Wisata Kampung Kangkung Balikpapan

 



Kebun Kangkung Wisata Edukasi Kang Bejo tepat berada di desa Sumber Rejo 2 rt 40 Balikpapan. Aku saja sempat kaget karena ternyata ada wisata kampung kangkung yang berada di tengah kota. Hahaha selama ini tempat mainku terlalu jauh hingga yang tepat berada di depan mata malah tidak terlihat. Sudah kaya jodoh aja kan ya? Mutar sana-sini nggak ketemu eh sekalinya malah berjodoh dengan yang satu kampung. Uhuks, kamu nggak gitu kan?


Kalau kalian sedang berada di kota Metropolitan Jakarta, bisa mengunjungi Taman Catleya yang ditulis lengkap di Blognya  Blogger Betawi kece kak Marlina Journey.


Pertama kali datang, kami menuju parkiran. Disambut dengan kebun kangkung hijau yang sangat luas. Suasana langsung terasa sejuk, tak terlihat hingar-bingar kemacetan kota Balikpapan. Yang terlihat hanyalah kedamaian. Disana sini terlihat anak-anak yang sedang bermain layangan, berlarian dengan ceria. Pokoknya suasananya sangat menyenangkan. Ada yang sedang berebutan, ada yang menangis, ada yang ngambek. Dinamika permainan anak-anak yang sangat menyenangkan.

 

Lalu ibu-ibu petani kangkung yang sedang memetik kangkung, sementara di bagian ujungnya terlihat bapak-bapak yang sedang menabur pupuk agar kangkungnya tumbuh dengan subur dan bagus. Percayalah aku bener-bener takjub dengan suasana begini. Biasanya hanya pada saat pulang ke Ngawi bisa menemukan situasi yang begini menenangkan hati.

 

Wisata Kuliner Kebun Kangkung Kang Bejo

 

Lalu beralih ke stand atas, aneka kuliner dapat kita nikmati dengan harga yang sangat terjangkau. Sure, ini Balikpapan tapi saya masih menemukan satu piring kecil nasi pecel ala pecel madiun dengan harga Rp 5.000. Saya rasanya ingin meloncat saking bahagianya. Pecel Madiun itu cita rasanya khas banget, berbeda dengan pecel Balikpapan pada umumnya. Dengan bumbu habang bali, mie kuning serta sambal goreng kering tempe.

 

Sementara pecel madiun dari sambalnya saja sudah khas banget. Kaya dengan parutan kulit jeruk purut serta potongan kecil daun jeruk purut. Dari aromanya saja sudah bisa kita bedakan saking harumnya. Lauk utamanya hanyalah satu potong tempe dan tahu goreng. Tak kelupaan peyek kacang yang memang pas banget buat makan sepiring nasi pecel.

 

Resep Membuat Nasi Pecel Madiun

 

Potong-potong sayuran pecel, bayam, kubis, kacang panjang, kecambah. Lalu rebus sebentar, jangan terlalu lama karena akan membuat sayur tidak enak, tekstur warnanya pun menjadi tidak cantik.

Timun , daun kemangi potong-potong namun tidak perlu direbus

Goreng tempe, tahu dan peyek. Lebih pas lagi kalau ditambahi telur ceplok mata sapi ataupun bakwan.

Larutkan bumbu pecel madiun dengan air yang mendidih, aduk rata, siap untuk disiram diatas sayuran pecelnya.

Untuk minuman andalannya ada aneka minuman sachet dengan beraneka rasa. Tapi tetap saja es jeruk menjadi pilihan yang paling aman, terlebih di masa seperti sekarang ini. Kita harus banyak-banyak mengkonsumsi vitamin c kan agar imun tubuh kita terjaga.

 

Snack Pisang Gapit Dan Resep Serta Cara Membuatnya

 

Sementara untuk camilannya yang terkenal disini adalah pisang gapit. Pisang gapit memang sangat enak terlebih dimakan pada suasana bersama keluarga begini. 1 porsi harganya Rp 10.000 tapi sangat kenyang karena porsinya luar biasa banyaknya. Percayalah kalau makan sendirian pasti sangat kekenyangan.

 

Cara membuat pisang gapit adalah dengan memanggang pisang kepok yang setengah matang. Tidak terlalu keras namun tidak pula terlalu matang. Setelah pisang dipanggang diatas arang matang, segera angkat dan penyet ataupun japit. Lalu gunting-gunting pisang hingga menyerupai potongan kecil-kecil.

Lalu siram potongan pisang di piring tadi dengan menggunakan kuah manis yang terbuat dari rebusan gula merah, dicampur dengan sedikit santan, tepung maizena, potongan Nangka, rasa nya benar-benar  menggoda selera. Sangat cocok dinikmati bersama keluarga kecil disini.

 

Manfaat Kangkung Buat Kesehatan


1. Mencegah anemia


Manfaat sayur kangkung yang paling bermanfaat adalah dapat mencegah anemia karena kaya akan zat besi. 


2. Menyehatkan mata


Kangkung merupakan jenis sayuran yang dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan. Sayur kangkung mengandungvitamin A, karotenoid, dan lutein yang dapat membantu menjaga kesehatan mata Anda. Salah satu penyakit berbahaya yang dapat dicegah dengan konsumsi kangkung secara rutin adalah katarak.


3. Menjaga fungsi hati


Rupanya, kangkung berguna untuk menjaga fungsi hati. Dalam hal ini, kangkung air mampu mengurangi tanda-tanda keracun pada hati.


4. Meningkatkan kualitas otak

 

Omega-3 pada kangkung meningkatkan kapasitas otak

Kandungan vitamin B kompleks dan omega-3 pada kangkung dapat membantu kinerja otak menjadi lebih baik. Manfaat sayur kangkung ini menjadikannya sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan agar kapasitas otak mereka meningkat dan menjadi lebih cerdas.


5. Menjaga kesehatan jantung


Kangkung juga disebut-sebut dapat menyehatkan jantung karena kandungan vitamin A dan C. Selain itu, kangkung juga memiliki sifat antioksidan.



8. Mengurangi radang usus


Menurut penelitian yang terbit pada International Journal of Current Pharmaceutical Research, kangkung kaya akan kandungan aktif yang bekerja sebagai antibakteri. Kandungan ini terdiri dari alkaloid, saponin, flavonoid, glycoside, asam amino, dan tannin.


 

 

 

 

 


Get notifications from this blog

16 komentar

  1. Sepakat pecel Madiun itu bumbu pecelnya tiada dua ya mbak ..Saya belum makan pecelnya baru nyium bau bumbu pecel yang di encerkan aja udah gemesss pengen segera makan pecelnya ..terbaik deh emang ..btw jadi kampung kangkung tuh isinya tanaman kangkung aja ya?

    BalasHapus
  2. kangkung itu katanya sayuran bisa buat ngantuk ya, mitos apa fakta kalau aku suka tumis kangkung euyy ternyata manfaatnya banyak juga ya.

    BalasHapus
  3. Ternyata kangkung banyak juga manfaatnya ya Kak. Trus yang katanya makan kangkung bisa tidur terus itu mitos nggak ya..
    Katanya makan kangkung bikin lemes

    BalasHapus
  4. Mbaaa, sumberejo ini dimana ya. Aku kok lupa ya. Duh setiap mbak aisyah nulis tentang Balikpapan rasanya ingin kembali ke sana, hehehe.

    BalasHapus
  5. kenapa namanya kampung kankung ya mbak? apa banyak kangkungnya? duh aku jadi pengen nasi pecel madiun, pernah makan di madiun enak banget di sana..

    BalasHapus
  6. Wisata kampung kangkung, jadi warga kampung memiliki usaha pertanian kangkung. Dari menanam hingga masakan dari olahan kangkung. Inspiratif

    BalasHapus
  7. Wah, menarik banget. Ini wisatanya masuk BUMD kah mbk? Wisata yg dikelola desa gitu?

    BalasHapus
  8. Setuju, kak. Bumbu pecel madiun entah kenapa unik ya. Beda dengan bumbu pecel dari daerah lain, terutama dari bojonegoro. Buat lidah orang Bekasi kayak aku, bumbu pecel madiun tuh sesuai banget.

    BalasHapus
  9. Wow baru tahu kalau kangkung manfaatnya banyak. Aku tahunya cuma buat memperlancar pencernaaan saja. Kalau susah pup makan kangkung jadi lancar. Wakakaka

    bedewe, bisaan aja neng, dari kangkung ke jodoh.

    BalasHapus
  10. luar biasa banget ya tempat wisata yang ada di Balikpapan ini beragam dan menarik dan pastinya wisata edukasi ini memberikan nuansa baru bagi keluarga ketika sedang tamasya

    BalasHapus
  11. Perginya ke kampung kangkung Balikpapan, tapi kok bikin pecelnya Madiun mbak? :D

    BalasHapus
  12. Asyiknya nih jalan jalan ke kampung Kangkung. Btw, memang kangkung ini sayuran yang masaknya cepat dan menggugah selera, banyak pula manfaatnya ya kak.

    BalasHapus
  13. Asiknyaaa ke wisata kampung kangkung, saya paling suka makan sayur kangkung, kadang ditumis campur udang, rasanya maknyuss banget

    BalasHapus
  14. Sebenarnya salah satu sayuran yang aku ga suka adalah kangkung, setelah baca banyak manfaatnya auto cobain dan ternyata enak juga ya

    BalasHapus
  15. penasaran banget sama kampung kangkung. minta foto-fotonya mbaa kepo akuu tuh haha. walaupun jauh dari tempat tinggal aku, tapi sapa tau ada umur buat main ke balikpapan. hihi. jadi pengen makan kangkung nih hehe.

    BalasHapus
  16. Baru tau manfaatnya kangkung ada banyak .. selama ini suka kangkung krn rasanya enak aja.. ada cah kangkung . Oseng kankung...

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.