Virus Corona China, Bagaimana kita menghadapinya?

Virus Corona China, Bagaimana kita menghadapinya?
Minggu-minggu terakhir ini kita dikejutkan dengan Virus baru yang mewabah di Wuhan - China. Virus mematikan itu bernama Novel Coronavirus atau 2019-nCoV. Agak serem sih mengingat virus ini mirip kaya Sars ditahun 2003 lalu. Masih lekat dalam ingatan bagaimana berbulan-bulan harus ketat menjaga segalanya demi kesehatan. Tiap hari mantengin tivi selalu ada kabar kematian, beneran serem kala itu. Anak sekolah libur total, kalau nggak penting banget beneran nggak keluar rumah. Terasa banget suasana dingin dan mencekam kala itu.

Beberapa gejala seperti demam, lemas, batuk kering, pilek dan sulit bernapas adalah tanda-tanda awal terjangkitinya Virus Corona. Panas yang tak kunjung turun juga sakit kepala dan nyeri otot yang berlangsung selama beberapa hari. Bahkan bagi sebagian orang bisa lebih berat. Dari gejalanya, virus ini mirip seperti Severe Acute Respitory Syndrome (SARS).

Buat kita yang tinggal di Indonesia mungkin cara terbaik menghindari virus ini adalah dengan cara jangan berpergian ke negara China, termasuk Hong Kong, Taiwan dan Macau. Terlebih di musim dingin begini virus akan dengan cepat berkembang.

Tapi kalaupun kita tetap harus pergi kesana karena urusan yang sangat urgent seperti perjalanan bisnis / pekerjaan yang harus kita lakukan adalah menjaga kesehatan kita agar tetap sehat dan fit. Jangan sampai kelelahan yang mengakibatkan kesehatan dan daya tahan tubuh kita menurun.

Tips Dan Trik menghadapi Virus Corona
1. Jaga kebersihan sebelum dan setelah bepergian.
pakai masker bila bepergian
- Pastikan memakai masker sekali pakai, setelah bepergian sampai ditempat tujuan/ rumah segera buang masker tersebut ke tempat sampah.
- Pakai sarung tangan. Lakukan hal yang sama seperti masker, setelah sampai di tempat tujuan segera lepas sarung tangan dan ganti yang baru.
- Lakukan hal yang sama dengan baju/jilbab, jaket, kaos kaki, sepatu juga sendal. Biasakan memakai sekali pakai lalu cuci bersih. Tambahkan Dettol Pada pencucian terakhir buat membunuh kuman.
- Setelah bepergian dari luar rumah segera mandi keramas, gunakan air hangat dan agak panas untuk membuang kuman-kuman yang menempel.
- Jangan memegang sarana public dengan tangan kosong. Paling tidak gunakan tissyue untuk menekan lift, berpegangan handel eskalator, mrt, bus, kapal laut dll. Lalu semprot/oleskan lotion anti bakteri secepat mungkin. Kalau memungkinkan segera cuci tangan dengan air yang mengalir.
- Jangan menyentuh mulut dan hidung dan mata dengan tangan yang tidak bersih (belum sterril)
- segera menjauh kalau ada orang bersin, flu ataupun batuk disekitar kita.

2. Jaga kesehatan kita.

- Pastikan tubuh kita dalam keadaan sehat ketika keluar rumah. Dengan kondisi yang sehat virus tidak akan mudah menyerang kita.
- Cukup minum air putih, usahakan minum air putih hangat sesering mungkin agar tenggorokan tidak kering.
- Konsumsi vit C. Perbanyak makan buah untuk mendapatkan Vit C alami. Vit C sangatlah penting sebagai benteng agar kita tidak mudah sakit.
- Hindari makan di Restoran, paling tidak pastikan kebersihan restoran tersebut. Tingkat kematangan masakannya, jangan memakan masakan yang setengah masak apalagi mentah.

3. Segera ke dokter secepat mungkin bila dirasa badan tidak sehat. 

Batuk, pilek, panas, demam, flu, sesak nafas mungkin hanya gejala sakit yang biasa. Bisa jadi kita akan mengganggap enteng sakit itu. Tapi apabila kita sedang berada di negara yang sedang siaga terhadap virus Corona ini bukanlah gejala sakit yang biasa. Lebih cepat terdeteksi akan lebih mudah disembuhkan.

4. Jaga kebersihan tempat tinggal.

- sebisa mungkin jauhkan rumah kita dari binatang peliharaan yang mengundang virus. Bisa jadi peliharaan ayam, burung, ular, kura-kura. Pada hari biasa memiliki hewan peliharaan adalah hal yang menyenangkan. Tapi tidak pada saat virus corona sedang merebak begini.
- Tambahkan Dettol pada saat mencuci baju, mengepel lantai serta lap perabotan rumah kita. Kita juga bisa menambahkan bayclean/ pemutih pakaian untuk lantai karena terbukti ampuh buat membunuh kuman. Bersihkan rumah kita setidaknya 2-3 kali sehari.
- Cuci perabotan makan kita, piring, sendok, mangkok gelas lalu sterrilkan dengan alat dish dryer sterillizer agar tak ada kuman yang menempel saat kita makan

Semoga coretan sederhana ini bermanfaat dan semoga kita serta keluarga kita dilindungi Allah serta dijauhkan dari virus-virus yang mematikan ini. Aamiin.

 pakai masker sekali pakai atau maksimal 4 jam sekali ganti dengan yang baru
Beli alat dish dryers sterrilizer mini gini agar kuman yang menempel pada peralatan makan kita mati

21 comments

  1. Semoga virus corona ini nggak sampai masuk ke Indonesia ya, Mbak.
    Katanya iklim Indonesia juga nggak cocok buat perkembangan virus ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya Robb, iya mbak setahu saya sih juga gitu. Pengalaman sars dulu pas musim panas berlalu.

      Delete
  2. Waktu pertama kali denger ini dan ingat ada teman yang di sana seketika khawatir, nanyain kabar. Kalau kita berada di posisi mereka pasti akan lebih panik. Semoga cepat teratasi masalah ini aamiin. Makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, saya juga ada beberapa sahabat dan saudara disana juga. Khawatir banget juga saya mbak

      Delete
  3. Aku cukup sedih Mba, di saat lagi banyak kehebohan tentang Corona malah semakin banyak hoax yang disebar secara sengaja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, makin memperparah keadaan. terlebih kalau bawa-bawa ras & agama gitu suka sedih jadinyaj

      Delete
  4. Semenjak isu wabah virus corona mencuat, Indonesia gempar.
    Baik media online,massa,maupun cetak membahas virus corona.

    Terutama WNA atau WNI yang ingin pergi/pulang ke Indonesia diperketat agar penyebaran virus ini tidak semakin meluas. Intinya lebih menjaga kebersihan sekitar tempat tinggal terutama saat mengolah masakan serta menggunakan masker berada diluar rumah.

    ReplyDelete
  5. Ngeri juga melihat korban semakin banyak. Tadi siang sewaktu sholat jumat juga ada sosialisasi dari dinkes Banyuwangi untuk antisipasi dan memberi tips juga

    ReplyDelete
  6. memang ya salah satu cara menghadang virus dengan menjaga imunitas tubuh.. misal makan yg teratur, istirahat dan olga yg rutin..semoga cepat berlalu deh virus corona ini

    ReplyDelete
  7. Jadi ngeh kl nama asli si virus jahat ini Novel Coronavirus atau 2019-nCoV ya. Btw, harga masker melonjak drastis di Natuna lohh Mbak... saya nonton breaking news nya gitu. Kabarnya yg biasanya sekotak 12k jadi 200-an ribu

    ReplyDelete
  8. Dengan adanya virus corona ini, harga masker melonjak, persediaan tidak ada habis karena permintaannya banyak. Harus selalu cuci tangan ya kak, jangan sering memegang sesuatu sembarangan di tempat umum,misalnya tangga dll. Selalu pakai masker ya kak. Kadang aku lupa pakai masker nie.

    ReplyDelete
  9. Virus korona memang menjadi masalah besar bagi seluruh warga karena virus sangat berbahaya. Dan kita juga selalu menjaga kebersihan dan kesehatan serta tidak termakan berita hoaks tentang virus korona.

    ReplyDelete
  10. Untuk mencegah virus utamanya jaga kesehatan, makan bergizi, istirahat cukup, pakai masker kalau ke tempat ramai, dan jangan percaya hoax.

    ReplyDelete
  11. Dapet reminder lagi dari artikel tentang corona. Semoga ga sampe menyebar ke Indonesia ya virusnya. Aamiin.

    ReplyDelete
  12. Virus Corona ini telah merenggut beribu nyawa. Dan untungnya om-ku beserta istri dan anaknya di singapur selamat tidak kena.

    ReplyDelete
  13. Skrg aku klo keluar slalu pakai masker dan bawa antis kak.

    Beli masker lgsg 2 dos sejak isu corona pertama kali keluar. Alhamdulillah masih dpt harga normal saat itu

    ReplyDelete
  14. semoga kita terhindar dari virus corona ini

    ReplyDelete
  15. Baca berita tentang virus Corona ini emang ngeri banget. Semoga wabahnya tidak sampai ke negara kita

    ReplyDelete
  16. Aku minggu ini perjalanan pulang dari Thailand ke Indonesia lewat Malaysia. Pemeriksaan memang rada rumit dan lama. Tetapi, alhamdulillah bisa melewatinya dg aman.

    ReplyDelete
  17. Mendengar virus ini jadi teringat kasus virus SARS dan flu burung yang sempat booming didunia beberapa tahun lalu, semoga segera ditemukan vaksin dan antibodi dalam menghadapi virus corona ini.

    ReplyDelete
  18. Tentunya kita selalu waspada dan menjaga kesehatan tubuh.. menggunakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun setelah bersentuhan dengan barang/benda umum (seperti pegangan pintu, meja, wastafel, dll) maupun berjabat tangan..

    ReplyDelete