Hari Jadi kota Balikpapan ke-124 Dengan Sejuta Pesona Wisata

 

hari-jadi-kota-balikpapan-ke-124
Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124 |pribadi

Hari jadi kota Balikpapan ke-124 pada tahun 2021 ini merupakan tahun yang sangat luar biasa. Terlebih di bidang pariwisata. Bersyukur sekali rasanya kita menjadi orang pilihan, yang sampai detik ini masih bisa berdiri tegak, sehat dan tetap semangat. Sehingga kita bisa kembali meneruskan perjuangan ikut serta mempromosikan pesona wisata kota Balikpapan yang sangat kita sayangi ini.

 

Iya, betul kita, Kalau tidak kita sebagai warga kota Balikpapan lalu siapa lagi. Kita bisa mengajak sahabat, saudara, handai taulan serta kenalan kita untuk berkunjung dan menikmati wisata kota Balikpapan.

 

Kita bisa memulainya dari hal-hal sederhana yang kita bisa seperti memposting foto-foto cantik di sosmed serta video tempat-tempat wisata kota Balikpapan di akun youtube ataupun akun tiktok kita bukan? Kita bisa memberi insight tentang keindahan wisata kota Balikpapan.


“Yuk liburan ke kota Balikpapan. Menikmati pesona wisata indah kota Minyak yang tiada habisnya. Pantai-pantai yang membentang luas dengan butiran pasir putih bak mutiara indah. Kebun raya serta mangrove hijau yang akan menyegarkan sepanjang mata memandang”


Tak lupa ada aneka ragam wahana permainan seru yang menantang adrenalin juga sangat menarik hati. Serta wisata kulinernya yang langsung membuat perut keroncongan dan menitikan air liur saat baru disebut namanya. Iya, seindah itu wisata kota Balikpapan. 


Yuk tunggu apalagi? segera persiapkan tiket pesawat, kapal laut ataupun karpet terbang. Dan ajak Keluarga besar kita bersama-sama  berlibur ke Balikpapan. Eh sebelum itu simak dulu dong, rekomendasi pariwisatanya.

 

Pesona Wisata Kota Balikpapan

 

Pesona-wisata-balikpapan
Pesona wisata Balikpapan|canva pribadi|skycannner.co.id

Pesona wisata kota Balikpapan itu sangat indah. Mau diceritakan dari sudut manapun dulu keindahannya? Tetap saja mempesona. Mulai dari pantai, kampung wisata, manggrove, kebun raya, penangkaran buaya, tempat belanja oleh-oleh khas kota Balikpapan atau wisata kuliner?

 

Tenang-tenang, semua ada di postingan blog saya kali ini. Dan nilai plusnya di kota Balikpapan semua tempat wisatanya bisa dijangkau dalam jangka waktu satu hari saja. Tak ada tuh cerita macet dan becek. Semua tertata rapi karena kerja keras Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata kota Balikpapan.


Lagipula, letaknya tempat pariwisatanya itu hampir berdekatan antara satu dan lainnya. Sehingga tak ada tuh pakai alasan capek di jalan karena berjam-jam macet di jalanan. sesekali macet palingan karena liburan lebaran dan tahun baru. Selain dua hari besar itu jalanan dipastikan akan mulus bebas hambatan.


Tak percaya? Mari buktikan sendiri dengan berkunjung ke kota Balikpapan. Kalau butuh guide, butuh info tempat wisata, teman ngerumpi, teman makan ke wisata kulinernya bisa langsung hubungi saya ya hihihi.


Wisata pantai kota Balikpapan

 

Pantai Lamaru


Pantai lamaru
Pantai Lamaru Balikpapan



Saya menyebut pantai Lamaru ini sebagai pantai yang paling indah nan romantis di Balikpapan. Banyak spot-spot cantik yang bisa pakai buat berfoto bersama keluarga ataupun pasangan tercinta. 


Bahkan menggelar family day ataupun buat  rekreasi bersama kelompok pengajian, arisanpun terasa begitu menyenangkan karena suasananya lebih terasa  tenang juga hening.


Harga tiket masuknya bervariasi, antara Rp 25.000 di hari kerja dan Rp 30.000 di hari sabtu-minggu. Tapi tenang saja, harga tiket masuknya langsung terbayar cash dengan keindahan pantai dan fasilitasnya yang super lengkap.


Masjid Cheng ho
Masjid Cheng Ho Balikpapan


Dijamin nggak menyesal deh. Baru masuk sebelum pintu gerbang depan saja sudah ada wisata religi yang cantik yaitu masjid Muhammad Cheng Ho dengan ornament menarik khas China dan Indonesia. Sebagai simbol harmoni kedamaian warna cat yang dominan di masjid Cheng Ho ini adalah kuning dan merah cerah.


Lamaru
Ig : Pantai Lamaru Balikpapan


Lanjut ke dalam gerbang kita disambut dengan aneka pohon cemara yang melambai sepanjang jalan. Beneran deh berasa kaya sedang di korea selatan. Ada yang ingat drakor populer Winter Sonata? itu tuh drama yang dibintangi oleh Bae Yong Jun dan Choi Ji Woo. Ingat? nah waktu menjejakan kaki ke pantai Lamaru ini Sejenak rasanya saya seperti sedang berada di Nami Islandnya kota Balikpapan.


Hahaha sebelum kesampaian ke Nami Island Korea, baiknya puas-puasin dulu berwisata ke pantai Lamaru dulu. Suasanaya itu bener-bener menyejukan jiwa. 


Sementara apabila kita ke pantai Lamaru bersama keluarga besar, kita bisa banget bermain pasir, berenang di bibir pantai ataupun hanya bermain air. Bukan pantai lamaru Namanya kalau tidak lengkap fasilitasnya. Ada wahana air banana boat, kapal pedal, mobil golf, flying fox dll.


Capek bermain pasir, main air ataupun berenang ingin ke Toilet/ mandi? Tenang saja di pantai lamaru semua fasilitasnya gratis-tis-tis. Tak perlu menyiapkan uang kecil dari rumah ataupun sibuk menukar uang buat pergi ke toilet. Cuss saja langsung masuk.

 

Pantai Manggar Segara Sari
 

Pantai manggar
Pantai manggar | pribadi

Pantai Manggar Segara Sari  terletak di Jl. Pantai Manggar Balikpapan Timur. Beberapa bulan terakhir pantai Manggar Segara Sari sedang berbenah dalam skala besar-besaran. beberapa kursi cantik yang terbuat dari rotan menjadi spot-spot cantik yang sangat instagramable yang dapat kita manfaatkan buat update foto social media. 


Sebagai penggemar foto selcan (selfie cantik) ini merupakan surga dunia banget. beruntung banget pas pergi ke pantai Manggar Segara Sari pada waktu hari kamis sehingga banyak spot foto yang kosong. 


Ayunan pantai manggar
Ayunan di pantai manggar | pribadi


Sayang saya datangnya agak kesorean, sehingga tidak bisa menikmati foto dengan ayunan yang ada di bibir pantai. Padahal ketika air laut surut bisa menjadi spot foto yang begitu cantik.  


Pantai manggar Segara sari
Spot instagramable pantai Manggar


Harga tiket masuknya ke pantai Manggar Segara Sari ini hanyalah Rp 10.000 saja per orang. Tetapi belum termasuk parkir motor/mobil. Ketika hari mulai menjelang sore tiba-tiba suasana menjadi rame. saya menjadi takjub dan bertanya-tanya. Ternyata banyak pengunjung yang ingin menikmati sunset yang begitu indah dengan anggota keluarga.



Saking banyaknya spot cantik tak terasa hampir seharian menghabiskan waktu di pantai Manggar Segara Sari ini. Perut keroncongan dan lapar melanda, nggak usah cemas. karena buanyak banget stand-stand yang menyajikan masakan yang menggugah selera. mulai dari ikan dan ayam bakar, bakso, soto, seafood yang dimasak dengan aneka masakan yang menggoda.


Tak lupa, kalau berwisata ke pantai ini minuman andalannya ya es kelapa. Dijamin deh haus langsung segera hilang.  saya biasa memesan 1 pcs kelapa muda yang dibuka atasnya sedikit saja, sementara untuk tambahan es batu dan syrup merah saya akan minta terpisah.


Bagi umat muslim, ketika masuk waktu sholat ya tinggal sholat saja. Karena di pantai Segara Sari fasilitasnyapun sangat lengkap. Ada musholanya yang sangat bersih dan suasananya beneran menenangkan. Airnya  beneran dingin, sejuk gitu. Setelah bermain di pantai berpanas-panasan langsung terasa segar kembali. 

 

Pantai Kemala

 

Kemala beach
Pantai Kemala | pict MasLaras


Bagi sebagian warga Balikpapan pantai kemala ini disebut juga dengan pantai Polda. Karena mungkin letaknya yang sangat berdekatan dengan Polda kaltim. 


Yang membuat senang itu pantai kemala berada tepat di tengah kota dan tentu saja aneka menu makannya yang juara namun harganya termasuk terjangkau kantong emak-emak seperti saya.

 

Lunch pantai kemala
Lunch with friends

Saya biasanya merekomendasikan pantai kemala kepada beberapa teman yang datang ke Balikpapan. Janjian lunch ataupun dinner bersama sekalian bermain pasir/ air pantai. hayuk saja.


Tebak berapa harga tiket masuk ke pantai kemala ini? Rp 50.000, yups anda salah hehehe. Meskipun tepat berada di tengah kota namun harga tiket masuk ke pantai Kemala ini terbilang amat sangat murah. Nggak sampai sepuluh ribu. Itupun hanya untuk parkir kendaraan bermotor kita saja. Dan kita bebas bermain seharian.


Mau main-main di pasir putihnya pun bisa banget. Pantainya super bersih, dengan butiran pasir putih. Pantai ini layak banget jadi wisata yang sangat recommended buat berlibur bersama keluarga.


Pantai polda balikpapan
Pantai Kemala | TripAdvisor.co.id


Selain disebut sebagai Pantai Polda, pantai kemala ini juga disebut sebagai pantai Jimbarannya Balikpapan. Banyak sekali ornamen khas Bali disini, seperti meja dan kursinya yang dicat dengan warna hitam-putih, lalu ada resto yang paling ujung diberi nama D'Jimbaran resto. Begitu juga dengan gapura masuknya yang begitu khas Bali.

 

Pantai melawai



Pantai melawai
Melawai | pict MasLaras


Pantai Melawai ini merupakan salah satu ikon wisata pantai di kota Balikpapan. Fix rasanya belum afdol berwisata ke Balikpapan kalau belum menikmati makan malam lesehan disini ditemani dengan suara merdu para pengamen asongan. Tentu saja ditambah dengan deburan ombak yang terdengar begitu indah.


Melawai


Sepanjang pantai melawai kita akan menemukan penjaja makanan yang menjual aneka jagung bakar, pisang gapit, roti bakar es campur, es milo tabur, es teler, sop buah, bakso, pempek dan nasi lalapan dll.


Cara memakan jagung bakarpun ada dua macam. Memakan dengan cara bar-bar yang langsung digigit jagungnya. Sementara cara memakan dengan anggun adalah jagung bakarnya disisir di piring. Lalu kita bisa memakannya perlahan dengan cara disendok sedikit demi sedikit.  


Ops hampir kelupaan yang tak kalah menariknya di pantai melawai ini adalah Salome Lapangan Merdeka. Jadi letak lapangan Merdeka dan pantai Melawai ini bisa dibilang sangat berdekatan. 


Kalau mengunjungi pantai Melawai jangan lupa sekalian ke Lapangan Merdeka (LapMer) ya. Nikmati pentol panas  nikmat yang diguyur bumbu kacang pedas manis yang sangat khas itu. Awas khilaf, saya biasa memakan Salome sampai habis Rp 10.000. Kalau hanya Rp 5.000 mana cukup.

 

Pantai Seraya 


Pantai Seraya
Pantai Seraya | foto mas Laras



Pantai Seraya biasa disebut juga dengan pantai Sepinggan Raya. Saya jujur sudah beberapa kali mengunjungi pantai Seraya dan rasanya saya nggak pernah bosan. 


Pantai Seraya ini  masih free lho, nggak perlu tiket masuk. Parkirnya juga masih free. Hayo kurang apa lagi, fasilitas kamar kecilnya juga sudah ada. Kebersihannyapun sangat terjaga juga.

 

Pantai Seraya balikpapan

Menikmati pagi hari ataupun sunset disini sangat indah sekali. Ada pendopo yang menjorok ke laut sehingga terasa cantik sekali buat berfoto. 


Dan bagi Sebagian orang pendopo ini dipakai sebagai spot memancing pinggiran. Meskipun banyak batu karang yang membuat tersangkut pancingan kita namun tak jarang banyak yang mendapatkan hasil pancingan ikan lumayan besar.


Kalau ingin memancing menggunakan kapal juga disediakan kapal untuk disewa. Rp 100.000 yang mendayung manual dan Rp 200.000 untuk kapal yang menggunakan mesin kapal kecil.


Penangkaran Buaya Teritip

 

Penangkaran buaya


Lagi bete sama mantan pacar? Atau punya pacar yang kerjaannya suka lirik-lirik yang lainnya? Kuy ajakin liburan ke penangkaran buaya di Teritip. Kasih lihat penampakan saudaranya mana yang lebih cakeb antara “buaya muara vs buaya darat”.


Semenjak tinggal di Balikpapan, saya sudah 3 kali mengunjungi penangkaran buaya di teritip ini. apalagi kalau bukan menjadi seorang guide dadakan karena teman dan saudara yang berkunjung ke Balikpapan.


Letaknya yang lumayan jauh dari rumah saya yang di kebun sayur tidak mengurungkan niat saya menemani mereka. Ya saya tahu penangkaran buaya ini menjadi ikon wisata Balikpapan banget. Banyak sekali orang yang sangat penasaran untuk mengunjungi wisata ini.


Gajah di teritip


Penangkaran buaya ini memiliki luas 5 hektar dan memiliki buaya kurang lebih 1400 an buaya. Selain itu kita juga bisa menikmati wisata rumah khas kaltim dan gajah yang terletak di samping gerbang pintu masuk.


Mau berfoto sama buaya? Mau memberi makan buaya dengan ayam mentah? Semua itu bisa kita lakukan disana. Kita hanya perlu membayarnya Rp 35.000-45.000 untuk satu ayam. Bagi yang tidak terbiasa aroma di penangkaran buaya memang agak kurang sedap, tapi kita bisa memakai masker yang diolesi parfum/minyak kayu putih agar hidung kita menjadi segar lagi.


Selain bisa melihat aneka buaya secara langsung kita juga bisa menikmati sate buaya yang bagi sebagian orang dapat dipercaya untuk mengobati suatu penyakit dalam. Selain itu juga ada aneka souvenir dari kulit buaya juga lho, dompet, ikat pinggang dll. Tak lupa ada minyak buaya yang dipercaya bisa mengobati kulit yang gatal-gatal.


Jadi kalau sedang berada di Balikpapan jangan lewatkan untuk berkunjung ke penangkaran buaya di Teritip ya.

 

Wisata Mangrove Balikpapan


Manggrove
Manggrove centre | pribadi


Wisata selanjutnya yang sangat menarik bagi saya adalah kawasaan wisata Mangrove. Sejauh mata memandang adalah tanaman manggrove yang begitu hijau. Manggrove di kota Balikpapan ada 4 tempat.


Ke empatnya itu menjadi tempat wisata yang sangat favorite banget. Mulai Manggrove di MargoMulyo Gunung 4,  Wisata Manggrove Center Graha Indah, Wisata Manggrove Marga Sari, dan Wisata Manggrove Pendopo Teritip.


Kapal Manggrove | pribadi


Ke empat wisata manggrove ini menjadi tujuan wisata edukasi alam yang sangat menakjubkan. Pengalaman baru Menaiki kapal kecil beserta rombongan teman-teman benar-benar membuat fresh kepala kita akan ide-ide baru. Menyusuri muara sisi manggrove benar-benar pengalaman yang luar biasa.


Wisata Manggrove


Kalau nasib baik sedang berpihak kepada kita, kita bisa menemukan bekantan (kera kecil berhidung panjang) yang sedang bermain-main. Moment indah seperti ini benar-benar sayang untuk tidak kita abadikan dalam bentuk foto ataupun video. Sembari menikmati udara sejuk yang masih sangat segar.

Manggrove
Manggrove margasari | pribadi


Sementara wisata Manggrove Pendopo, Teritip selain bisa menikmati wisata alamnya. kita bisa memancing ikan-ikan kecil di seputaran pendopo. ketika air laut agak surut kita juga bisa ikutan nelayan setempat buat menjaring ikan. 


Seru banget deh sekali-kali merasakan pengalaman menjaring ikan seperti nelayan. Tak kalah menariknya adalah kegiatan mengambil kerang-kerang dara yang ada di seputaran pantai. 


Menemukan kerang diantara pasir-pasir basah itu lalu membawa pulang dan memasaknya menjadi sajian yang sangat lezat. Sstt kalau tak mau repot beli saja sama bapak nelayannya, harganya sangat bersahabat kog.

 

Kebun Raya Balikpapan


Kebun-raya-balikpapan
Kebun Raya Balikpapan | pribadi


Kebun Raya Balikpapan merupakan salah satu wisata hutan lindung yang ada tepat di tengah kota Balikpapan. Letaknya tepat berada di Jl Sukarno - Hatta km 15, karang joang, Balikpapan. Membuat kebun raya ini sering menjadi tempat wisata bagi warga untuk melepaskan penat dari hiruk pikuknya kota.


Taman tematik kebun raya
Taman Tematik Anmorphopalus


Lelah berwisata pantai, Nge-Mall, melipir sejenak ke wisata kebun raya Balikpapan adalah suatu pilihan yang bijak. mengenalkan kepada putra dan putri kita akan bermacam-macam pepohonan menjadi pengalaman baru yang sangat menyenangkan.


Tujuan didirikan Kebun Raya Balikpapan sendiri merupakan sebagai tempat wisata , konversi Alam, tempat penelitian dan pelestarian fauna asli kalimantan yang hampir punah.


Bunga bangkai
Pict: tribun news


Dengan luas area  kurang lebih 309 Ha kebun raya Balikpapan ini memiliki banyak sekali aneka ragam pohon dan tumbuhan. Bahkan beberapa waktu lalu sempat  menyaksikan mekarnya bunga bangkai yang sudah sangat langka.


Suasananya di kebun raya Balikpapan terasa sangat menenangkan hati. Pertama kali berkunjung disini saya langsung jatuh hati. Apalagi bila ingin bersantai bersama keluarga. tentu bisa sekali. Ada banyak tempat buat bersantai. 


Kebun Raya balikpapan
Aneka Gazebo Kebun Raya | Pribadi


Fasilitasnya terbilang sangat lengkap. Ada cafe and resto yang menjual aneka macam minuman dingin. Ada mushola, ada toilet dan yang menyenangkan ada banyak gazebo untuk bersantai.


kabar baiknya harga tiket masuk ke kebun Raya Balikpapan ini gratis. begitu juga dengan biaya parkirnya.  Kita hanya dimintai mengisi buku tamu, menuliskan nama, alamat dan tujuan mengunjungi wisata kebun raya Balikpapan.

 

Kesimpulan


Inilah pesona wisata kota Balikpapan yang bagaikan surga dunia lengkap tiada tara. Semoga ke depannya masih terus maju dan bertambah banyak wisata yang dapat dikembangkan dan dijembatani oleh Ekraf Balikpapan mengingat potensi pariwisata kita masih sangat banyak. 


Selamat Hari Jadi Kota Balikpapan ke-124. Saya sangat bangga bisa menjadi warga kota Balikpapan ini. Hanya coretan kecil ini yang bisa saya persembahkan untuk menyambut hari jadi kota Balikpapan ke-124 tercinta ini. 


Semoga bisa dipetik manfaatnya. kalau ada yang kurang jelas dari tulisan saya boleh langsung japri atau tulis langsung di kolom komen bawah ini ya.  Dengan senang hati saya akan membalasnya.


Sampai jumpa di kota Balikpapan. Kami menanti kehadirannya untuk meramaikan wisata kota ini.  See You....


 

 Sumber Reference


 -https://www.google.com/amp/s/kaltim.tribunnews.com/amp/2019/10/14/kebun-raya-balikpapan-ada-flora-ala-hutan-lindung-sungai-wain-kalimantan-timur-setahun-sekali-saja


http://41215010021.blog.mercubuana.ac.id/wisata-hits-dan-kuliner-di-balikpapan/


https://www.google.com/amp/s/kaltim.idntimes.com/travel/destination/amp/melani-indra-hapsari/penangkaran-buaya-teritip-sensasi-di-dekat-reptil-raksasa


Lomba-blog-ekraf


Get notifications from this blog

48 komentar

  1. Banyak wisata pantainya ya, saya suka. Tapi jujur belom pernah ke balikpapan. Seumur2 ke kalimantan hanya pas kecil tinggal di pontianak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi bisa dijadikan list buat berwisata nanti suatu hari ke Balikpapann ya kak

      Hapus
  2. Pengen ke Balikpapan dan menikmati keindahan pantai-pantainya. Dalam sehari bisa pindah-pindah pantai, asyik banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk kak ke Balikpapan,bisa banget kak Karena letaknya saling berdekatan

      Hapus
    2. Semoga setelah pandemi ini berlalu ada kesempatan untuk ke sana. Asyik juga nih naik ayunan di pantai gitu, sambil menikmati deburan ombak

      Hapus
  3. Kota Balikpapan memang menyimpan beragam sejarah. Selamat hari ulang tahun kota Balikpapan.

    BalasHapus
  4. Selamat hari jadi untuk kota Balikpapan.... Banyak priwisata andalan di sana yang sangat ingin saya kunjungi. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa bebas berwisata ke mana pun ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin betul sekali kak banyak wisatanya di Balikpapan. Aamiin ya Robb..

      Hapus
  5. Dari zaman belom nikah, pas ngekos ada teman dari Balikpapan, suka banget ceritain tentang Balikpapan, dan kami semua jadi bermimpi, suatu saat nanti bisa ke Balikpapan.

    Semoga suatu hari bisa ke sana, nggak sabar rasanya mau mendatangi pantai-pantai cantiknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul sekali kak Balikpapan memang memiliki pantai yang sangat indah..

      Hapus
  6. Mupeng kulineran sepuasnyaaaa di Balikpapan
    Olahan seafood di sana tuh super endeuss
    mungkin karena kepiting, cumi2, dkk masih FRESH ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak, kalau urusan seafood Balikpapan tiada duanya

      Hapus
  7. huhuhu pingin banget ke Balikpapan, apalagi banyak pantai untuk destinasi wisata

    kapan ya bisa kesana? Nabung dulu lah ya? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Destinasi pantai masih banyak kak, ini belum saya tulis semua hehehe

      Yuks mari semangat menabung kak

      Hapus
  8. Wah senaaaang...banyak pantainya. Masa kecilku di daerah pantai. Sekarang tinggal di dataran tinggi yang jauuuuh dari pantai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beneran teh? Masa kecil dimana? Kuy ke Balikpapan teh... Pantainya banyak banget

      Hapus
  9. suamiku pernah dinas beberapa hari ke Balikpapan
    meski sebentar, dia sudah sangat terkesan dgn Balikpapan
    katanya smg someday bisa ajak keluarga kami liburan kesana

    BalasHapus
  10. Banyak ya wisata alamnya mbak. Pengen bangen bisa dibarengi dengan foto, pasti akan lebih terbayangkan lagi keindahannya.
    Selamat ulang tahun kota balik papan

    BalasHapus
  11. Wah, Balikpapan udah berusia 124 tahun ternyata ya. Huhu, aku belom pernah deh menginjakkan kaki di sana. Wisatanya macem-macem, dan menggoda. Semoga suatu saat bisa keliling Indonesia, termasuk Balikpapan :)

    BalasHapus
  12. Selamat hadi jadi ke 124 ya kota Balikpapan, pingin deh suatu saat ke sana, main ke Azza Hijab Store di sana, hihi. Btw di sana juga ada Lapangan Merdeka yaa. Samaan kayak di Medan juga ^^

    BalasHapus
  13. Wah, ternyata Balikapan banyak pantainya ya...dan rata-rata pasir putih. Kalau Jogja khususnya bantul dan gunung kidul juga banyak pantainya. Cuma pasirnya hitam dan ombaknya besar...

    BalasHapus
  14. Selamat milad kota balikpapan ke 124 tahun. Makin sukses aja proyek2 daerahnya semoga makin berkembang ya... sudah kibaca tulisannya mantap...

    BalasHapus
  15. Memang Kota Balikpapan memiliki banyak sekali kekayaan alam dan keindahannya yang bisa menjadi daya tarik wisata ya Mbak. ❤️❤️❤️

    BalasHapus
  16. Duuh kapan ya bisa ke Balikpapan? Banyak tempat wisata alam indahnya ya Mba ... Semoga ada kesempatan liburan ke sana

    BalasHapus
  17. Kangeen aku dengan Balikpapan. Mudahan suatu saat bisa kembali lagi ke sana sambil liburan. TK, SD, SMP SMA aku habiskan di Balikpapan

    BalasHapus
  18. Wah jadi mupeng deh pingin foto-foto di Pantai Manggar Segara Sari ya, banyak spot foto yang instagramable ihh... met ultahh kota Balikpapan, semoga semakin menjadi kota yang nyaman bagi para warganya termasuk Mbak Dian yaa

    BalasHapus
  19. Waaah, Balikpapan udah 124 tahun, udah jadi nenek moyang kalo di kita ya. Hehehe. Selamat ulang tahun. Semoga semakin menjadi kota yang berbenah ke arah yang lebih baik, plus dipimpin oleh pemimpin yang amanah ya mba.

    BalasHapus
  20. Tempat wisatanya bagus-bagus ya. Sampai sekarang belum pernah berkunjung ke balik papan, semoga kelak bisa kesana

    BalasHapus
  21. Selamat ulang tahun kota Balikpapan... Ingin main ke sana, tapi ga ada tujuan. Hehehe
    Btw kalau harga tanah rumah di Balikpapan mahal gak sih Mbak? Minta informasinya ya

    BalasHapus
  22. Selamat ulang tahun, Balikpapan. Semoga menjadi kota yang nyaman dan aman buat penduduknya. Baca tulisan ini dan liat foto-fotonya jadi kangen wisata pantai.

    BalasHapus
  23. Balik papan nan elok. Objek wisata Indonesia tak kalah cantik dengan di Inggris. Tapi setiap tempat punya keunikan tersendiri. Selamat sore, Mbak Aisyah. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus
  24. Wisata pantainya banyak banget ya mbak, suka pantai yang ada ayunanya, buat selfie keren banget itu. Saya ada adik tingkat kuliah yang rumahnya Balikpapan, dulu cukup akrab juga. Semoga ada kesempatan bisa berkunjung ke sana, aamiin.

    BalasHapus
  25. Aku pernah ke Pantai Kemala. Memang asyik banget wisata ke sana apalagi tempat makannya yang benar-benar berada di pantai juga. Dan aku tertarik dengan Mangrove Margasari itu. Semog bisa ke Balikpapan lagi deh dalam waktu dekat untuk mengunjunginya. Amin.

    BalasHapus
  26. Masya Allah, banyak tempat bagus ya untuk jalan-jalan di Balikpapan. Tapi saya paling ngeri kayaknya deh klo harus lihat penangkaran buaya. Klo lepas gimana tuh huhuhuuu... 1400 buaya euy

    BalasHapus
  27. Seru banget balikpapan! Terakhir ke sana kayaknya waktu masih kecil banget, kebetulan om saya ada nih yang dari balikpapan semoga someday kesampean main ke sana 😍

    BalasHapus
  28. Balikpapan adalah salah satu kota favorit saya. Bersih dan teratur.

    BalasHapus
  29. Sukaaakkk bgt sama semua destinasinyaaa
    Apalagi wisata manggrove yang menjadi tujuan wisata edukasi alam yang sangat menakjubkan.

    Duh, aku mupeng mbaaa Menaiki kapal kecil beserta rombongan teman-teman

    Aaakk, ini refreshing bangettt!

    BalasHapus
  30. Seru sekalii..
    Menelusuri setiap senti Kota Balikpapan.

    Selamat Hari Jadi Kota Balikpapan.
    Semoga semakin sukses kotanya, pemimpinnya dan masyarakatnya.

    BalasHapus
  31. Beberapa hari lalu baru aja liat di instagram tentang hari jadi kota balikpapan, dan setelah baca artikelnya mbak ternyata banyak banget tempat wisatanya ya mbak, ternyata wisata balikpapan didominasi sama pantai dan semua pantainya bagus banget

    BalasHapus
  32. duh jadi pengen ke kota balikpapan deh Mbak Aisyah. padahal kakakku kerja di sana udah 8 tahun, tapi blm pernah liat ke sana. moga2 aku bisa lihat langsung pantai di balikpapan. selamat hari jadi ya balikpapan semoga tambah berkah

    BalasHapus
  33. wahh Balikpapan ulang tahun!!!!
    Selamat ulang tahun ya,, semoga Balikpapan makin maju dan sejahtera
    ah jadi pengen wisata ke Balikpapan nih

    BalasHapus
  34. Hiks
    Aku jadi kangen ke Balikpapan
    Kangen ada di resto yang ada di pinggir pantai
    Anginnya bisa membelai jilbabku

    BalasHapus
  35. Selamat Ulang Tahun Kota Balikpapan.
    Terima kasih sudah diperkenalkan. Jarang yang membahas kota2 di Balikpapan

    BalasHapus
  36. Waaa pernah sekali ke Balikpapan dan memang bikin betah kotanya.... entah kenapa saya suka dengan budaya dan sosialnya.... Apalagi makanannnya enak-enak. Mungkin karena saya sumatera ya jadi makan di balikpapan jadi berasa makan di rumah.... Selamat ulang tahun ya Balikpapan semoga makin tertata...

    BalasHapus
  37. Aku langsung auto membayangkan minum air kelapa di bawah pohon kelapa dengan silir-silir angin pantai. Duh surga beneran. Belum pernah ke Balikpapan sih Mbak tapi juga melihat postinganmu jadi pengen kesana

    BalasHapus
  38. wah ternyata banyak sekalii ya destinasi wisata yang bisa dikunjungi dari balikpapan, selamat hari jadi untuk kota balik papan

    BalasHapus
  39. Melihat keindahan pantai Melawai, rasanya udah pengen liburan aja mbak..moga suatu saat bisa berkunjung ke sana yaa

    BalasHapus

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya