Chinese Food Steam Ikan Kerapu

Resep chinese food steam ikan kerapu
Steam filet ikan kerapu

Akhir-akhir ini saya menemukan resep ikan kerapu yang enak sekali. Beberapa kali try and error hingga menemukan rasa yang pas menurut lidah saya.

Oh ya kenapa kerapu saya filet? Karena saya mendapatkan ikan kerapu langsung dari laut aka mancing. Jadi kalau mau di steam utuh terkadang ukurannya kurang pas. Ada yang terlalu kecil tapi tak jarang juga terlalu besar.

Mendapatkan ikan kecil kenapa nggak dilepas lagi ke laut? Sekedar info, kalau kail mata pancing itu terkadang sangat tajam. kalaupun dilepas ikan kecil terkadang mati juga. Agak dilema jadinya, beda dengan ikan besar daya tahan tubuhnya lebih kuat.

Bahan - bahan steam ikan kerapu

- 1-2 ekor ikan kerapu kurang lebih 300-500 gram
- Bawang pre /daun bawang
-kecap asin
-tepung jagung /tapioka
-merica bubuk
-Garam
-Gula
-minyak goreng
-jahe potong korek api

Cara memasaknya
- cuci bersih ikan, filet. Kalau ikannya fresh nggak perlu dikasih jeruk nipis.
- Bumbui filet ikan dengan garam 1/2 sendok teh, gula 1/2 sendok teh, merica bubuk secukupnya, jahe 1/2 ruas jari, tepung 1 sendok teh dan minyak 1 sendok teh. 
-Panaskan kukusan, setelah mendidih kukus selama 8-10 menit.
-Angkat
-Panaskan minyak goreng 3-4 sendok makan.
-masukan kecap asin secukupnya pada ikan.
-susun rapi potongan daun bawang dan jahe diatas ikan. Terakhir siram dengan minyak panas.
-steam filet ikan kerapu siap dihidangkan buat keluarga tercinta.

Get notifications from this blog

13 komentar

  1. Ini dambaan saya,Mbak. Bisa masak ikan fresh dari laut. Sayangnya sejak pindah kembali ke Bandung dari Ternate, dambaan itu tinggal dambaan. Bandung jauuh dari laut, ikan lautnya pun sudah mati berkali - kali hingga sampai di pasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak dulu waktu masih tinggal di ngawi nggak pernah makan ikan fresh kecuali lele, nila, mujair hehehe.
      Pas di Balikpapan nih pas pula suami suka mancing berasa banget surga nya makan ikan laut

      Hapus
  2. Wah dari kerapu segar ya..rasanya pasti beda, makin mantap pastinya.
    Ku suka ikan kerapu, kalau di steam pasti lebih lembut teksturnya ya Mbak
    Irisan daun bawang di atas kerapu yang sungguh menggoda rasanya

    BalasHapus
  3. Senang sekali tinggal di dekat laut Mbak.. Apalagi bisa dapat ikan kerapu. Aku cuma tau kerapu di film upin ipin yang judulnya bulu bulu. hehe

    Hidangan yang Mbak masak tuh pasti enak bgt disantap malam-malam. Yummi

    BalasHapus
  4. duh mbak, perut saya langsung keroncongan di tengah malam begini.
    bahan serta caranya pun sederhana tapi kelihatannya ikan kerapu ini menggoda sekali.
    Minggu depan langsung nyari ikan kerapu.

    BalasHapus
  5. Sedap sekali rasanya Mbakk. Mbaknya pinter masak yaaa, kalau saya masak itu harus plek dari resep yang saya dapat di buku Mbak, nggak bisa variatif. Mana Kerapunya langsung dari laut, pasti segar banget. Aku dulu makan ikan segar yang baru dipancing itu waktu nginap di Biduk-biduk. Aku ikut ke tengah laut buat mancing juga. Keluarganya Daddynya Aisyah kan nelayan di sana, jadi ikan tinggal mancing, sayur ambil yang ditanam. Masyarakat pesisir Mbak. Hehehee ...segar semua.

    BalasHapus
  6. Ini makanan favorite ku mbak. Dulu waktu masih di Hongkong setiap hari gak pernah ketinggalan steam ikan kerapu. Sayang di Malang susah dapatnya.

    BalasHapus
  7. Belum pernah mkn ikan kerapu kalau nila sering banget.. btw kerapu dagingnya lembut atau seperti ikan tuna ya mbak Dian?

    BalasHapus
  8. Bacanya kebetulan lagi lapar, jadi kepingin coba ikannya. Kalau di steam gitu amis tidak ya mbak?

    BalasHapus
  9. Waduh suka sekali dengan ikan segar begini. Terimakasih yaa mba informasinya. Kapan-kapan saya saya masak ikan kerapu juga.

    BalasHapus
  10. Akuuu pengennnnn oiii mbakkk tapi aku tak bisa masakkkk..

    Itu ikan kliatan seger bener yakk

    BalasHapus
  11. aku baru tahu resep beginian, abis dikukus disiram air panas ya. duh seumur2 blm pernah masak kerapu, paling beli wkwk. apa beli yang udh mateng aja ya kita? ahha

    BalasHapus
  12. Yummy... bacanya kok auto-terbit air liur ya hahaha... besok bikin ah,,,diganti ikan yang lain juga bisa kan yaa... tfs deh resepnya Mba Aisyah sing ayuuu... mmuaahh

    BalasHapus

Hai... Maaf komen dimoderasi dulu sebelum dipublikasi ya