Program Dayamaya Bersama Start UP Bantu Daerah 3T

 



Program Dayamaya yang digelar oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi (BAKTI) kementrian Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) programnya adalah mengajak seluruh pelaku usaha baik dari start up, e-commerce, UMKM digital hingga kelompok masyarakat untuk bersinergi dalam upaya mencari solusi bagi masyarakat di daerah 3T.

 

Concern-nya adalah bagaimana kita membantu masyarakatdi daerah 3T. Pernah dengar apa itu daerah 3T? Yaitu daerah terdepan, tertinggal dan terluar. Pulau terluar dan lokasi prioritas untuk menguasai kompetensi digital dan ikut serta dalam pengembangan ekosistem ekonomi digital di daerahnya. Bantuan fasilitas berupa pelatihan SDM, eksekusi survey pasar, infrastruktur teknologi, dan sosialisasi dan pemasaran.

 

Seperti yang kita ketahui, daerah 3T di Indonesia menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa indahnya. Maka melalui program Dayamaya ini semoga dengan cepat membantu struktur perekonomian masyarakat khususnya yang berada di daerah 3T menjadi cepat maju dan berkembang.

 

 

Program Dayamaya Untuk Indonesia Lebih Maju
 

Program Dayamaya yang sudah berkembang saat ini ada 3 yaitu Autorin, Cakap dan Jahitin. Dengan cara merangkul stakeholder strategis tentu kita yakin kalau kita memiliki daya dan untuk bersama-sama membawa perubahan di daerah 3T.

 

Autourin

 


Autorin adalah perusahaan teknologi di sektor pariwisata yang menyediakan jasa layanan offline dan online. Melalui program Dayamaya ini Autorin memberikan pelatihan dan sertifikasi pemandu  wisata di daerah Natuna.

 

Pada tahun 2019 terdapat 10 pemandu wisata di Natuna sudah memiliki lisensi, lebih berani melakukan self branding dan mulai memanfaatkan medsos untuk promosi. Dengan ini semoga makin banyak pemandu wisata yang berlisensi. 

 

Di masa pandemi seperti saat sekarang ini Autorin banyak melakukan program pelatihan secara daring bagi pemandu wisata se Indonesia. Mereka diajarkan bagaimana caranya membuat tour virtual baik kepada wisatawan dalam negeri maupun wisatawan internasional. Lagipula tour virtual seperti yang sedang booming sekarang ini merupakan tour yang jangka panjang, akan tetap eksis dan berkembang meskipun pandemi telah berlalu.

 

Tentu saja, tidak semua orang memiliki biaya untuk tour secara langsung, tapi dengan adanya tour secara virtual kita bisa menekan biaya pengeluaran untuk berwisata namun bisa tetap mendapatkan kepuasan untuk berwisata.

 

Cakap

 


Cakap merupakan platform online pembelajaran bahasa asing, yang mendukung pembelajaran bahasa asing khususnya daerah wisata. Tentu saja dengan cara mengembangkan kemampuan berbicara masyarakat yang tinggal di daerah wisata khususnya bahasa Inggris.

Melalui program Dayamaya Cakap menyelengarakandigital assessment di kabupaten Sabu Raijua dan kabupaten Sumba Nusa Tenggara Timur (NTT) menggunakan standarisasi CEFR (The Common European Framework Of Refence For Languages) program ini melibatkan peserta setingkat pelajar sma sebanyak 250 orang. Cara belajarnya tentu saja via daring melalui ruang belajar digital dalam sebuah kelas online yang diisi oleh guru bahasa Inggris asing (ESL Teacher)

 

Jahitin



Jahitin academy berusaha memberdayakan SDM dengan meningkatkan skill penjahit di provinsi NTT, khususnya di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. Melalui workshop pengolahan limbah kain tenun. Jahitin mengajarkan bagaimana cara mengolah kain tenun menjadi produk yang bernilai jual seperti untuk membuat cushion pillow.

 

Tak hanya disitu, Jahitin selain membantu peningkatan skiil para penjahit di Sumba juga membantu agar para penjahit dapat lebih mudah mengakses pasar. Dan dampaknya sekarang para penjahit Sumba sudah mendapatkan akses langsung yang berhubungan dengan dinas perdagangan. Jahitin juga menyediakan satu website Jahitin.com agar  membantu para penjahit dari Sumba ini dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

 

Semoga program Dayamaya ini dapat terus berkembang, sehingga masyarakat yang tinggal di Daerah 3T dapat menjadi lebih maju daripada kehidupan mereka sebelum ada program Dayamaya ini.

 

Get notifications from this blog

24 komentar

  1. MasyaAllah, sangat bagus ya programnya. Salut ada pembelajaran juga via daring dari cakap, 250 orang yang ikut serta pasti membawa dampak positif dari adanya program ini:)

    BalasHapus
  2. Bagus banget program dayamaya dari kominfo ini ya kak. Semoga dengan adanya sinergi dari pemerintah dan startup membuat daerah 3T menjadi semakin maju.

    BalasHapus
  3. Keren nih program jahitin akademinya,Mbak. Ngomong2 font huruf-nya alus banget nih 😁

    BalasHapus
  4. Program dayamaya untuk pelaku usaha apalagi di fokuskan untuk daerah 3T. Biasanya program 3T begini ini untuk masalah pendidikan. Wow! Bagus banget programnya untuk membantu pelaku usaha ya mbak aisyah

    BalasHapus
  5. Aku salfok sama yang namanya jahitin nih :) Bisa se kreatif itu mikirin tentang limbah :)
    semoga sukses ya programnya

    BalasHapus
  6. Keren pisan program dayamaya, daerah 3 T insyaallah akan terbantu
    Pemilihan namanya juga asyik. Dayamaya, Autorin, Cakap dan Jahitin

    BalasHapus
  7. Aamiin. Pemerintah tidak henti henti terus membangun hingga pelosok tanah air. Ini patut kita dukung. Saya juga ingin belajar nih bisa bikin virtual tour

    BalasHapus
  8. program yg inspiratif ya mbak
    memberdayakan masyarakat daerah 3 T agar bisa bersaing di era ekonomi digital

    BalasHapus
  9. Program dari KOMINFO ini sangat bagus sekali karena mampu memberdayakan daerah terpencil (3T) ini untuk lebih kreatif dan inovasi. Dan dari artikel yg saya baca di atas, ternyata banyak sekali program dayamaya-nya ya? keren-keren apalagi yang program bahasa inggris itu, sangat positif untuk bekal go global :)

    BalasHapus
  10. program nya keren-keren. Pemerintah terus berusaha untuk mengedukasi dan membentuk masyarakat yang lebih kompeten dan bisa bersaing dan survive dengan banyak program dan pembekalan yang diprogram oleh pemerintah

    BalasHapus
  11. Masyarakat daerah 3T sangat punya hak untuk bisa maju dan berkembang.
    Bersyukur banget ada program DAYAMAYA ini ya.

    BalasHapus
  12. mbaaak aku sampe ngikik bolak balik, baca autorin jadi auto urin wkwkwkwkk
    dasar yaaa
    btw itu tulisan yang bener autorin atau atourin?

    Nah Program Dayamaya yang digelar oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Dan Informasi (BAKTI) Kominfo ini aku udah baca, dan memang sangat membantu daerah yang 3T loh, semoga program ini amanah dan sukses besar insya Allah

    BalasHapus
  13. Salut euy sama tiga inisiasi terpilih ini, yang bisa memberikan kontribusi pada masyarakat di daerah 3T. Semoga Program Dayamaya ini bisa terus berjalan di tahun-tahun yang akan datang.

    BalasHapus
  14. Program bagus banget nih kominfo, semoga programnua berkembang dgn baik dan memberi pengaruh besar terhadap daerah 3T tadi

    BalasHapus
  15. Penasaran dengan start up Atourin, bagus banget nih startupnya agar setelah pandemi bisa memandu wisata lagi..

    BalasHapus
  16. Bagus banget programnya pemberdayaan daerah 3T dan semuanya keren dan bermanfaat nih startupnya

    BalasHapus
  17. Salfok sama 10 pemandu wisata di Natuna sudah memiliki lisensi Itu artinya program ini salah satu manfaatnya sangat membantu sekali para pemandu wisata yang membutuh self branding

    BalasHapus
  18. Program Dayamaya emang keren yah. Memberdayakan masyarakat Indonesia khususnya daerah 3T

    BalasHapus
  19. Dayamaya ini terobosan yang keren menurut saya. Saya pun pengen partisipasi nih di sini, tapi belum punya Start Up yang cukup kuat. Mungkin kapan2 kali ya. Semoga programnya bisa bertahan di masa depan agar daerah 3T bisa terus berkembang

    BalasHapus
  20. Bagus nih program Dayamaya ini, mewadahi start up untuk memajukan daerah terdepan, tertinggal, dan terluar ya... mudah2an kesejahteraan perekonomian masyarakat jadi lebih merata ya

    BalasHapus
  21. Aku tertarik sama Jahitin, pas buka webnya tampilan menarik. Semoga makin banyak start up yang tergerak melakukan edukasi ke masyarakat pula.

    BalasHapus
  22. BAKTI dengan Program Dayamaya ini sangat bermanfaat banget nih mb aisyah, terlebih ini diberikan untuk usaha kecil di daerah 3T yaa, semoga memberikan manfaat dan memajukan ekonomi rakyat aamiin.

    BalasHapus
  23. Happy banget denger ada program pemberdayaan kayak gini. masih ada banyak kebaikan di negeri ini bikin saya jadi optimis Indonesia bakal bangkit baik dari segi ekonomi maupun pendidikannya.

    BalasHapus
  24. keren yaaa,, moga makin byk start up yang terbantu yaaa kak dengan program2 kayak gini, salut bgt sih sama programnya positif bgt

    BalasHapus

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya