Search Intent, Salah Satu Faktor On Page SEO Terpenting

Search Intent
Search intent

Intent jika dibahasa Indonesiakan artinya adalah maksud. Search intent sendiri artinya adalah maksud dibalik keyword. Yaitu pemahaman Google terhadap apa yang sebetulnya dicari oleh pengguna search engine.

Sangat penting untuk memahami search intent saat melakukan riset keyword. Kaitannya nanti dengan pembuatan artikel.

Jika kamu memahami dengan baik intent sebuah keyword, artikel yang kamu buat akan mempunyai peluang untuk mendapatkan rangking yang bagus di Google. Sebaliknya jika salah mengartikan intent dari keyword, artikel yang kamu buat akan sulit mendapatkan rangking yang bagus.

Meski kamu membangun banyak backlink berkualitas pada artikelmu, tapi kalau search intent-nya salah, bakal susah sekali keyword dari artikel itu untuk nangkring di page one.

Lebih Mudah Dipahami Dengan Praktek

Sebagai contoh saya melakukan pencarian menggunakan keyword “anak kucing anggora”. Menurut Ubersuggest keyword itu mempunyai search volume 6.600.

Jumlah yang cukup besar sehingga menggugah saya untuk membuat artikel menargetkan keyword tersebut. Rencananya saya ingin menulis artikel informasional tentang anak kucing Anggora mulai dari perawatannya, perkembangan, makanan, penyakit, tak lupa disertai gambar-gambar kucing Anggora yang menarik.

Tapi sebelumnya saya mengecek apakah keyword “anak kucing anggora” memang digunakan orang untuk mencari informasi tentang anak kucing Anggora? Pengecekan ini sangat penting dan sebaiknya jangan kamu lewatkan.

Saya pun Googling menggunakan keyword “anak kucing anggora.” Hasilnya bisa dilihat pada screenshot di bawah

Ternyata halaman pertama SERP (top 10) menampilkan:

  1. Foto-foto anak kucing Anggora.

  2. Harga kucing Anggora terbaik (shopee.co.id).

  3. Harga kucing Anggora semua jenis (99.co).

  4. Jual anak kucing Anggora murah (tokopedia.com).

  5. Video Youtube.

  6. Anggora anak - jual hewan peliharaan kucing terlengkap (olx.co.id).

  7. Daftar harga kucing Anggora semua jenis (kucingpedia.com).

  8. Kucing Anggora, ketahui ciri fisik dan tips memelihara (cermati.com).

  9. Jual produk sejenis anak kucing Anggora Persia 3 bulan (bukalapak.com).

  10.  Jual produk anak kucing Anggora murah dan terlengkap (bukalapak.com).

Jelas sekali halaman pertama SERP untuk keyword “anak kucing anggora” didominasi oleh konten komersial. Tandanya page title mereka ada kata-kata harga, jual, murah. Jadi jika saya menulis artikel informasional untuk keyword ini, percuma.

Google memahami keyword “anak kucing anggora” digunakan orang yang ingin membeli/mengadopsi kucing Anggora. Maka Google pun menampilkan konten komersial di halaman pertama hasil pencarian.

Untunglah saya belum terlanjur menulis artikel informasional tentang anak kucing Anggora. Sebab meskipun artikel yang saya tulis sepanjang 5.000 kata, pembahasannya mendalam, dan berkualitas, tetap sulit menembus top 10 SERP untuk keyword “anak kucing anggora”.

Saya harus membuat konten komersial jika tetap ingin mengincar keyword tersebut. Tapi bagaimana jika saya tetap ingin menulis artikel informasional tentang anak kucing Anggora?

Gampang, targetkan keyword yang lain. Misalnya “cara merawat anak kucing anggora” yang mempunyai search volume 210 dan search intent informasional.

Atau jika memang siap berkompetisi, targetkan saja keyword “cara merawat kucing anggora”. Search intent-nya juga informasional dan search volume 1900.

Perhatikan Juga Format Konten

Search intent tak hanya berupa jenis konten namun juga menyangkut hal lain misalnya format artikel. Kamu bisa melihat screenshot di bawah ini, hasil dari pencarian keyword “kucing terbesar di dunia”.

Hasil SERP:

  1. 11 foto lucunya Ludo, kucing terbesar di dunia (brilio.net).

  2. Inilah 10 ras kucing terbesar di dunia (idntimes.com).

  3. Sungguh nyata!! 10 jenis kucing paling besar di dunia (Youtube).

  4. Video Youtube.

  5. 10 jenis kucing paling besar di dunia (ekor9.com).

  6. Bukan hanya Maine Coon, berikut 7 jenis kucing berukuran (caritahu.kontan.co.id).

  7.  Wow! Inilah 4 ras kucing paling besar di dunia (style.tribunnews.com).

  8.  Wow! Inilah 4 ras kucing paling besar di dunia (style.tribunnews.com).

  9.  Mengenal The Liger, kucing terbesar di dunia (hitekno.com).

Saya belum membuka artikelnya satu per satu. Tapi dari judulnya saja terlihat format kontennya didominasi oleh list (ada angka 11, 10, 7, 4). Jadi jika kamu ingin bersaing di keyword “kucing terbesar di dunia” buatlah konten dengan format list.


Get notifications from this blog

1 komentar

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya