Tips Jadi Menantu Kesayangan Mertua

 

Tips Menantu idaman mertua
Foto pribadi


Menantu Vs Mertua, Damai Sajalah.


Hallo para menantu kesayangan mertua, apa sih tips nya hubungan kalian bisa lengket banget dengan mertua kaya perangko gitu? Saking disayangnya malahan anaknya sendiri yang jadi nomer dua, apa-apa diberikan pada menantunya, padahal dulu kalian kaya kucing dan tikus kan? Kog bisa berubah drastis begitu. Hihihi pada kepo pastikan?


Jadi ya, untuk menjadi seorang menantu kesayangan itu tidak semudah membalikkan kedua telapak tangan lho. Butuh proses yang panjang. Apalagi kalau misal mertua sudah punya calon buat anaknya trus ujug-ujug kita datang dan menjadi menantu yang tak dianggap. Yakin deh hari-hari tidak akan semudah apabila kalian adalah sosok pilihan mertua. Terlebih kalau tinggal satu atap pasti deh intrik tak bisa dihindarkan begitu saja.


But don’t worry, apapun itu. Kalau kita bisa memuliakan orang tua kita seperti yang ditulis oleh Mom Blogger kita pasti juga bisa memuliakan mertua kita bukan? terlebih pada dasarnya mertua adalah sosok yang memang wajar kita muliakan. Kalau surga seorang istri ada di tangan suami, bukanlah wajar kita memuliakan surganya suami? Agar jalan kita menjadi lurus dan rumah penuh dengan kedamaian.


Ucapan Adalah Doa. Ucapkan Mertuaku Sayang Mertuaku Terbaik


Dulu sebelum menikah sering banget dapat curhat teman-teman yang mertuanya jahat, mertuanya cerewet, mertuanya selalu ikut campur urusan domestic. Segitunya branding seorang mertua, terlebih mertua perempuan nggak ada baik-baiknya dimata menantu? Dan apesnya lagi sayapun mendapatkan mertua yang sama dengan gambaran diatas. Ops, saya lupa kalau ucapan itu adalah doa. Saya buru-buru istigfar, maybe mertua belum mengenal kita saja yang memang bukan siapa-siapanya sebelum ini, bertemupun pas waktu menikah saja. Jadi sangat wajar kalau banyak kontranya dibandingkan pro nya.


Kalau diteruskan batu bertemu batu otomatis akan menjadi pecah. Saya ngeri membayangkan terjadi perceraian gara-gara hanya konflik dengan mertua. Sangat remeh sekali rasanya. Ataupun kalau tidak sampai terjadi perceraian akan terjadi masa dimana kita mengultimatum suami kita dengan ancaman “Kamu mau pilih ibu kamu atau pilih aku?”  Nggak lucu kalau suami memilih kita pun dia akan menjadi anak yang durhaka, pun kalau suami memilih ibunya kita pasti terluka. So daripada menghadapi kejadian yang bakal jadi dilemma itu apa tidak lebih baik kalau kita sedikit calm down, mencari solusi agar ada kedamaian di dalam rumah kita?


Jadi Menantu Kesayangan Mertua Why Not?


Siapapun kita pasti sangat menginginkan menjadi menantu kesayangan mertua bukan? Pastilah, menjadi sosok menantu kesayangan itu benefitnya luar biasa lho. Investasi kebahagiaan rumah tangga seumur hidup. Rumah tangga kan nggak ada jaminan jalan halus dan lurus terus kan? Nah kalau kita bisa menjadi menantu kesayangan mertua enak banget bisa curhat semua-muanya pada mertua masalah anaknya mereka. Pengalaman saya kemarin sih gitu, masalah bisa cepat dengan mudah teratasi daripada kita curhat dengan orang tua kita sendiri. Lagian misal masalah  kita sama suami ya memang tepat kalau kita curhatnya sama mertua biar penyelesaiannya nggak ada pilih kasih.


Tips Menjadi Menantu Kesayangan Mertua.



1. Jangan membantah, just say yes and yes.


Ingat nggak kalau diajarkan untuk tidak mengucapkan kalimat ah kepada orang tua? Nah kalau ingat itu mulai sekarang coba dituruti deh. Biarpun sulit, anggap saja ini salah satu perintah Allah biar tidak terasa berat di hati.


Jadi tips pertama saya adalah saya tidak pernah membantah kalimat mertua. Paling saya akan menjawab iya, iya dan iya. Kalau sampai tidak dilakukan tinggal jawab” Oh iya lupa, iya buk.” Kalau mau protes denga napa yang disampaikan oleh mertua tinggal ngomong sama suami.


Minta tolong suami ngomong baik-baik sama orang tuanya. It,s work. Hahaha tanpa sadar saya pernah dengar mertua saya ngomong sama teman-temannya kalau saya adalah sosok menantu yang penurut. Padahal ya nggak juga. Intinya jangan tunjukan perlawanan di depannya saja.


2. Manjakan lidah dan perutnya mertua.


Dimana-mana disaat perut lapar memang mudah bikin emosi. Ada baiknya kita jadi menantu yang pintar beradaptasi. Kalau tidak pintar memasak cobalah untuk belajar menu-menu simple kesukaan mertua. Sudah pasti itu menu kesukaan suami juga kan? Bisa beli bumbu jadi di toko bumbu yang terpercaya, bisa googling, bertanya kepada 


suami ataupun membantu mertua saat memasak di dapur. Atau kalau tidak sempat memasak seperti saya bisa kita beli sayur matang, yang penting di rumah sudah tersedia nasi putihnya. Simple banget kan.


Atau kita bisa membelikan sarapan pagi, kue-kue basah ataupun bubur ayam. Tak perlu merepotkan diri di dapur pagi-pagi. Yang penting sudah tersedia teh hangat dan kitapun bisa bercengkrama dengan keluarga di depan televisi menikmati sajian berita pagi ataupun kajian tausiah pagi.


 3. Nggak Perlu berlebihan Jaga Image


Tinggal Bersama mertua otomatis kita akan menemukan perbedaan yang sangat mencolok dengan hidup kita. Contohnya mama mertua orangnya luar biasa rapi, sementara saya suka masa bodoh. Awalnya saya lumayan tertatih mengikuti ritme pekerjaan di rumah. Tapi lama-lama saya berfikir kalau pernikahan ini akan berlangsung sangat lama, bertahun-tahun bahkan selamanya. Jadi daripada saya menderita mengikuti ritme kerja mertua lebih baik saya menjadi diri saya sendiri.


Saya memang pemalas, habis makan belum tentu langsung saya cuci piringnya, saya jarang nyapu dan mengepel, saya jarang setrika bahkan baju kerja suami saja saya laundrykan. Awalnya mertua nyap-nyap dengan terus mengkritik saya, label menantu pemalas mungkin tersemat di jidat saya karena berbeda banget dengan menantu satunya. Tapi ini hidup kita, jangan sampai tertekan hanya karena hal kecil yang sebenarnya bisa ditangguhkan sejenak.


Seiring waktu mertua saya tetap baik kog sama saya. Saya juga sering mertua saya memuji di depan temannya, menantuku yang satu ini orangnya pemalas, tapi pintar jualan. Jadi nilai minus kita tidak akan menjadi masalah besar kalau kita mampu menunjukan nilai lain yang lebih positif.


4. Berikan mertua hak atas gaji anaknya.


Yang pertama yang saya lakukan setiap tanggal 28 adalah mengirim Sebagian gaji suami saya kepada ibu saya dan juga mertua saya (cash) betapapun kayanya mertua, tapi beliau tetap akan Bahagia kalau mendapatkan uang gaji dari hasil jerih payah anaknya. Biarpun tak banyak asal jangan sedikit (eh maksudnya gimana :p )


Jadi dulu saya yang mengambil alih pekerjaan suami untuk memberikan Sebagian uang gajinya kepada orang tuanya. Tapi makin kesini saya  merasa ada yang salah nih, kog merasa mensabotase hak suami. Siapa tahu mertua ada keinginan apa yang pengen dibeli, kalau ngomong sama menantunya kan mungkin sungkan. Saya juga tak pernah melarang berapapun uang bulanan yang suami berikan sama orang tuanya, pesan saya hanya agar adil saja dengan yang diberikan kepada orang tua saya.


Dan ini ternyata bisa membuat hubungan mertua dan menantu menjadi selangkah lebih dekat. Percayalah investasi yang begini tidak akan membuat kita menjadi rugi.

 

Demikian tips singkat dari saya agar bisa menjadi seorang menantu kesayangan mertua. Masih banyak sih sebenarnya, nanti kapan-kapan kita sambung lagi ya

Get notifications from this blog

14 komentar

  1. Jadi mantu idaman ?
    Pasti itu gak mudah memang, tapi kalau aku sih anggap itu suatu ibadah. Karena mertua adalah orang tua kita juga, dan meski kami nggak tinggal satu atap tetap menjalin silahturahmi.

    Kadang bertelepon sekedar bertanya kabar, atau kalau Idul Fitri tiba biasanya pulang kampung.

    BalasHapus
  2. masyaAllah..bener bgt kalau bisa jadi menantu kesayangan mertua memang bahagia bet. Namun, kita bisa semaksimal mungkin ya berusaha..soalnya di lapangan banyak faktor X X X kuadratnyaa

    BalasHapus
  3. Sebenarnya menjadi menantu yang baik itu pahalanya besar lho namun hanya saja pribadi ini masih belum bisa mengaplikasikan dengan benar, hehehe

    BalasHapus
  4. Eiya kak, bener. Aku pun sama mertua berusaha say yes. Apalagi aku jadi anak bontot. Meski kadang capek disuruh-suruh, eh alhamdulillah malah kompak jadinya. Yang penting emang kita juga harus perlakukan mertua sama kaya orangtua kita juga ya, kak

    BalasHapus
  5. bener nih, saya kalo dinasehatin sama mertua ngucap yes yes aja, meski terkadang sebenarnya gak gitu konsepnya. tapi daripada berantem kan yak, haha. jadi ngalah aja. makasih sharingnya mba.

    BalasHapus
  6. Wahh harus siap ya kalau udah menjadi pasangan, harus bisa jadi menantu kesayangan mertua... Noted kak semoga, semoga

    BalasHapus
  7. Bener banget ya sis jadi menantu kesayangan Why not. Tinggal bagaimana perilaku kita di depan mertua dan juga memberikan haknya itu penting banget soalnya terkadang tanpa disadari kita suka pilih kasih antara orang tua sendiri dan mertua padahal semuanya harus sama rata

    BalasHapus
  8. Tipsnya oke kak, mertuaku jauh nih, jadi sesekali pulang. Itupun pasti terasa gesekan mengenai kebiasaan yang berbeda. Kadang cukup dengan diam menanggapinya.

    BalasHapus
  9. Sifat para menantu kebanyakan jaga image, akhirnya hubungan mertua dan menantu kurang cair. Betul juga artikelnya. Terima kasih sudah diingatkan

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah mertuaku yang perempuan Rahimahullah luar biasa baik mba..
    Beliau selalu baik sama siapa saja. Sayang, gak lama bisa berinteraksi dengan beliau karena beliau kemudian pergi selamanya mba..
    Tempat mengadu dan curhat hanyalah kakak ipar.

    BalasHapus
  11. Wah perlu bikin ini juga nih dari sudut laki laki ehehe

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah mertuaku juga sayang banget sama aku. Udah pedekate dr jaman pacaran hihihi. Bahkan tempo hari waktu aku ultah, mertua telpon ngucapin

    BalasHapus
  13. Ga mudah ya kak jadi menantu idaman heheh, harus belajar banyak ini so ntar lagi jadi mantu orang

    BalasHapus
  14. Yang point 4 itu, maksudnya biar anaknya saja yang ngasihkan ke bumer kah? Soalnya suami selalu meminta saya yang kasihkan ke beliau. Saya yang ngejatah juga berapa berapanya.

    BalasHapus

Hai, silahkan tinggalkan komen, pesan dan kesannya. Tapi maaf untuk menghindari spam dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya.