A,C,E, selenium, zink dan lactobasillus Rhamnosus untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi anak dan mendukung tumbuh kembang anak dengan optimal.

 

Say No To MSG

 

Kalau orang tua zaman dahulu mengatakan jangan ajari anak-anak jajan diluar biar nggak susah makannya itu memang benar adanya. Makanan diluaran sana belum tentu friendly sama anak-anak. Ada yang super lezat dan membuat anak-anak kita makannya sangat lahap, tapi jangan lupakan dengan bahaya msg.

 

Sekali anak-anak kita merasakan makanan yang dijual diluaran sana, akan susah memberi makanan di dalam rumah yang kita masak karena cita rasanya tentu berbeda. Sebagai orang tua tentu kita akan sangat berhati-hati bila memberi makan kepada anak-anak kita bukan?

 

Tak ada salahnya ketika kita sedang makan diluar bersama keluarga, kita membawa sedikit bekal dari rumah buat makanan sehat anak-anak kita. Repot sedikit tentu tidak masalah yang terpenting adalah Kesehatan anak-anak bukan?

 

Mengenalkan Berbagai Makanan pada Anak-Anak
 

Anak menolak menu makanan yang bergizi tinggi tentu hati kita sebagai orang tua terasa sakit bukan? Bahkan ada yang putus asa dengan memberi makanan yang jauh dari standard dari mengatur kebutuhan gizi anak.

 

Solusinya jangan biarkan anak-anak memakan cemilan snack, minuman manis yang hanya kaya akan gula tapi tidak ada nutrisi gizi di dalamnya. Karena efek dari snack serta minuman manis akan membuat efek kenyang dan akhirnya anak-anak jadi susah ketika makan.

 

Finger food

Ketika anak-anak sedang belajar untuk makan, ada baiknya mengenalkan berbagai potongan buah, mulai dari yang manis-manis dulu seperti apel, pear, pisang, semangka. Potong sesuai dengan jari-jari tangan anak. Usahakan jangan terlalu besar sehingga anak-anak bisa langsung memakannya dengan pelan-pelan.

 

Penutup 


Demikian artikel sederhana tentang kebutuhan gizi anak ini saya tulis, semoga bisa dipetik manfaatnya buat kita semua, terima kasih

 

 

 

 

 

Get notifications from this blog

1 komentar

  1. Hebatnya, teman kantor saya ada yang sudah "mengenalkan" msg ke anaknya, padahal masih bayi

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.