Asus VivoBook 14 A416 Laptop Murah, Canggih Nan Mewah

Laptop Asus Vivobook 14 A416 itu Senjata utama seorang blogger profesional lho. Begitu kata salah satu teman dekatku di salah satu komunitas blogger. 


Meski jujur, awalnya ucapan itu membuatku merasa agak canggung. Ah nggak juga kali, aku bisa kog tetap ngeblog dengan bermodalkan handphone saja. Sahutku menghibur diri.

 

Lihat nih, blogku tetap hidup. Minimal seminggu sekali ada post baru, aku juga tetap bisa mengerjakan tugas dari klien, aku tetap bisa ikut menulis buat lomba juga, ucapku setengah emosi. Sebagai blogger cewek ya gitu kadang suka emosian nggak jelas, apalagi kalau pas pms. (eh)

 

Iya, semua itu bisa aku lakukan tanpa laptop. Tapi tentu dengan pengorbanan yang luar biasa sekali. Beberapa orang terdekatku menjadi saksi dimana jari tanganku sering mati rasa karena kelelahan mengetik di layar handphone. 


Untuk satu artikel sepanjang 1000 - 3000 kata bisa menghabiskan waktu 2 sampai 5 hari. Itupun pasti ada jeda untuk pijit-pijit jari tangan pakai minyak kayu putih ataupun lotion setelah post artikel baru.

 

Jadi masih mau ngeyel nggak butuh laptop? Wkwkwk, silahkan nikmati penderitaan ini. Prinsipku kala itu biar lambat asal selamat. Padahal yang ada bukan biar lambat asal selamat, melainkan kalau lambat pasti nggak selamat. xixiixi blogger lain update artikel sehari dua kali, aku dua hari sekalipun belum tentu.

 

My Wish List Asus VivoBook 14 A416



Selama awal pandemi toko offline Gerai Alisya tutup total. Rasanya nggak sebanding mau buka toko daripada ketakutan tertular virus covid. Di rumah nothing to do, my daily lifestyle jadi super kacau. Nge-drakor,  masak, makan dan rebahan. Gitu terus berulang sampai beberapa minggu. 


Mau menekuni lagi dunia blogger kog rasanya jemari tangan masih kebas. Gara-gara mengikuti beberapa lomba blog dan publish artikel dengan menggunakan handphone.


Begitu juga mau menghidupkan lagi usaha fashion online di market place shopee, Tokopedia juga Lazada dan sosmed seperti facebook serta Instagram juga malas. Tentu semua itu akan jadi sangat mudah kalau proses editing dan upload menggunakan laptop.


Terlebih ketika mengikuti kelas SEO, mau nggak mau memang harus memakai laptop. Edit HTML, cek-cek parameter Kesehatan blog, cek Google Search Control, Google Analytic, tanam-tanam url backlink, edit sana-sini.


Asli ada satu malam aku sempat teriak histeris dalam hati. “Aku nggak bisa bersabar lagi, aku harus punya laptop Ya Allah.” Tapi teriaknya cuma dalam hati kog. 


Masa pandemi, pemasukan toko kosong sementara pengeluaran bisa 2-3 kali lipat dari biasanya mana tega minta beliin laptop sama suami. Sementara lirik tabungan dari pendapatanku sebagai blogger masih belum cukup buat beli laptop.


Atau coba kredit laptop saja ya. Solusi instant ketika pengen membeli sesuatu tapi nggak punya uang ya kredit, ops jangan bilang siapa-siapa ya.


Meski dalam hati tetap saja ragu. Dalam sebulan mengumpulkan uang buat bayar kreditannya bisa nggak ya? Pasti antara Rp 700.000 – Rp 1.000.000 kan? Asli galau banget.


Asus VivoBook 14 A416 Laptop Murah Nan Mewah




Allah Maha Baik, kegalauanku untuk membeli Asus VivoBook 14 A416 itu nggak bertahan lama. 


Sepulang kerja suami bercerita kalau kemarin menemani salah satu teman kantornya yang membeli laptop Asus buat putranya yang sedang PJJ di salah satu toko komputer terkenal di Balikpapan.


Menurut penjelasan dari suami laptop Asus VivoBook 14 A416 ini kece banget. Cocoklah kalau buat aku yang suka kece-kece gitu.


Kalau dilihat dari penampilannya sudah pasti keren, speknya kalau hanya untuk menulis artikel, nge-blog, update online shop sangat mumpuni banget. 


Dan yang paling penting harganya amat sangat terjangkau. Murah tapi mewah dan nggak murahan pastinya. Wow mataku langsung berbinar-binar, mungkinkah ini jawaban dari Allah atas doa-doa panjangku selama ini? Terima kasih ya Allah.


“Terus-terus” aku sangat antusias mendengarkan cerita suami.


“Mau dibeliin juga nggak buat kamu ngeblog?” Tanya suami yang entah siang itu terasa begitu merdu di telingaku.


Whaaa tanpa mikir panjang aku langsung teriak “Mauuu” aku langsung melompat berlari ke arah suami sambil kiss kanan kiri, cium tangannya dan membisikan kata “Terima kasih honey. I love you, love you and love you” 


Jujur aku sangat terharu, ini mungkin bukan laptop yang mahal, namun dia hadir disaat yang tepat. Disaat aku sangat membutuhkan kehadirannya untuk menunjang karierku sebagai blogger professional.





Asus VivoBook 14 A416 ini harganya cukup terjangkau, mulai dari harga sekitar 4 jutaan saja. Pas banget buat kebutuhan anak-anak sekolah, emak-emak berdaster yang sedang memulai karir sebagai online shopper maupun content writer receh ataupun blogger pemula kaya aku.


Daripada Lelah menulis di layar handphone yang kecil, jari tangan kebas dan urat-urat jari ngilu lebih baik beralih ke Asus VivoBook 14 A416. Yakin deh nggak bakalan nyesel, yang ada pasti malahan ngomong kenapa nggak dari dulu sih beli Asus VivoBook 14 A416. Soalnya akupun begitu hahahaha.

 

Kenapa Asus VivoBook 14 A416




Sekeren apa sih laptop Asus VivoBook 14 A416 yang seharga 4 jutaan itu? Yakin nggak mau beli yang bagus sekalian? Nanti nyesel lho? Bisik hati kecilku menggoyahkan pikiran.


Whohoo jangan salah bun, Brand ASUS bukanlah brand kemarin sore, bahkan sudah ada sejak tahun 1989 di Taiwan. Bahkan di Indonesia sendiri menjadi Brand Laptop no 1 jadi jangan takut dengan kwalitas teknologinya. 


Terlebih ada layanan ASUS service centre yang tersebar di seluruh Indonesia. Membuat kita benar-benar merasa tenang kalau sampai terjadi kerusakan. Amit-amit Semoga tidak ya. Semoga terus bersahabat membersamai keberhasilanku sebagai female blogger Balikpapan, Aamiin.


Meskipun laptop ini tergolong sebagai laptop kelas entry aka pemula banget namun jangan salah sangka dulu dong. 


Laptop ini termasuk mumpuni banget lho. Buat edit video, edit canva buat infografis blog, buat nulis-nulis artikel ber jam-jam pun masih sangat oke banget . Apalagi hanya buat edit foto dan upload di sosmed serta market place lancar jaya deh.


Jadi jujur nggak ada nyesel-nyeselnya sama sekali memakai Asus VivoBook 14 A416 ini. Yang ada malah terima kasih banget ke ASUS sudah menyediakan laptop dengan budget yang terjangkau namun tetap dengan kualitas yang terbaik.

 


ASUS VivoBook 14 (A416) Easy Portability, Effordless Produtivity
 

Easy Portability, Effordless Produtivity adalah tagline dari ASUS VivoBook 14 (A416) yang benar-benar melekat pada laptop ini. 


Bagaimana tidak seolah semua kemudahan, kecanggihan teknologi  serta harganya yang sangat ramah di kantong. hal ini merupakan kesatuan paket lengkap yang didambakan oleh semua kalangan.

 

Desain Super Kece

 


Dari segi desain ASUS VivoBook 14 (A416) memiliki body yang ringkas dan ringan. Bobotnya pun sangat ringan yaitu 1,6 kilogram dan ketebalan 19.9 mm.


Memiliki layar 14 inci dan dibekali dengan teknologi NanoEdge display yang membuat bezel layar menjadi sangat tipis dengan screen-to-body ratio hingga 82%.


Untuk chargernyapun termasuk yang kecil hingga tidak membutuhkan tempat yang besar ketika kita membawanya kemana-mana.

 

Warna Ellegant Dan Mewah
 

Waktu pertama kali melihatnya saya sempat kebingungan untuk memilih. Warna dua-duanya cakeb banget. Tampak elegant dan mewah. 


Dua pilihan warnanya adalah Transparent Silver dan Slate Grey. Dengan dua pilihan warna yang benar-benar mewah tersebut, kemanapun dan dimanapun pasti akan pede membawanya.  


Mau mengerjakan tulisan sambil nongkrong di café iya saja. Kedua warnanya ini beneran terlihat seperti laptop yang mahal. Dua jempol untuk totalitasnya ASUS dalam mempersiapkan kedua warnanya ini.

 

Pre-Instal Software Microsoft Office
 

Sebagai seorang blogger, content writers ataupun pelajar Salah satu software yang paling penting adalah Microsoft office. 


kebayang repotnya kalau kita masih harus membeli ataupun mendownload software tersebutkan? Kitapun jadi lebih bisa menghemat karena sudah terinstal bukan?

Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama yang biasa sangat kita perlukan seperti word, exel dan power point. 


Secara berkala Microsoft Office Home & Student 2019 terus diupdate sehingga dapat mencegah celah adanya ancaman keamanan maupun malware.


Storage ASUS VivoBook 14 A416

ASUS VivoBook 14 A416 memiliki desain ruang penyimpanan yang dapat memberi kita keunggulan dalam mengakses data dengan super cepat. terlebih dengan kapasitasnya yang sangat besar. 

instal aplikasi di SSD untuk respon dan waktu load yang lebih cepat atau juga bisa menggunakan HDD untuk menyimpan File besar seperti Film, koleksi music dan album foto.


Kamera ASUS VivoBook 14 A416

 

Menjadi seorang Blogger juga Influencer dituntut untuk terus belajar dengan mengupgrade diri melalui kelas-kelas belajar online. Terkadang kita memang membutuhkan Kamera untuk pertemuan belajar via Zoom ataupun Google Meet.

Untungnya Laptop ASUS VivoBook 14 A416 sudah dilengkapi dengan Kamera, sehingga kita tidak kesulitan lagi untuk mencari kamera tambahan untuk belajar melalui webinar.

 

Fitur Keamanan Laptop ASUS VivoBook 14 A416
 

Laptop ASUS VivoBook 14 A416 dilengkapi dengan fitur keamanan biometric fingerprint sensor. Melalui fitur ini kita bisa masuk melalui system window 10 home melalui windows Hello tanpa perlu mengetikan password karena menggunakan pemindai jari


Spesifikasi ASUS VivoBook 14 A416


 

 

CPU

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

 Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz

Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Sistem Operasi

 Windows 10

Memori

4GB DDR4 RAM

Storage

1TB 5400 rpm SATA HDD

256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

512GB PCIe® Gen3 x2 SSD

1TB HDD + 256GB SSD

 

Layar

 14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) IPS Anti-Glare14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare

 

Grafik

NVIDIA GeForce MX350 (optional)

Intel UHD Graphics

 

Input/output

1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader

Kamera

 VGA Web Camera

konektivitas

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Audio

 SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Baterai

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

 Dimensi

 32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm

Berat

Warna

1,6 kilogram

Transparent Silver, Slate Grey

 






Harga

 

Rp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)

Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD)

Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)

Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD)

Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD)

Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD)

Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)

Garansi

2 Tahun Garansi Global


 

Demikian review serta cerita singkat saya bersama  ASUS VivoBook 14 A416, semoga menginspirasi ya teman-teman. Di masa pandemi seperti sekarang ini memang saatnya kita mengencangkan ikat pinggang. Kalau dengan harga yang  murah ASUS VivoBook 14 A416 sudah  bisa memenuhi kebutuhan kita, kenapa harus cari yang mahal?

See you next artikel, terima kasih

Noted : Tulisan ini disertakan dalam blog competition “ASUS VivoBook 14 A416 – Easy Portability, Effortless Productivity”

 

Get notifications from this blog

18 komentar

  1. Ku mengerti perasaanmu mba...
    Asus Vivobook...
    Mungkin jika laptop tua kesayangankuku ini betul-betul sudah tak kuat kuajak berselancar, akan aku pilih Asus Vivobook.

    BalasHapus
  2. Wow leptopnya canggih juga. Spesifikasinya mantap dan harganya kompetitif juga untuk sekelasnya

    BalasHapus
  3. Emang ASUS VivoBook tiada dua ..aku sudah membuktikan semoga menang ya lombanya dan mendapatkan ASUS lagi..jadi bikin semangat pasti buat ngeblognya ya mbak

    BalasHapus
  4. Aku sudah cek ke shopee kak Aisyah Dian.. auto ngiler juga
    Semoga tahun ini aku pun punya laptop baru.. aamiin aamiin aamiin..
    Pastinya kepengen banget sama Asus VivoBook 14 A416
    Selain mumpuni, juga pas di kantong kan..

    BalasHapus
  5. Tahun lalu gagal beli komputer karena harga jagung jatuh cuma 2.500 rupiah per kilogram. Yah, petani juga terdampak pandemi. Sebelum pandemi bisa 3.900 rupiah per kilogram, jadi karena adanya PSBB harga jagung yang jatuh bikin banyak petani rugi.
    Suani saya yang kelola kebun jagung titipan hanya bisa balik modal dan tidak balik tenaga.
    Balik modal dipakai untuk kebutuhan sehari-hari karena tidak bisa kerja di bangunan lagi.
    Sekarang, semoga panen jagung nanti harganya normal lagi sehingga kami bisa beroleh keuntungan layak. Saya ingin beli komputer baru layar 10 inci. Mengincar ASUS juga sayang uangnya belum cukup. Hanya kisaran di bawah 3 juta. Apakah ada?
    Oh ya, sebagai admin Indonesia Saling Follow, saya paham bagaimana rasanya jari yang sakit itu karena alami lecet juga plus mata kian plus. Salut pada Kak Aisyah. Selamat punya ASUS. Semoga kian lancar jadi narablog profesional. 👍

    BalasHapus
  6. Baru kemarin jugaa nih adek beli Asus setelah ngikuti parade asus lewat webinar. Emang kece yaakk. Aku jg pengin punya asus nanti dah kalau dah ada rezeki hehehe

    BalasHapus
  7. aku juga lagi ngiler ASUS VivoBook 14 A416 buat adekku PJJ mbak, soalnya suka ribut tiap pagi minjem latptop buat menonton video dari gurunya. hhh
    keren banget sih varian laptop ini, bisa untuk kalangan pelajar hingga pekerja kantoran ya

    BalasHapus
  8. Keren yaa laptop Asus 14 A416 ini... sekarang udah bs ngeblog lwebih kuenceng dong yaa Mbak Dian hehe... saya juga pernah ngalemin ngeblog dari smartphone, duh jari-jari pegel... enakan dari laptop emang yaa...

    BalasHapus
  9. Saya pengguna Asus sejak tahun 2009
    Teringat saat itu beli Asus di Taipei Taiwan
    Sekarang pengen coba beli Asus baru, semoga bisa kesampaian nih mendapatkan Asus keren ini juga

    BalasHapus
  10. ASUS murah, tapi bukan laptop murahan. Tinggal cek, budget kita berapa? Sesuaikan deh sama pilihan laptopnya. Udah kayak mau beli baju aja yaaaa. Kekekeke.

    BalasHapus
  11. speknya keren banget ya, dari dulu suka sama modelnya asus ini, ada teman punya desainnya langsing banget pengen punya, belum kesampaian niy heheh

    BalasHapus
  12. Ya ampun. Kayaknya aku perlu beli laptop baru nih. Laptopku yang sudah jadul ini mulai berat untuk menjalankan project-project yang lumayan besar skalanya

    BalasHapus
  13. waaah sepertinya keren sekali Asus Vivo book ini.. kawan saya ada yang lebih suka denan Asus dari pada merek lain yang lebih terkenal. karena katanya Asus itu sederhana dan mudah cara memakainya

    BalasHapus
  14. Saya pun pengguna ASUS nih tapi seri yang berbeda. Memang mumpuni banget bisa mengerjakan banyak hal dari laptop ASUS. Ini tampilan desain memang lebih mewah buat tergoda aja buat kerja pakai ini. Editing video pun gak lambat pakai laptop seri ini ya .

    BalasHapus
  15. Ahh ini mah laptop blogger banget. Impian akuuh... Lg nabung mo beli Asus ini

    BalasHapus
  16. belum pernah pakai asus sih, tapi untuk desain khususnya vivobook gk usah diragukan lagi.

    BalasHapus
  17. wwwiiihh.. auto ngiler nih jd pengen ganti laptop hehe

    BalasHapus
  18. Laptop yang ringan dan tipis. Ini mudah banget dibawa kemana-mana. Terutama para konten kreator atau mereka yang punya mobilitas tinggi. Buat para pelajar, ini cocok banget karena dilengkapi dengan webcamera dan mikrofon. Btw semoga beruntung dapat laptopnya.

    BalasHapus

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya