Sekoteng Minuman Herbal Pembangkit Stamina Dan Pencegah Masuk Angin

Sekoteng

Sekoteng adalah minuman yang dikenal berkhasiat untuk menghilangkan masuk angin. Terlebih bila suhu dingin, cuaca hujan ataupun dari habis bepergian jauh, terpapar angin setelah mengendarai kendaraan bermotor.

Selain itu sekoteng dipercaya sebagai pembangkit stamina serta membuat hati menjadi riang gembira. Nggak percaya? Coba deh dikala sedang gundah gulana kalian minum semangkok sekoteng, dipastikan suasana hati kalian akan menjadi gembira.

Perpaduan jahe merah, susu serta campuran aneka roti, agar, jelly dll membuat rasa yang pas. Apalagi diminum dikala cuaca dingin dan hujan seperti saat ini badan yang sedang masuk anginpun kembali segar dan sehat. Ssttt kabar baiknya di tengah pandemi yang ada, minuman sekoteng yang mana  bahan dasarnya jahe merah juga diyakini dapat mengusir virus covid lho. Gimana sudah enak, hangat dan nyaman khasiatnya beneran bukan kaleng-kaleng kan?

Resep sekoteng ala Tradisional Jawa

Minuman sekoteng sebenarnya sudah menjadi minuman wajib bagi suku jawa terlebih yang tinggal di area pegunungan. Dinginnya cuaca disana membuat minuman ini sangat populer. Dulu waktu saya masih tinggal di jawa Timur minuman sekoteng dapat dengan mudah ditemukan di pinggir jalan. Nah kalau kalian sedang ke jogja coba deh cicipi minuman khas Jogja yang diulas di blognya kak Richa Miskiyya.

Sebenarnya membuat sendiri minuman sekoteng di rumahpun sangat mudah. Bahan-bahannya dapat dengan mudah kita temukan di dapur kita. Nah kalau kalian sedang santai yuk bikin sendiri sekotengnya. Apalagi kalau membuatnya dengan penuh cinta dijamin makin istimewa deh rasa sekotengnya.

Bahan-bahan dan persiapan membuat sekoteng

Resep dan bahan sekoteng

-Jahe merah 5-10 ruas jari. Dibersihkan, dibakar atau dipanggang lalu digeprak kasar. kalau mau lebih terasa pedas 70% di blender atau diparut. Lalu direbus sisihkan.
-Cairkan gula pasir untuk membuat simple syrup, tunggu dingin sisihkan.
-Masak agar-agar. pilih yang warna merah ataupun hijau. dinginkan lalu potong kotak-kotak.
-Masak Jelly, dinginkan. Potong kotak-kotak atau dicetak dalam cetakan jelly.
-Mutiara / pacar cina, masak lalu dinginkan.
-Klepon tanpa kelapa parut. Cara bikinnya cukup tepung ketan dibikin adonan kental, lalu diisi dengan gula merah. Rebus sampai mengembang dan matang. Angkat sisihkan.
-Kacang tanah sangrai sampai matang, buang kulitnya.
-Nata de coco.
-Roti tawar. Potong segi empat kecil-kecil.
-Gabin segi empat kecil sebagai pelengkap.
-Susu kental manis.
 

Cara membuat sekoteng

- Campur jadi satu air rebusan jahe merah, simple syrup dan susu kental manis. Aduk rata dan pastikan rasa manisnya menjadi pas.
- Masukan dalam mangkok semua isian lalu terakhir masukan gabin dan roti tawar.
Jadi deh, sekoteng yang sangat istimewa tersaji dalam waktu singkat.

Asal Usul Sekoteng

Sekoteng menurut asal muasalnya pertama kali malah berasal dari negeri tirai bambu aka China atau Tiongkok.

Istilah sekoteng sendiri berasal dari bahasa Hokkian yaitu su ko thung atau si guo tang (sup 4 buah). Isi sekoteng china tentu berbeda jauh dengan sekoteng dari Indonesia yang kaya dengan perpaduan rasa. 

Di China sekotengnya terbuat dari buah kering kelengkeng, biji teratai, kacang dan buah jail. Direbus dengan menggunakan gula batu. Kalau saya menyebutnya hampir mirip dengan dong soy. Biasa diminum untuk menghilangkan panas dalam serta sakit tenggorokan.

Su ko thung sendiri mulai dikonsumsi sejak masa dinasti Qin pada tahun 221-226 sebelum masehi. Pada masa kaisar Qin Shi Huang. Selain untuk meredakan panas dalam, minuman ini dipercaya untuk memperbaiki pencernaan tubuh.

Sementara di Singapore sekoteng disebut dengan Cheng Teng.  Bahan-bahannya pun banyak dijual di market place online seperti Tokopedia, Shopee, juga Lazada. Sementara toko offline biasa ada di toko Asia penjual bahan makanan Chinese juga banyak tersedia dengan harga perpaket antara Rp 50.000 - Rp 80.000

Bahan-bahan Cheng Theng ala Singapore

-Jamur es putih
-Red dates (hung cho/ angco)
-Gula batu secukupnya. Dirasa-rasa saja jangan terlalu manis.
-Kelengkeng kering. Kalau tidak ada bisa menggunakan kelengkeng kalengan yang ditiriskan air gulanya kalau menggunakan gula batu. Tapi kalau tidak bisa dipakai semuanya.
-Biji lotus
-Goji berry (kici)

Cara membuat Cheng Theng 

-Rendam jamur es putih dan biji lotus biar agak lunak.

-Rebus biji lotus, angco, dan gula batu. Lalu masukan kici dan jamur putih sampai bener-bener lunak dan matang. Rasa-rasa dan siap dihidangkan.

jadi teman-teman kalian sudah tahu kan manfaat dari sekoteng ala Indonesia ataupun sekoteng ala negeri asalnya? Apapun itu minuman ini karena sama-sama herbal pastinya sangat baik buat tubuh kita kan?
 
 
 

 

Get notifications from this blog

28 komentar

  1. Di Malang lagi dingin bangettt. Makan sekoteng, angsle, ronde emang pilihan tepat. Eh buat sendiri gampang jugaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangets kak, karena bahan campurannya biasa ada di rumah seringnya bikin sendiri jadinya

      Hapus
  2. aku suka sekoteng karena manfaatnya menghangatkan tubuh dan mencegah masuknya angin hehe sekoteng di daerahku masih cukup dapat 5rb dan lengkap juga hehe

    BalasHapus
  3. Ini bedanya apa ya sama ronde angsle. Kayaknya sama ya.... topingnya mirip2

    BalasHapus
  4. Kami di Lampung akrab dengan sekoteng ini. Sering beli..
    Nah, di Padang ada juga, tapi di Medan orang ga tau Sekoteng, adanya bandrek.. dan tentu saja beda hehe

    BalasHapus
  5. Warnanya makin menambah selera. Skoteng emang unik. Rasanya khas gitu. Khasiatnya juga gak.main-main. Jadi pengen skoteng nih. Hehe

    BalasHapus
  6. Wah, ada sekoteng, favorit banget ini...biasa bikin saat bulan puasa. Jarang bikin sendiri karena banyak printilannya hihi. Kalau malam lewat depan rumah 8 ribu semangkok tapi isinya ga sebanyak itu, cuma roti tawar potong kecil, kacang, pacar cina, kacang ijo...itu saja. Tapi kuah jahenya mantep dan bikin anget, lewatnya tak heran jam 9 malem ke atas.
    ternyata ada di negara lain dengan isian macam-macam ya..wah, bagus memnag minuman herbal ini

    BalasHapus
  7. saya rasa sekoteng ini disemua daerah pasti banyak peminatnya, karna manfaat yang dihasilkan dari minuman ini sangat baik untuk tubuh. Dan cocoknya sih kalo menurut aku dikonsumsinya malam hari.

    BalasHapus
  8. Sekoteng yaa.. kok di sini kaya STMJ yaa..

    BalasHapus
  9. Sekoteng aku juga sangat menyukainya dan sering beli heheheh

    BalasHapus
  10. wah kak cocok sekali nih pas dingin dingin hujan gini, btw penasaran ya jamur dibuat sekoteng. gimana rasanya

    BalasHapus
  11. Kalo di Bekasi, sekotengnya suka ada kolang-kalingnya juga, kak. Dan emang enak banget kalo dikonsumsi pas ujan atau cuaca lagi dingin. Bikin badan anget

    BalasHapus
  12. Bisa nih dicoba bikin di rumah. Meskipun gasuka swkoteng. Tapi kalo bkin sndiri kayaknya bisa lah ya dimodifikasi hihi

    BalasHapus
  13. Itu yang khas Singapore jamur yang kalo di HK, warn putih kayak bunga karang itu kan yah?

    Kalo di I donesia sekoteng banyak juga bahannya ya.

    BalasHapus
  14. wah kalau sekoteng indonesia mah udah khatam dari kecil. cuma aku penasaran sama sekoteng malaysia yang ada gojiberi itu, kmrn aku order di ecommerce sekalian dia jual rempah2 buat bikin minuman jsr heheh

    BalasHapus
  15. langsung pengen ngrasain sekoteng. Kalo ditempatku biasanya jualan malam hari, kalo malam minggu pasti full...

    BalasHapus
  16. Baru tahu saya sekoteng juga ada di china dan singapura. hehehe

    BalasHapus
  17. Ini gambar jamur di Cheng teng nya mirip dengan jamur yang sering dipakai masak SOP pengantin itu ya mbak? Di Salatiga, dulu banyak berdiri pabrik sekoteng milik Tionghoa tapi karena kepopulerannya semakin berkurang akhirnya banyak yang berganti usah mbak

    BalasHapus
  18. Jahe merah memang banyak khasiatnya untuk tubuh ya mba, dan dapat di campur dengan berbagai aneka minuman.
    Pastinya bikin hangat menikmati sekoteng saat cuaca kurang bersahabat.

    BalasHapus
  19. Enak banget nih minum sekoteng malem2 palagi habis hujan uuh seger dan hangat2 gimn gitu heheh btw biji lotus itu sama gak mbak Dian sama biji selasih? yang item bintik 2 kecil itu bukan??

    BalasHapus
  20. Aku memang tahu kalau sekoteng itu dari negeri bambu tapi gak tahu kalau resepnya berbeda dan penasaran bentuk buah jail kak, aku demen banget minum sekoteng ala Indonesia mantap

    BalasHapus
  21. Ok jadi tau dasarnya makanan ini dari cina juga so ku thung.. cuma sudah dimodifikasi... dan di jakarta sudah sulit didapat kak . .

    BalasHapus
  22. Tadinya aku ga terlalu suka dengan yang namanya sekoteng, karena gak biasa minum jamu .
    ku kira rasanya kaya jamu gak enak dan pahit, ternyata malah ketagihan suka nunggu tukang
    yang lewat kalau malam depan rumah. Pengen coba buat sendiri ahhh ternyata tidak terlalu sulit ya buatnya, manfaatnya juga bagus ya sekoteng bisa buat tubuh hangat juga.

    BalasHapus
  23. akutuh malah suka bubur kacang ijo gitu, anget-anget enak. entah kenapa aku tak doyan sekoteng. padahal kata orang-orang enak ya. apa karena ada jahenya jadinya aku tak doyan. mungkin kalo gak ada doyan, gurih kaya bubur kacang ijo gitu.

    BalasHapus
  24. Aku malah belum pernah minum sekoteng, kak. Minuman ini gak familiar di daerahku.

    BalasHapus
  25. Dulu saya pikir sekuteng itu sama kayak es koteng di Medan. Ternyata beda di jahe kak. Tampilannya mirip soalnya kak

    BalasHapus
  26. Aku barru sekali minum sekoteng di dekat kaki merapi, dulu pas main ke rumahnya mbah Marjan. Ternyata bikin sendiri bisa nih, kayaknya gampang

    BalasHapus
  27. wah aku suka banget nih sama wedang sekoteng ini, tapi nggak pake kacang. ada lagi minuman ronde juga khas jogja...
    sekoteng juga ada versi instannya, tapi beda dengan sekoteng yang sebenernya...

    BalasHapus

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya