Minuman Untuk Melancarkan BAB

Penyebab susah bab

Susah buang air besar (BAB) kemungkinan memang bukan permasalahan yang besar. Tetapi, tentu saja ini akan mengusik kenyamanan kamu dalam melakukan aktivitas. Apalagi jika aktivitas sehari-harimu sangat padat. Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang kaya akan serat yang tinggi. Perlu kamu ketahui, banyak tersedia makanan dan minuman untuk melancarkan bab yang mudah didapati di sekitar kita.


Kenali langkah menangani susah BAB.


Kurang lebih berapa kali kamu mengalami kesusahan Buang Air Besar (BAB)? Pada umumnya, factor kesusahan BAB dapat karena dari pola makan yang buruk, kehamilan, menunda bab, dampak meminum beberapa obat, dan keadaan kesehatan yang spesifik.


Sesungguhnya frekuensi bab dapat berbeda pada setiap orang. Tidak ada dasar baku berkenaan berapa kali umumnya bab dalam satu hari atau satu minggu. Tetapi, keadaan susah BAB yang kronis dapat membuat kamu tidak nyaman. 

15 Langkah Melancarkan Susah BAB dengan Bahan Alami


Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melancarkan bab jika kamu mengalami kesulitan untuk buang air besar.


1. Minum Air Putih yang Banyak 




Pertama, masalah susah bab dapat dikarenakan karena tinja tidak memiliki kandungan cukup air saat masuk ke usus besar. Menurut riset, minum air putih atau air mineral yang cukup dapat menghindarkan kamu dari keadaan ini. Minum delapan gelas setiap hari dapat memenuhi kebutuhan cairan sepanjang satu hari. 



Akan tetapi, kamu bisa juga menghitung kebutuhan air pada tubuh dengan menyaksikan warna urine. Bila, urin warna kuning pekat itu artinya tanda kalo kamu masih kekurangan cairan. Oleh karena itu kamu harus tetap mengontrol warna urin yang dihasilkan oleh tubuh.


2. Langkah Menangani susah BAB dengan Minum Kopi Panas 


Minuman memperlancar bab


Berikutnya, langkah supaya bab lancar setiap hari kelihatannya dirasa oleh pecinta minuman kopi panas atau teh. Kopi dan teh merupakan salah satu  minuman untuk melancarkan bab.



Minuman hangat dari ke-2 bahan ini dapat menolong seseorang untuk terjaga dan aktif. Panas dalam kopi dan teh dapat memacu pergerakan diantaranya gerakan usus. Apalagi jika diminum setiap pagi. 


3. Konsumsi Ubi


Salah satu bahan yang mudah didapat untuk melancarkan BAB yaitu, ubi. Pada sebuah ubi dengan berat 114 gram terdapat 3,8 gram serat yang cukup untuk penuhi konsumsi harian kamu sekitar 15 %. Serat ubi juga terhitung tipe yang tidak larut di air hingga berperan untuk menambahkan berat tinja supaya lebih gampang keluar dari usus. Senyawa pektin dalam ubi-lah yang menolong membuat pencernaan menjadi lancar.


4. Teratur Olahraga Selaku Langkah Menangani susah BAB


Coba untuk olahraga tiap hari karena akan berpengaruh pada pergerakan otot dalam usus. Dengan berjalan kaki sepanjang 15-30 menit tiap hari juga dapat membantu memperbaiki pencernaan hingga susah BAB bisa terselesaikan.


5. Memijat Perineum


Salah riset di lembaga kesehatan negara Amerika, menuliskan jika dengan memijat perineum dengan telunjuk bisa menolong kamu menangani susah BAB. Perineum adalah anggota badan berbentuk bentangan kulit yang pisahkan vagina dengan anus.


6. Konsumsi Buah Ara


Selanjutnya, buah yang kaya akan serat yakni, buah ara. Buah ara memiliki kandungan 1,6 gram serat yang dapat penuhi konsumsi serat sehari-hari yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika kamu belum mengetahui cara ini, mungkin bisa dipraktekkan di kehidupan sehari-hari. KArena langkah ini cukup mudah untuk dilakukan.



Langkah menangani susah BAB dengan buah ara sangatlah bagus sebab memiliki kandungan enzim ficain yang sama dengan enzim actinidain dalam buah kiwi untuk memperlancar pencernaan. Buah ara bisa juga dimakan sebagai camilan atau digabung dengan makanan yang lain.


7. Langkah Menangani Susah BAB dengan Minum Garam Inggris


Selain beberapa cara di atas, menangani susah BAB dapat juga dengan minum garam inggris. Caranya, cukup campur kurang lebih 250 mililiter air putih dengan 6 sendok teh garam inggris. Selanjutnya, aduk sampai rata, dan minum. Untuk beberapa anak di umur 6-11 tahun pakailah 2 sdt,  tapi sistem ini tidak efisien untuk periode panjang apa lagi diminum oleh beberapa anak di bawah umur 6 tahun.



8. Buah Apel



Satu buah apel memiliki kandungan 4,4 gram serat yang dapat penuhi 17 % konsumsi serat harian kamu, lho. Langkah menangani susah BAB dengan buah apel kelihatannya lumayan diminati beberapa orang. Karena, buah ini memiliki kandungan pektin yang menolong mengikat air ke usus besar untuk melunakkan tinja dan tingkatkan gerakan usus.



Apel Granny Smith adalah tipe apel yang kaya serat. Sebaiknya, konsumsi apel dan kulitnya untuk memperoleh serat dari apel secara optimal.

9. Langkah Menangani susah BAB dengan Minum Minyak Zaitun


Minyak zaitun bisa membuat tinja bertambah lebih lunak hingga bab lebih lancar. Langkah membuat ramuannya yakni, menambah satu sendok makan extra virgin oil pada satu gelas susu atau air jeruk. Kamu bisa juga menambahkan minyak zaitun sebagai dressing salad.



Harus diingat, minyak zaitun tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan anak-anak. Dan, saat mengkonsumsinya juga seharusnya diskusi lebih dulu sama dokter agar bisa tepat dalam pemberiannya.


10. Konsumsi Buah Kiwi





Satu penelitian di China mendapati jika konsumsi dua buah kiwi setiap harinya sepanjang empat minggu menolong untuk memperlancar pencernaan. Tak perlu ribet waktu konsumsi buah kiwi sebab kamu dapat segera mengkonsumsinya sesudah dikupas. Kiwi mempunyai jumlah serat sekitar 2-3 gram per buahnya.


11. Perubahan Pola Makan Menjadi Lebih Baik


Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi bahwa faktor pola makan yang jelek dapat memengaruhi proses pembuangan bab. Oleh karena itu, selain menambahkan serat kamu harus juga menanganinya dengan mengganti porsi makan.


Konsumsilah dengan porsi kecil tetapi kerap daripada dalam porsi besar sekaligus. Bila kamu mempunyai pola makan yang teratur ini, aliran pencernaan akan semakin lebih sehat. Sebab dia mendapatkan rangsangan dan kontraksi yang teratur juga. Konsumsilah secara perlahan-lahan dan kunyahlah makanan secara baik, supaya lebih gampang diolah badan.

12. Sayur Berdaun Hijau


Sayur berdaun hijau seperti brokoli dan bayam ialah dua jenis sayur hijau yang menolong memperlancar tinja keluar dari usus. Selain tinggi serat, brokoli dan bayam kaya akan vitamin K, folat, dan vitamin C.



Sayur brokoli bahkan juga memiliki kandungan zat sulforaphane yang mempermudah pencernaan dan membuat perlindungan usus. Zat itu dipercayai sanggup menahan perkembangan mikroorganisme yang mengusik proses pencernaan.

13. Kurangi Depresi


Langkah menangani susah BAB selanjutnya yakni, kurangi depresi. Depresi menjadi salah satu faktor pemicu permasalahan pencernaan, lho. Kamu dapat menolong mengendorkan badan dengan aktivitas pembasmi depresi. Seperti, yoga, meditasi, dengarkan lagu kegemaran, jalanan, dan ada banyak kembali.


14. Langkah Menangani susah BAB dengan Konsumsi Buah Pir




Satu buah pir dengan berat lebih kurang 178 gram mempunyai kandungan serat sejumlah 5,5 gram atau 22 % dari konsumsi serat harian. Bukan hanya tinggi serat, buah pir memiliki kandungan fruktosa dan sorbitol. Fruktosa dan sorbitol adalah tipe senyawa gula yang susah untuk diolah. Ke-2 senyawa ini dapat memacu penarikan air ke dalam usus besar yang menolong memperlancar pencernaan.


15. Konsumsi Kacang-Kacangan dan Polong-Polongan 




Langkah menangani susah BAB yang paling akhir yakni, konsumsi kacang-kacangan dan polong-polongan. Ke-2 bahan makanan ini memiliki kandungan serat yang dapat menolong pencernaan. Kacang polong adalah contoh bahan yang dapat dikonsumsi langsung sesudah diolah atau digabungkan dalam kuah dan lain-lain.


Demikian artikel ini dibuat semoga ada manfaat yang bisa dipetik. Terima kasih..



Get notifications from this blog

25 komentar

  1. Kalau pisang bagaimana?

    BalasHapus
  2. Wah saya ini sering sekali mengalami hal ini. Mungkin karena salah pola makan. Nanti saya mau coba tipsnya supaya BAB lancar

    BalasHapus
  3. Nutrivebenecole ternyata bisa ya untuk melancarkn BAB. Kalo saya biasanya rutin konsumsi buah pisang dan pepaya biar BAB jadi lancar. Makasih info kesehatannya ya kak :)

    BalasHapus
  4. Banyak juga y makanan yang bisa bantu lancarkan BAB, terutama yang berserat tapi ak baru tau klo ubi ternyata juga bisa

    BalasHapus
  5. Kalau aku susah BAB makan buah pepaya. Entah kenapa buah satu ini cukup ampuh untuk ngatasi masalah sembelit pada aku kak.

    BalasHapus
  6. Baru tahu kalau apel bisa untuk melancarkan BAB. Juara sih ini apel, banyak sekali manfaatnya.

    BalasHapus
  7. Cara yang paling aku suka untuk melancarkan BAB adalah malam buah-buahan dan sayuran. Soalnya memang suka makan. Namun, kadang perlu komunikasi ekstra buat nyetok buah-buahan di rumah dengan suami. Hehhe Soalnya selera buah-buahan kita beda dan pertimbangan budget juga biar hemat.

    BalasHapus
  8. Selama saya rajin makan sayur dan buah, plus banyak minum air putih, alhamdulillah bebas dari yang namanya konstipasi alias sembelit. BAB lancar setiap hari, ya minimal sekali sehari pasti ada.

    BalasHapus
  9. Pantesan kalau suami abis dibikinin kopi panas langsung rajin ke belakang. Eh ternyata emang ngaruh ya hehe. Saya tuh dulu sering konstipasi pasca melahirkan, memang ternyata harus banyak minum air putih dan periksa pola makan. Sayur dan buah mah wajib. Makasih mba tipsnyaaaa.

    BalasHapus
  10. Aku tiap pagi minum kopi kak buat merangsang perut biar mules wkwkwm.. Biar BAB lamcar tiap hari

    BalasHapus
  11. Ini bener bangettt. Kemarin2 aku pernah sampai sembelit yg sakittt banget. Begitu minum air putih banyak2 beberapa jam langsung bisa lancar ke belakang.

    BalasHapus
  12. Saya kalau belum BAB ga nyaman untuk berkegiatan di luar rumah mba Dian wqwq jadi setiap bangun tidur emang serasa wajib..

    BalasHapus
  13. Saya baru tahu kalau susah BAB bisa diatasi juga dengan minum kopi atau teh panas.

    Susah BAB ini memang membuat tak nyaman, terasa ada yang mengganjal tapi nggak bisa dikeluarkan. Perut juga rasanya jadi penuh

    BalasHapus
  14. Kok baca artikel ini, kayak langsung menjawab keresahan hatiqu ya. Kalau dicek hampir sebagian besar sudah saya praktekan tapi yang lainnya saya mau coba. Seperti konsumsi ubi. Terima kasih atas tipsnya, kakak.

    BalasHapus
  15. Baru tau ternyata minyak zaitun juga bisa ya buat menangani susah BAB. Biasanya udah makan sayur tapi masih susah BAB, mungkin kurang makan buah sepertinya.

    BalasHapus
  16. nomor 2 bener banget tuh, aku kalau pagi bangun tidur gitu terus ngopi, perut mulai bangun haha. lancar deh

    BalasHapus
  17. Mengonsumsi air putih ini mujarab banget untuk semua hal yang baik2 ya Mbak Dian... melancarkan BAB, menjaga kadar kolesterol, melembapkan kulit wajah juga. Masyaallah. Nice share ya, tfs

    BalasHapus
  18. Ubi bisa juga ya mbak memperlancar BAB. Aku kira cuma memproduksi gas yang lebih banyak saja. hehe... sip. artikelnya informatif

    BalasHapus
  19. Saya memang paling suka minum kopi hangat tanpa gula, Alhamdulillah diberi kelancaran buat ke belakang tiap pagi. Cuma kalo teh, sepengalaman saya malah buat yang diare biar mampet.

    BalasHapus
  20. Banyak yang saya baru tahu ternyata bisa mengatasi sembelit nih mbak. Saya pikir hanya makanan berserat saja tapi ternyata misalnya kopi dan minyak zaitun juga bisa membantu mengatasi sembelit ya.

    BalasHapus
  21. Ternyata banyak juga ya solusi sembelit. Kalau dulu tahunya buah pepaya doang, eh ternyata kopi panas juga bisa mwkwkw. Info baru, makasih ka

    BalasHapus
  22. tips ini berlaku juga untuk anak-anak gak mba? biasanya anak sih yang sering ngalamin susah bab

    BalasHapus
  23. Aku kira kalau makan ubi itu malah bikin susah BAB loh, ternyata aku baca tulisan kakak tidak ya. Anakku kadang jg susab BAB bolehkah minum kopi anget kak ? Hehe untuk anak2 usia 2th tapi

    BalasHapus
  24. Terima kasih banyak kak, sering banget nih orang-orang ngalamin susah BAB. Ternyata langkahnya cukup simpel dan mudah dilakukan ya. Aku untungnya suka konsumsi makanan serat tinggi, jadi jarang susah BAB :D

    BalasHapus
  25. Sejak SMA aku sembelit parah. Susah banget pokoknya mau BAB teratur tuh. Jaman minuman serat sachet lagi rame dulu, hampir tiap hari aku minumin. Ga ngaruh. Sesedih itu perkara susah BAB. Ternyata emang ga cuma urusan serat ya, sembelit bisa dipicu karena stress juga.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.