Khasiat Dan Manfaat Jahe Merah Yang Perlu Kita Ketahui

Khasiat jahe merah

Di Indonesia banyak sekali kita jumpai rempah-rempah dengan berbagai manfaat atau khasiat tertentu. Seperti contohnya jahe yang merupakan salah satu rempah-rempah yang banyak digunakan oleh masyarakat hingga saat ini.


Jahe biasanya sering digunakan oleh para ibu rumah tangga sebagai bumbu masakan. Mungkin jenis jahe yang selama ini familiar dengan keseharian kita adalah jahe putih. Namun sebenarnya masih ada jenis jahe lainnya yang bernama jahe merah.

 

Jahe merah tidak kalah menyehatkan dari jahe putih. Selain itu ada segudang khasiat dan manfaat jahe merah jika dikonsumsi oleh tubuh kita. Efek menghangatkan yang biasanya lebih bertahan lebih lama dan rasa jahe merah yang sangat khas.


Bagi orang awam, tentu akan sangat susah membedakan antara mana yang jahe putih dengan mana yang jahe merah. Namun sesuai dengan namanya, untuk jahe putih akan berwarna putih, sedangkan jahe merah memiliki warna kemerahan.


Dibandingkan dengan jahe putih yang biasanya berukuran besar. Jahe merah (Zingiber officinale var) memiliki ukuran rimpang yang lebih kecil. Selain itu, ruasnya juga cenderung rata dan sedikit menggembung.

 

Jahe merah juga tidak bisa dipanen sewaktu-waktu, karena harus menunggu berusia tua terlebih dahulu. Cocok digunakan sebagai ramuan obat-obatan. Ada banyak khasiat yang dimiliki oleh jahe merah, yaitu

 

Mencegah Masalah Pencernaan.

 

Baik itu jahe putih ataupun jahe merah, memang sudah terkenal sejak zaman dulu kala. Yaitu sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan pada tubuh. Jahe merah mengandung ekstrak minyak yang berkhasiat untuk melindungi sistem pencernaan dari bakteri.


Sehingga ketika kita mengonsumsi jahe merah, maka akan terhindar dari masalah pencernaan seperti sakit perut. Hal ini bisa terjadi karena agen antibakteri yang terdapat dalam jahe merah mampu melawan bakteri jahat, seperti Salmonella enteriditas, Escherichia coli, dan Staphylococcus aureus.


Agar bisa mendapatkan khasiat dari jahe merah setiap saat. kita bisa menambahkannya sebagai bumbu pada masakan pada waktu memasak masakan sehari-hari bagi keluarga kita di rumah.

 

Mengurangi Nyeri Otot Dan Sendi.
 

Jahe merah juga banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan berupa nyeri otot dan nyeri sendi. Karena berdasarkan penelitian, jahe merah memiliki sifat anti peradangan karena di dalamnya terkandung beberapa komponen aktif yang mampu menurunkan portaglandin dan leukotriene yang memicu peradangan.


Beberapa zat aktif tersebut, antara lain ada gingerol, gingerdione, dan zingeron. Selain itu kandungan oleoresin yang tinggi di dalam jahe merah juga turut bekerja sebagai anti peradangan.

 

Meningkatkan Kesuburan Pria.


Ada banyak faktor yang menjadi penyebab seorang pria mengalami masalah reproduksi. Jahe merah bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Karena salah satu manfaat dari jahe merah adalah untuk mengatasi gangguan seksual pada pria.


Berdasarkan penelitian, kandungan minyak atsiri pada jahe merah memiliki efek afrodisiak. Meskipun memang tidak bisa dipungkiri jika efek aprodisiak pada minyak atsiri tidak sebesar pada pasak bumi. Selain itu, jahe merah juga mengandung antioksidan dan memiliki aktivitas androgenik yang diyakini mampu meningkatkan jumlah hormon testosterone.

 

Menurunkan Asam Urat.


Bagi Anda yang menderita asam urat, maka bisa memanfaatkan jahe merah sebagai salah satu obatnya. Karena bahan alami yang satu ini diketahui sangat bermanfaat untuk menurunkan asam urat. Dimana bisa membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar peredaran darah.


Itu tadi beberapa khasiat dan manfaat jahe merah yang bisa Anda ketahui. Untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat tersebut, Anda bisa menkonsumsi jahe merah secara langsung dengan mencampurkannya pada masakan atau membuatnya menjadi minuman.


Selain itu, bisa juga dengan mengonsumsi produk herbal jahe merah dari Herbana. Tentunya akan lebih mudah dan praktis untuk mengonsumsinya tanpa perlu repot-repot dalam mengolahnya. Terlebih produk dari Herbana memang 100% alami, diproses dengan standar yang tinggi, sudah terdaftar di BPOM RI, dan tentunya halal.

 

Get notifications from this blog

16 komentar

  1. jahe merah ternyata menyimpan banyak khasiat ya...pernah baca sepertinya sudah banyak yang membudidayakan jahe merah ini. profitnya juga lumayan banget untuk petaninya.

    BalasHapus
  2. Baru tau ada jahe merah, biasanya taunya jahe emprit ma jahe gajah. Berarti warna daging jahenya agak kemerahan y mbak?

    BalasHapus
  3. Sepertinya saya bakal konsumsi jahe merah juga nih. Saya sedang tetapi soalnya dengan berbagai rimbang, saat ini bukan jahe merah tapi dengan kunyit. Baca artikel ini jadi lebih semangat buat konsumsi rimbang jahe. Makasih ya kak

    BalasHapus
  4. Jahe merah ini katanya memang kaya khasiat, khususnya buat pria. Hihihi. Mungkin dari sisi harga memang lebih mahal dibanding jahe putih yang biasa kita pakai untuk bumbu masak ya mba.

    BalasHapus
  5. Ibu saya pernah bawa jahe merah ini hasil minta temannya hihi.. dan rasanya memang lebih khas jahe. Lumayan langka di daerah saya, di sini kebanyakan hanya ada jahe putih. Untung sekarang tersedia produk2 Herbana ya ka.

    BalasHapus
  6. Duh jamer ni kesukaan ku
    Kl ada produknya gini, ga usah lah ya nanam hanya karna mo minum jamer hehe

    BalasHapus
  7. Jahe merah khusus untuk pengobatan ya mbak? Bagus banget ya khasiatnya..dan produk Herbana jadi solusi untuk yang ingin praktis dalam mengkonsumsi jahe merah

    BalasHapus
  8. Gak perlu hunting jahe merah dulu ke pasar trus sampai rumah dicuci dan diolah ya Mbak Dian. cukup membeli Herbana udah praktisss dengan segudang khasiatnya















    BalasHapus
  9. waduh khasiat dari jahe merah sangat bagus untuk stamina dan hormon testoteron kalo untuk masakan yg cocok masakan apa yaa

    BalasHapus
  10. Jahe merah emang banyak banget manfaatnya kak. Aku juga suka mengkonsumsinya untuk minuman hangat

    BalasHapus
  11. Tiap pagi aku suka minun rebusan jahe dan perasan lemon. Semnjak pandemi ini lebih giat lagi. Tapi pengen coba juga jahe merah kyk gmn rasanya mana sekarang udah ada yang praktisnya #optismasitwitter

    BalasHapus
  12. Jahe merah memang dipercaya lebih berkhasiat dari jahe putih. Ternyata tidak bisa sembarang panen jahe merahnya ya mbak, mungkin itu salah satu yang membuat harganya di pasar mahal

    BalasHapus
  13. Wah baru tau manfaat jahe merah. bisa buat asam urat jg ya. kasih tau ibu ah, eh apa udah tau kali ya. akunya aja yang telat taunya. hehe

    BalasHapus
  14. Aku pernah nih bawa pulang jahe merahnya yg belum diolah. Rasanya emang beda dengan jahe biasa. Lebih bisa diterima sama aku yg gasuka jahee karena pedes. Wah skrg lebih praktis ada kemasan kayak gni

    BalasHapus
  15. Kalau ngomongin jahe merah jadi inget pas awal2 pandemi, laris diburu euuy hahaha. Sekarang ada kemasan yang lebih praktis, jadi tertarik nih

    BalasHapus
  16. Aku sekeluarga suka banget sama herba jahe merah ini apalagi dijadikan minuman taktala lagi di rumah mamah di Sukabumi. Udara dinginnya sangat cocok dgn jahe merah

    BalasHapus

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya