Pengalaman Operasi Gigi Bungsu di RSUD Gunung Malang - Balikpapan


Hai Friend's, Pernah mengalami sakit gigi? Nyeri yang teramat sangat gitu nggak? Kalau dalam keadaan urgent misalnya gigi berlubang gitu ada lho obat sakit gigi alami yang ditulis di blog nya kak Mutia.

Tapi kali ini saya mau cerita sedikit tentang pengalaman operasi kecil karena impaksi gigi bungsu. Kalimat operasi terkesan serem ya? Tenang aja dont worry be happy. Sakitnya operasi gigi bungsu ini tidaklah sesakit sakit gigi yang kita tahan selama ini.

Jadi, lima tahun yang lalu saya sudah tahu kalau ada pertumbuhan yang tidak wajar di ujung geraham gigi bungsu. Tapi mau ke dokter gigi maju-mundur karena ngebayangin operasi pasti menyakitkan. Alhasil saya menahan-nahan rasa sakit yang tiada terkira itu hampir 4 tahunan lamanya.

Gejala tumbuhnya gigi bungsu yang perlu kamu tahu

Sebagai referensi aja, sakit gigi karena gigi bungsu ini tidak semua orang tahu. Terkadang berfikir owh gusi bengkak, panas dalam, sakit kepala, migrain, sakit telinga atau yang parah lagi vertigo. Ini sah-sah aja sih karena kadang kehadiran si gigi bungsu ini malah menekan syaraf kita.

1. Rasa sakit di bagian belakang mulut, di belakang geraham.  Kadang sampai ke telingga dan kepala.
2. Nyeri pada gusi, gusi bengkak
3. Nyeri pada bagian rahang
4. Sakit kepala atau sakit kepala sebelah (migrain) berkepanjangan.
5. Nafas berbau
6. Tumbuh gigi kecil di ujung geraham. Tapi ada juga yang tidak muncul sama sekali ke permukaan.

Perjuangan Panjang Demi Si Gigi Bungsu

Jadi ada satu waktu saya benar-benar sudah tak sabar dengan sakit yang ditimbulkan oleh si gigi bungsu. Mulai dari hari-hari merasakan sakit kepala yang lumayan sakit hingga sampai ke telingga saya yang bermasalah bahkan sampai gendang telinga pecah. Jadi malam itu saya memberanikan diri ke dokter gigi.

Saya tentu berharap datang, diobati lalu sembuh. Tapi ternyata ditolak. Peserta BPJS harus antri, nanti baru di sms kapan bisa diperiksa. Dan nyebelinnya itu memakan waktu 1 minggu kemudian. Kebayangkan, menahan sakit yang teramat sangat lalu masih disuruh sabar menanti kabar di rumah. Ya sudahlah memang aturannya begitu karena antri mungkin.

Lalu satu minggu kemudian saya datang buat diperiksa. Sesuai dengan perkiraan saya gigi bungsu memang harus dicabut. 

Tapi tak semudah itu, ternyata prosesnya harus melalui antrian panjang yang melelahkan. Eh tapi ini karena aku memakai bpjs ya, kalau mau proses cepat bisa membayar sendiri secara umum.

Jadi setelah diperiksa dokter gigi bpjs, aku cuma dikasih obat penghilang rasa nyeri, plus dikasih surat rujukan ke RSUD agar diperiksa ke dokter bedah mulut. Lalu setelah diperiksa dokter bedah mulut, ronsen gigi lalu dijadwalkan kapan operasi gigi. Jadwalnya 2 bulan dari waktu diperiksa kala itu. Lumayan nyesek sih ternyata yang senasib nahan gigi bungsu gini banyak ya hahaha.

Time To Say Good Bye Gigi Bungsu.

Finnaly setelah penantian panjang, lewat dua bulan dari jadwal yang dijanjikan telefon yang dinanti-nanti datang. panggilan dari RSUD  hari ini juga harus datang untuk pemeriksaan darah, cari tempat tidur rawat inap. Asli agak khawatir kenapa harus rawat inap segala tapi ya sudahlah ikuti saja segala prosedurnya.

Setelah semua proses selesai, sudah makan dan tidur manis di ruang rawat inap, jam 3 sore Dokter visit ke kamar, memberitahu hasil test darah, prosedur operasi besok serta tak lupa test alergi obat bius untuk keesokan harinya. Infus dipasang keesokan harinya menjelang operasi.

Sebelum operasi tetep aja harus puasa. Sayang jam nya molor dari seharusnya jam 10 pagi, jam 1 siang baru masuk ke ruangan itupun saya mendapatkan antrian yang terakhir.

Hingga detik-detik di meja operasi, ciut juga nyali saya melihat 2 orang sebelum saya dalam keadaan terbius total dan di mulut ada kain kasanya gitu. Asli serem, sayangnya tak mungkin kabur kan? Hahaha

Seolah tahu pikiran saya para dokterpun tersenyum ramah, ngajak ngobrol ringan serta ada yang mendendangkan lagu campur sari. Dan nggak ada lima menit sayapun tertidur lelap. Terbangun sudah disamping suami yang membawa ke kamar. Yeay sesimple itu ternyata operasi gigi bungsu.

Terima kasih banyak para Dokter dan perawat di RSUD Gunung Malang. Yang luar biasa baik, ramah dan sabar. oh ya buat operasi gigi bungsu ini total saya rawat inap 3 hari dua malam.


15 comments

  1. wah ini sampai menginap ya mbak operasi gigi nya.. seperti operasi besar ya..baru tau sy..tapi alhamdulillah ya sdh selesai jadi ga sakit lagi giginya

    ReplyDelete
  2. Teman saya kemarin ini ada yang sempat dirawat inap juga karena operasi gigi. Terus kami mikir, operasi gigi kok sampai rawat inap. Setelah baca tulisan ini saya baru tahu, ternyata memang begitu ya

    ReplyDelete
  3. Mba Aisyah... saya kok ngakak pas baca yg bagian serem liat pasien yg terbius total trus ada kain kasa di mulutnya. Ngebayangin Mba Aisyah mau kabur tp ga bs ya hahaha... Anyway turut lega deh operasi gigi bungsunya udah selesai. Di satu sisi beruntunglah bermasalah dg gigi bungsu menandakan masih berusia jelang atau awal2 30an hehe

    ReplyDelete
  4. untung gigi bungsu saya keluarnya aman tentram mba gak pakai drama haha, jadi enggak perlu operasi nih. tapi kakak ipar saya, numbuhnya miring dan mengganggu gusi jadi bengkak terus. jadinya harus operasi deh. semoga setealh ini giginya sehat selalu ya mba. Aamiin

    ReplyDelete
  5. Kalau suami saya dulu nggak sampai nginap sih mbak. Mungkin beda prosedur atau kondisinya ya. Tp syukurlah sudah berlalu. Karena kebayang nyeri gigi itu ngalahin nyeri putus ama mantan dulu. Xixixiix

    ReplyDelete
  6. Aku lagi ngalamin ini, kak. Sebelah kanan, gigi bungsu lagi bikin gusi bengkak dan bener ternyata. Sampe bikin migren, terus bikin kerasa mata kaya mau copot. Tapi, enggak begitu parah sih, jadi masih didiemin aja dulu.

    ReplyDelete
  7. Aduh Mba Ai, saya hampir waktu itu operasi gigi bungsu juga, tapi saya benar-benar ciut nyali. Akhirnya saya tahanin sakitnya. Saya takut sekali operasi gigi begini. Huhuhu.

    ReplyDelete
  8. ngeri juga ya operasi gigi sampai harus nginap begini
    jadi keinget nih ada gigi geraham yang bolong, sempat ke dokter dibilang harus operasi
    auto menciut

    ReplyDelete
  9. Tak terbayangkan bagaimana rasa sakitnya sista... Jadi gigi bungsu itu kalau ga bagus posisinya ada baiknya di cabut ya

    ReplyDelete
  10. Kalo tanpa BPJS, bisa habis berapa ini ya kak biayanya? Sampe jutaan gak sig?

    ReplyDelete
  11. Adek aku tuh tahun 2018 atau 2019 awal gitu kak, operasi gigi bungsu juga .

    Katanya, gak terasa emang pas operasi. Sehabis bius baru lah terasa sakitnya. Kayak mau pingsan katanya. Haha.

    Mana lagi, ada drama loh saat seminggu setelah operasi .
    Bekas luka kan terlalu besar, tidak ada jahitan sehabis operasi, jadi kayak menganga gitu .
    Mulai terasa kayak ada nanah di bekas jahitan.
    Aku pun menyarankan ke dokter kembali.
    Asli, satu bulan dia gak enak makan katanya . Hahaha

    ReplyDelete
  12. Saya ngalamin juga ini kasus dengan gigi bungsu. Bikin mood buruk pokoknya. Endingnya ya operasi juga, dah gitu lama pulak di klinik tu. tapi gak sampek inep.

    ReplyDelete
  13. Itu penyebabnya apa ya,Mbak? Saya khawatir anak - anak akan mengalami ini di usia dewasanya. Saya ga punya bpjs. Jadi, paling banter ke dokter gigi setahun sekali untuk cek kesehatan gigi
    Soalnya kalo mau ke dokter gigi musti siapin dan besar karena tarif dokter gigi biasanya mihiil 😁

    ReplyDelete
  14. semoga aku gak mengalami hal tersbut, aku sangat takut dengan operasi, meskipun mbak info hanya sesimpel itu tertidur dan bangun-bangun sudah selesai dan tidak merasakan sakit saat di operasi tapi aku masih takut. mungkin aku sangat parno dengan kata operasi

    ReplyDelete
  15. wah waktu itu aku cabut gigi bungsu di sebelah kiri sampe operasi kecil juga.. untung prosesnya gak terlalu lama namun obat biusnya yang bertahan lama jadi gabisa ngemil ngemil cantik dulu hahaha

    ReplyDelete