Resep Bolu Marmer Marble

Bolu Marmer Klasik Istimewa Dan Slalu Di Hati

kue bolu marmer ekonomis
kue bolu marmer marble

Ketika membicarakan kue pasti yang pertama kali terlintas adalah kue bolu marmer marble. Tak salah memang karena bolu marmer merupakan kue yang sangat istimewa. Meskipun trend kue belakangan ini datang silih berganti namun bolu marmer tetaplah di hati. Memiliki tekstur lembut, moist, dan tidak seret sehingga bisa dinikmati oleh semua usia.

Kue ini biasa dinikmati di sore hari pada saat berkumpul bersama keluarga. Seperti Blogger Tuban, Jawa Timur yang menikmati makanan Exstreem. Disajikan bersama segelas teh hangat ataupun kopi susu. 

Kebersamaanpun menjadi lengkap dengan hadirnya sepotong bolu marmer. Tak hanya itu, disetiap acara arisan keluarga serta pengajian biasa bolu marmer marble tidak pernah absen. 

Tentu saja selain istimewa, bahan utama mudah di dapat, sangat mudah dibuatnya juga sangat ekonomis. Budget tipispun jadi 1 loyang yang bila di potong dengan ukuran standart bisa antara 25-30 an potong.

Resep Ekonomis Bolu Marmer Ringan Di Kantong

Membuat bolu marmer ini sangatlah mudah. Hanya membutuhkan waktu setengah jam pun jadi. Bahan-bahan yang digunakan pun juga sangat murah. Satu Loyang ukuran 22 cm hanya menghabiskan budget Rp 20.000 - Rp 35.000.  Bagaimana sangat murah bukan? Terlebih bila dibandingkan membeli di toko kue dengan harga yang lebih mahal tapi belum tentu dengan rasa yang lebih enak daripada bikinan kita.

Agar lebih mudah saya biasanya memakai ukuran gelas. Terserah gelas apa saja yang biasa kita pakai buat bikin teh. Tapi jangan juga menggunakan gelas dengan ukuran besar ya, yang kecil saja. Nggak usah berlama-lama silahkan di catat bahan apa saja yang harus disiapkan kalau ingin membuat bolu marmer marble.

Bahan - bahan resep membuat bolu marmer

-          5 butir telur ayam

-          1 bungkus SP

-     ½ bungkus  blueband ataupun butter, boleh ditambahkan minyak makan 10 sendok. Total semua 20 sendok makan. Saya sengaja memakai separo minyak makan selain lebih irit juga mengurangi efek rasa asin dari blue band.

-          ½ gelas gula pasir

-          ¼ sendok teh soda kue.

-          1 Gelas tepung terigu. Saya pakai yang cap segita biru.

-          1 sachet susu bubuk.

-          1 sachet susu kental manis

-          1 bungkus vanili.

Lihat teman-teman dari bahan yang saya sebutkan diatas tidak lebih dari Rp 30.000 bukan? Tentu selain lebih enak serta irit di kantong. Apalagi di masa seperti saat sekarang ini  dengan membuat kue atau makanan ringan sendiri di rumah hati kita juga lebih merasa tenang bukan?

 

Cara membuat bolu marmer marble

- - Mixer gula pasir, telur serta SP.

---Setelah agak memutih serta adonan menjadi mengembang dan berjejak kurangi speed mixer.

- -Masukan susu kental manis. Aduk rata.

- -Masukan tepung terigu, susu bubuk, vanilli serta soda kue. Masukan sedikit demi sedikit jangan semua langsung dimasukan karena bisa menyebabkan adonan menjadi jatuh dan bantat.

- - Setelah adonan tercampur rata tapi jangan lama-lama masukan blue band yang telah dicairkan, aduk merata lalu matikan mixer.

--- Ambil 8-10 sendok adonan tadi lalu beri pewarna coklat sebagai hiasan diatasnya nanti.

-- Masukan adonan dalam cetakan yang sudah diolesi mentega diatasnya untuk mencegah lengket saat matang nanti.

- - Oven kurang lebih 10-20 menit.

S-Setelah tercium bau harum, cek kematangannya. Segera angkat takutnya adonan menjadi gosong.

Gimana mudah sekali kan cara bikinnya teman-teman? Bolu marmer marble  ini juga sangat cocok buat oleh-oleh atau buah tangan lho. Nggak percaya coba deh bawa satu Loyang besar buat keluarga tercinta, dijamin mereka akan sangat memuji kalian. 

Meskipun awalnya akan terlihat biasa karena hanya bolu marmer. Tapi setelah merasakan satu potong mereka pasti akan makan lagi dan lagi. Ini pengalaman pribadi saya.karena rasa dari bolu marmer marble ini luar biasa istimewa. 

Sementara yang dijual diluaran dengan harga seloyang 30-40 k itu rasanya tak seenak ini. Kalau menurut saya resep yang saya share diatas sudah termasuk yang anti gagal lho. Jadi kapan kalian akan coba membuatnya juga? Habis baca resep ini langsung eksekusi yuuks.


Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat bolu marmer

1.      Oven

Pastikan oven yang dipakai untuk memanggang dipanaskan dulu suhunya sebelum dipakai. Kalau memakai panggangan bulat jadul itu panaskan juga bagian bawahnya dengan api kecil. Oh ya satu yang harus diingat pada waktu prosesi manggang memanggang adalah tidak boleh membuka tutupnya karena dikhawatirkan akan membuat suhu ruagan menjadi turun dan mengakibatkan kue yang sudah mengembang jadi mengempis lagi

 

 

Get notifications from this blog

16 komentar

  1. bisa direkomendasikan nih buat istri. kebetulan sekarang lagi senengnya bikin kue. alat-alatnya sudah ada, tinggal bahan-bahan saja yg belum tersedia.

    BalasHapus
  2. Kalau yang ngga punya oven. Bisa pakai kukusan kah, kak? Penasaran pengen coba praktekin. Kebetulan ada SP di rumah

    BalasHapus
  3. Aku gak pnya oven mbak..klo dikukus bisa ga?? btw cantik lho tampilan bolu marmernya.. cocok nih buat terima orderan hihi

    BalasHapus
  4. Bisa nih resepnya aku catet biar kapan belanja kebutuhan dapur sekalian beli bahan resep bolu nya, soalnya tuh aku juga pecinta bolu.

    Semoga nanti pas bikin hasilnya secantik bolu bikinan mba juga deh.

    BalasHapus
  5. Mbak Aisyah ini pinter masak ya dilihats uka bagi2 resep...aku belum bisa bikin bolu gini pernah sekali bolu biasa tapi pegel bgt mixernya hihi..

    BalasHapus
  6. Sepertinya enak nih mbak bolu marmer. jadi ingin nyicip. hehehe

    BalasHapus
  7. gampang yaa, saya belum pernah berani buat bolu haha, takut gagal dan enggak enak. seperti ini gampang dan anti gagal nih. jadi mau coba. makasih mba resepnya.

    BalasHapus
  8. Aku seneng nih kalau ada resep-resep seperti ini, karena aku gak pandai memasak. Sekarang pas ada pandemi baru mulai coba memasak tapi masih yang simpel, walaupun ibuku jago masak belum tentu turun ke anaknya hahahah. Patut aku coba nih resepnya.

    BalasHapus
  9. Resepnya gampang kak..
    Entah kebetulan entah gimana, ini juga saya sedang menikmati bolu marble..
    Emang enak banget..

    BalasHapus
  10. Kak itu telurnya kuningnya aja apa dengan putihnya ya. Aku sering gagal buat bolu. Hihihi. Padahal udah beli tepung bolu yang udah bungkusan itu. Sudah ngembang dia, pas ditaruk luar kempes.

    BalasHapus
  11. Kalo dikukus enak juga kali ya Say. Belum punya oven aku tu. Tapi anakku minta kue terus ini

    BalasHapus
  12. itu satu bungkus SP ukuran kecil ya sista soalnya itu ada ukuran kecil sedang dan besar Kalau dibilang cuma satu bungkus SP doang wa bisa berharap itu yang buat nanti kalau yang buat kuenya pakai ukuran s p besar bisa nggak jadi itu kuenya nanti tapi memang buat bolu itu sama murah meriah kalau kita tahu caranya dengan semangat soalnya paling bosan itu kalau nunggu waktu di oven 30 menit aduh kadang bosan banget nunggunya... Soalnya kalau kelupaan bisa gosong

    BalasHapus
  13. Wah, bolu favoritku nih mbak. Dulu kalo ada acara di rumah, tanteku selalu bikin. Kangen juga makan bolu ini. Makasih resepnya

    BalasHapus
  14. Bolu marmer sepertinya ini enak kak, bolehlah aku coba ntar buatnya

    BalasHapus
  15. Pas banget...hujan2 baca cara bikin bolu... yummy.. sayangnya bahannya belum ada... noted kak..disimpan dahulu

    BalasHapus
  16. Kalau diliat dari postingan ini kayak gampang banget ya bikinnya. Tapi pas dicobain beeeh belum tentu :D

    BalasHapus

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya